HomeCelotehStrategi Rahasia Kominfo Lawan Hackers?

Strategi Rahasia Kominfo Lawan Hackers?

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) ternyata telah menyiapkan sebuah strategi “ampuh” untuk melawan para peretas (hackers) yang membocorkan data-data milik masyarakat. Strategi “rahasia” apakah yang tengah disiapkan oleh kementerian yang dipimpin Johnny G. Plate itu?


PinterPolitik.com

Siapa yang nggak kesel sih ketika nonton kartun berjudul Dora the Explorer (2000-2019)? Gimana nggak? Kalau nonton serial kartun itu, terkadang kita menemukan Dora – karakter utama di dalamnya – harus kebingungan dalam menghadapi tantangan sekaligus juga mengalami kemudahan.

Soal kebingungan, misalnya, Dora selalu muncul dan bertanya kepada para penonton soal apa yang harus dilakukannya. Selantang apapun kita memberikan jawaban kepadanya, Dora pasti akan selalu bertanya kembali. Hmm, kesel nggak tuh?

Namun, tanpa kita sadari, Dora selalu mendapatkan kemudahan. Ketika Swiper – seekor rubah bertopeng – datang untuk mencuri barangnya, Dora secara mudah tinggal mengatakan beberapa kali, “Swiper, jangan mencuri!”

Hmm, seandainya Dora ada di dunia nyata, mungkin berbagai persoalan kriminalitas di masyarakat bisa selesai. Siapa tahu Dora nantinya bisa menghentikan para koruptor untuk melakukan tindak pidana korupsi supaya Indonesia bisa jadi negara makmur? Imajinasi belaka bukan?

Ya, untung saja Dora bisa melihat Swiper ketika datang. Koruptor kan bekerja di balik layar tanpa sepengetahuan rakyat.

Kominfo Diretas Ganti Password Aja

Terlepas dari persoalan itu, jurus kata perintah ala Dora ternyata sedang ingin diterapkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Direktur Jenderal (Dirjen) Aplikasi Informatika (Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Semuel Abrijani Pangerapan beberapa waktu meminta agar para peretas (hackers) tidak mencuri data masyarakat.

- Advertisement -

“Kalau bisa, jangan menyerang,” ungkap Pak Semuel di kantor Kominfo. Wah, ampuh nggak tuh ya? Kan, data kartu SIM-nya udah terlanjur bocor ya, Pak? Mungkin, dalam kasus Dora, Swiper udah kabur duluan bawa barang curiannya nih.

Ya, kalaupun percaya kalau jurus itu ampuh, mungkin Kominfo perlu juga nih belajar agar tidak mengambil hal-hal yang membuat kesal dari seorang Dora. Jangan sampai deh Kominfo nanti selalu clueless (tidak tahu apa-apa) dan bingung ketika akan menerapkan kebijakan keamanan siber. Masa iya harus tanya masyarakat berkali-kali? Hmm.

Pasalnya, dalam tulisan Myriam Dunn Cavelty dan Florian J. Egloff yang berjudul The Politics of Cybersecurity, negara adalah pemberi garansi terhadap keamanan siber di wilayah kedaulatannya. 

Baca juga :  Salmon Ganggu Soliditas TNI-Polri?

Lha, makanya, kalau ada kasus begini (apalagi berulang-ulang), harusnya dikuatkan perlindungannya. Bukan begitu? Apa jangan-jangan semua jurus Dora ini diambil mentah-mentah ya oleh Kominfo? Hmm. (A43)


spot_img

#Trending Article

Jakarta-Shanghai, Apple to Apple?

“In the long run, your human capital is your main base of competition. Your leading indicator of where you're going to be 20 years...

Menanti Dansa Puan-Ganjar

Ganjar Pranowo sebut Megawati beri arahan agar kepala daerah tidak dansa politik. Padahal, Puan dan Ganjar perlu berdansa politik untuk PDIP.

SBY-JK-Paloh Adalah Nakama?

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Jusuf Kalla (JK), dan Surya Paloh disebut tengah bangun koalisi. Apakah ini sebuah koalisi "nakama"?

Rocky Sebenarnya Fans Luhut?

Momen langka terjadi! Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan akhirnya bertemu langsung dengan pengkritik terpedasnya, yakni Rocky Gerung.

PDIP Selalu Gagal Move On?

Akhir-akhir ini, PDIP selalu ungkit masa lalu dalam upayanya untuk kritik Demokrat. Apakah PDIP ini selalu gagal move on?

Puan Capres Kok Moody-an?

“Mbak Puan kaget, 'Lho, kok kamu yang memegang kaos?', Mbak Puan itu bertanya bukan marah.” – Said Abdullah, Ketua DPP PDIP PinterPolitik.com  Video yang memperlihatkan Ketua DPP PDIP Puan...

Prabowo Guru BP Andika-Dudung?

“Ini semua menjadi rahasia umum Pak, rahasia umum. Jenderal Andika, di mana ada Jenderal Andika tidak ada KSAD” – Effendi Simbolon, anggota Komisi I...

Cak Imin Jodohkan Puan-Prabowo?

“Jika ingin menang berbasis bekal elektabilitas ia akan bersama Prabowo. Namun jika ingin menang berdasarkan soliditas mesin partai dan dukungan kekuasaan, Cak Imin akan...

More Stories

Giring Bukan Ketum PSI Lagi?

Ketum PSI Giring tampak tidak sejalan dengan partainya sendiri soal deklarasi Ganjar-Yenny sebagai capres-cawapres. Masihkah Giring Ketum?

Ganjar Adalah Jokowi KW?

Ganjar Pranowo unggah sejumlah konten video infrastruktur -- mengingatkan kita dengan kebiasaan Jokowi. Apakah Ganjar adalah Jokowi KW?

Soal Kanjuruhan, Airlangga Tidak Peka?

Usai tragedi Kanjuruhan kemarin, para politisi dan pejabat unggah poster duka dengan foto mereka. Apakah Airlangga Hartarto tidak peka?