HomeCelotehSolusi Banjir ala Cawagub Anies

Solusi Banjir ala Cawagub Anies

“Lebih baik di sini, rumah kita sendiri” – God Bless, grup band rock asal Indonesia


PinterPolitik.com

Jakarta, oh, Jakarta. Provinsi istimewa ini tak akan lama lagi melepas statusnya sebagai pusat pemerintahan negara – bila pemindahan ibu kota oleh pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) jadi dilaksanakan ke Kalimantan Timur. Meski begitu, segala permasalahan yang menghantui DKI Jakarta bisa saja tetap eksis kala kota ini ditinggal oleh pemerintah pusat.

Dari banjir, jalan yang selalu padat kendaraan, hingga polusi udara, Jakarta selalu dipandang problematis oleh banyak orang. Wilayah yang menjadi provinsi terpadat di Indonesia ini acap kali menjadi perhatian nasional, termasuk siapa-siapa yang menjadi pimpinan atas provinsi tersebut.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan misalnya, pada awal tahun 2020 lalu, kembali menjadi sorotan publik atas bencana banjir yang melanda Jakarta. Bagaimana tidak? Banjir yang terjadi di banyak titik kala itu menyebabkan kerugian material maupun nyawa.

Banyak pihak akhirnya mengkritik kinerja mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut, baik pegiat media sosial (atau buzzer) maupun figur-figur pemerintahan. Beberapa dari mereka menilai bahwa Pak Gubernur kurang memfokuskan kebijakannya pada penanganan banjir di Jakarta.

Meski begitu, tak sedikit juga pihak yang bersimpati pada Pak Anies. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) misalnya, menganggap bahwa Pak Gubernur justru kewalahan menangani persoalan banjir sendirian – tanpa wakil gubernur. Sekjen PKS Mustafa Kamal menilai bahwa beliau membutuhkan seorang wakil secepatnya.

Boleh jadi, dengan adanya situasi banjir yang benar-benar memukul Jakarta, Partai Gerindra dan PKS akhirnya sepakat nih untuk mencalonkan dua nama – yakni Ahmad Riza Patria (Gerindra) dan Nurmansyah Lubis (PKS) buat menjadi wagub bagi Pak Anies. Dengan begitu, Pak Anies nggak bakal kewalahan lagi dong.

- Advertisement -

Hore, sebentar lagi akan muncul gagasan-gagasan yang lebih fresh dong buat perkembangan dan kemajuan Jakarta dengan adanya sumbangsih wagub nanti. Apalagi, Pak Riza dan Pak Ancah (panggilan untuk Nurmansyah) kini tengah menyiapkan beberapa strategi nih, khususnya safari politik guna memenangkan kursi wagub DKI. Hehe.

Hmm, tapi, bagaimana ya dengan strategi kebijakan penanganan banjir? Apa ya yang udah disiapkan oleh masing-masing calon?

Nah, Pak Ancah punya solusi yang menarik dan cemerlang tuh. Kata beliau, solusinya bagi pihak yang terdampak banjir adalah pindah tempat tinggal.

Selain Pak Ancah, Pak Riza juga bilang tuh kalau strategi penanganan banjirnya Pak Anies udah cukup bagus. Tapi, kalau misalnya banjir terjadi lagi, Pak Riza kayaknya udah siap tuh buat di-bully dan dikritik oleh para netizen.

Wah, bagaimana nih solusi-solusi yang mereka ajukan? Cukup solutif bukan? Ya, semoga saja Pak Anies nggak semakin kewalahan bila salah satu dari mereka benar menjadi wagub nanti. (A43)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

- Advertisement -

Baca juga :  SBY-JK Bersatu Untuk 2024?
spot_img

#Trending Article

Surya Paloh Cuma Coba-coba?

Meskipun Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem telah menghasilkan nama-nama hasil voting Dewan Pimpinan Daerah (DPW), Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyebut Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo yang...

Permainan Surya Paloh Belum Usai?

Meski Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem telah usai, tapi tanya tentang hasil Rakernas masih membayangi pikiran publik. Apa sebenarnya strategi Ketua Umum Surya Paloh di balik...

Ganjar, Mbappe-nya PDIP?

Nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dilirik partai lain untuk dijadikan Capres 2024. Apakah Ganjar semacam "Mbappe"-nya PDIP?

Prabowo Tidak Yakin dengan Megawati?

Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) dibentuk oleh Partai Gerindra bersama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Apakah ini dapat dimaknai sebagai kekhawatiran Prabowo Subianto terhadap Megawati? PinterPolitik.com Partai Gerindra...

Jokowi Gak Butuh Ma’ruf Amin?

Tidak terlihatnya Wakil Presiden Ma’ruf Amin pada reshuffle kabinet mengundang tanda tanya sebagian orang. Apakah ini bermakna bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah tidak butuh Ma’ruf? PinterPolitik.com Sebagian orang...

Zulhas Gak Nyambung?

Baru saja dilantik menjadi Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan (Zulhas) langsung sidak ke pasar dan tiba-tiba berikan hadiah umrah kepada pedagang. Kenapa Zulhas melakukan...

NasDem-Demokrat Bentuk Koalisi?

Surya Paloh merupakan elite politik pertama yang ditemui secara terbuka oleh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Apakah Partai NasDem dan Partai Demokrat akan membentuk koalisi? PinterPolitik.com Sambutan...

Cak Imin Jago Gocek?

Lagi lagi Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar yang akrab disapa Cak Imin tampil dan menarik atensi publik melalui gocekan-gocekan politiknya...

More Stories

Megawati Tidak Rasis ke Papua?

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri analogikan tercampurnya orang Papua dengan etnis Indonesia bagaikan "kopi susu". Apakah Megawati rasis?

Mahathir Bisa Buat Jokowi Terganggu?

Eks-PM Malaysia Mahathir Mohamad sebut Kepulauan Riau harusnya diminta oleh Malaysia. Apa Mahathir ingin ganggu pemerintahan Jokowi?

Bukan Jokowi, Tapi Gibran?

Putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, yang kini jabat Wali Kota Solo tarik perhatian para elite politik, seperti Prabowo dan Megawati.