HomeCelotehStrategi Cyberpunk ala Mahfud MD

Strategi Cyberpunk ala Mahfud MD

“It was very clever to keep yourself empty of information, and all it cost you was everything” – Niander Wallace, Blade Runner 2049 (2017)


PinterPolitik.com

Hayoo, siapa yang akhir-akhir ini lagi senang-senangnya bermain game yang bertajuk Cyberpunk 2077 (2020)? Game yang baru saja dirilis ini disebut tengah naik daun lho karena tengah menarik banyak perhatian dari para pemain game.

Game ini sih bertemakan suatu masa depan di mana teknologi dan kehidupan low-life merajalela nihNggak hanya dibuat dalam game, tema-tema ala cyberpunk ini juga banyak lho diterjemahkan ke dalam film dan novel lho.

Ready Player One (2018), misalnya, merupakan film yang bercerita soal bagaimana kontrol atas dunia virtual menjadi kekuatan yang krusial dan diperebutkan. Film satu ini juga mengambil setting waktu pada tahun 2045.

Selain Ready Player One (2018), ada juga tuh film Blade Runner 2049 (2017) yang dibintangi oleh Ryan Gosling. Dengan mengambil latar waktu tahun 2049, umat manusia diceritakan telah banyak berubah dengan terbangunnya masyarakat replikan yang ditujukan untuk bekerja.

Tanpa disadari, ternyata masyarakat selama ini ditutupi dari kebenaran yang sebenarnya ada. Alhasil, mulai tuh aksi K sebagai blade-runner yang ingin membuka kebenaran yang dinilai bisa membuat masyarakat tidak stabil seperti sebelumnya.

Baca Juga: Mahfud MD Akan Direshuffle?

Polisi Siber ala Mahfud MD
- Advertisement -

Hmm, kalau dilihat-lihat, tema-tema ala cyberpunk – baik game atau film – gini seru-seru juga ya. Tapi, ada satu hal yang sebagian besar menggambarkan tema ini, yakni adanya kontrol atas teknologi lho.

Bukan nggak mungkin, apa yang terjadi dalam produk-produk budaya populer seperti ini dapat terwujud di dunia nyata. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, misalnya, beberapa waktu bilang kalau pemerintah akan mengaktifkan polisi siber pada tahun 2021. Widiih.

Kabarnya sih, polisi siber ini akan bergerak dalam teknologi media sosial guna menyaring berita-berita yang nggak benar tuh. Bahkan, menurut Pak Mahfud, berita nggak benar yang telah mengganggu ketertiban masyarakat bisa ditindak secara hukum lho.

Wah wah, makin canggih aja nih tukang bakso yang lewat depan rumah. Hehe. Bisa-bisa, dalam hitungan menit, polisi siber ini langsung menemukan unggahan warganet – mulai dari pembuat berita, sumber, hingga lokasi – yang dianggap nggak benar oleh pemerintah lho.

Waduh, apa mungkin nih Pak Mahfud mulai menggunakan strategi-strategi kontrol ala cyberpunk? Ya, semoga aja nanti yang penindakannya bukan karena berbeda pandangan politik saja ya. (A43)

Baca juga :  Salmon Ganggu Soliditas TNI-Polri?

Baca Juga: Singgung Medsos, Jokowi Sentil Mahfud?

spot_img

#Trending Article

Rocky Sebenarnya Fans Luhut?

Momen langka terjadi! Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan akhirnya bertemu langsung dengan pengkritik terpedasnya, yakni Rocky Gerung.

Nadiem and the Shadow Organization

Penjelasan Mendikbudristek Nadiem Makarim soal shadow organization tuai polemik. Ada apa di balik organisasi bayangan Kemdikbudristek ini?

Jakarta-Shanghai, Apple to Apple?

“In the long run, your human capital is your main base of competition. Your leading indicator of where you're going to be 20 years...

SBY, Anak Emas Amerika Serikat?

“Pak SBY membantah, 'Tidak benar saya jadi the golden boy' kan begitu, bantah saja. Tapi kalau kita bicara dengan banyak orang, itu gelar the...

Anies dan Nadiem Dibanding-bandingke?

“Mendikbudristek meminta waktu hingga akhir Juni. Namun, hingga September 2022, tidak ada kabar terkait DIM yang dijanjikan. Bagi kami, hal ini merupakan pengabaian atas...

Kasus Lesti-Billar, Begini Tanggapan Lesti

Lesti Kejora laporkan suaminya, Rizky Billar, atas kasus KDRT setelah diduga ketahuan selingkuh. Mengapa fenomena ini begitu marak?

Gibran-Grace Maju DKI 2024?

Muncul usulan agar Gibran Rakabuming Raka menggandeng Grace Natalie untuk maju di Pilkada DKI Jakarta 2024. Apakah akan cocok?

Surya Paloh Terjun ke Medan Perang?

“Kenapa ada percepatan, yang didengar 10 November, kenapa hari ini. Saya melihat ini jauh lebih hari baik. Sederhana. Lihat cahaya bulan bintang. Hari-hari baik....

More Stories

Ganjar Akhirnya Dukung Puan

Ganjar Pranowo berfoto dengan pose dua jempol di bawah baliho bergambarkan Puan Maharani. Akhirnya Ganjar dukung Puan di 2024?

Giring Bukan Ketum PSI Lagi?

Ketum PSI Giring tampak tidak sejalan dengan partainya sendiri soal deklarasi Ganjar-Yenny sebagai capres-cawapres. Masihkah Giring Ketum?

Ganjar Adalah Jokowi KW?

Ganjar Pranowo unggah sejumlah konten video infrastruktur -- mengingatkan kita dengan kebiasaan Jokowi. Apakah Ganjar adalah Jokowi KW?