HomeCelotehSiapa Bilang Erick Gak Berpartai?

Siapa Bilang Erick Gak Berpartai?

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dianggap jadikan kementeriannya layaknya partai politik (parpol). Hal ini dikaitkan dengan dugaan Erick akan berlaga pada Pilpres 2024 mendatang. Lantas, apakah ini bukti bahwa lembaga negara memainkan fungsi partai politik?


PinterPolitik.com

Masuknya Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dalam bursa pencalonan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 banyak mendapat perhatian. Anggapan ini  muncul karena Erick bukanlah politisi yang mempunyai partai politik (parpol) sebagai alat pencalonannya.

Parpol idealnya dianggap mampu menjadi instrumen untuk memoles tingkat popularitas (keterkenalan), akseptabilitas (keterimaan), dan elektabilitas (keterpilihan).

Namun menariknya, fungsi parpol ternyata bisa loh bisa diambil alih oleh lembaga lain. Ini berkaitan dengan banyak spekulasi kalau Erick menggunakan BUMN sebagai alat politik untuk memuluskan niatannya maju di 2024.

Yulian Gunhar, anggota Komisi VII DPR RI, mengatakan sikap Erick yang jadikan BUMN layaknya parpol, tentu akan merusak citra BUMN sebagai entitas bisnis yang harus dijauhkan dari kepentingan dan spekulasi politik.

Politisasi BUMN akan berpengaruh terhadap daya saing dan potensi BUMN yang tidak lagi profesional. Asumsi ini juga dikaitkan dengan cita-cita Jokowi yang sejak awal ingin kementeriannya diisi oleh orang-orang yang profesional. Erick bukan berasal dari parpol, ia diharapkan membawa semangat profesionalisme dalam tugasnya sebagai menteri.

Ditakutkan BUMN menjadi kendaraan politik Erick untuk memoles citranya. Ini yang membuat banyak orang berpendapat bahwa BUMN sudah menjadi parpol, tetapi dalam pengertian yang berbeda, mungkin lebih tepatnya seperti shadow party.

erick ikut jamin harga bbm listrik ed.
Erick Thohir
- Advertisement -

Shadow party atau partai bayangan menggambarkan fungsi partai yang terwujud pada sesuatu yang bukan partai. Istilah ini terinspirasi dari konsep bayangan yang ada dalam gim Shadow Fight 3 besutan developer Nekki.

Baca juga :  PDIP Seruduk Erick Lagi?

Gim ini memperlihatkan bahwa “bayangan” rupanya punya kekuatan melampaui kekuatan normal manusia. Filosofi bayangan dalam gim ini menggambarkannya sebagai entitas alami manusia yang sering dilupakan tapi punya kekuatan besar.

Dalam politik, konsep seperti ini juga bisa terlihat ketika institusi resmi negara berubah menjadi alat untuk mengagregasikan dan mengartikulasikan kepentingan politik. Padahal fungsi agregasi dan artikulasi seharusnya dilakukan oleh parpol.

Bahkan jika benar lembaga negara dapat dijadikan layaknya parpol, ini akan membuatnya menjadi kekuatan yang sulit ditebak. Sumber daya yang dimiliki lembaga negara tersebut kemungkinan rentan untuk disalahgunakan.

Well, pada akhirnya bukan hanya relawan yang belakangan ini menggeser fungsi parpol untuk memoles citra dan menggalang dukungan politik seorang tokoh. Lembaga negara seperti kementerian rupanya juga dapat bertransformasi untuk mengambil alih fungsi kepartaian itu. (I76)


Misteri Mafia Berkeley
spot_img

#Trending Article

Zulhas Gak Nyambung?

Baru saja dilantik menjadi Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan (Zulhas) langsung sidak ke pasar dan tiba-tiba berikan hadiah umrah kepada pedagang. Kenapa Zulhas melakukan...

Jokowi Gak Butuh Ma’ruf Amin?

Tidak terlihatnya Wakil Presiden Ma’ruf Amin pada reshuffle kabinet mengundang tanda tanya sebagian orang. Apakah ini bermakna bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah tidak butuh Ma’ruf? PinterPolitik.com Sebagian orang...

Ganjar, Mbappe-nya PDIP?

Nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dilirik partai lain untuk dijadikan Capres 2024. Apakah Ganjar semacam "Mbappe"-nya PDIP?

Ma’ruf Ternyata Salah Tangkap?

Anak-anak di Pangkalpinang sebut bercita-cita jadi presiden kepada Wapres Ma'ruf Amin. Apa mungkin Ma'ruf salah tangkap?

SBY-JK Bersatu Untuk 2024?

Pertemuan antara Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Jusuf Kalla (JK) mencuri atensi publik dan melahirkan berbagai spekulasi politik. Lantas, mungkinkah reuni SBY-JK ini dapat membuat...

PKB Merah Cukur Gundul PKS?

Kelompok yang menamakan dirinya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Merah melakukan aksi cukur rambut hingga gundul. Kenapa ritual gundul dapat berubah menjadi instrumen politik? PinterPolitik.com Lagu Gundul-gundul Pacul pastinya...

NasDem-PDIP, Siapa Paling Sombong?

Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Nasdem dan PDIP terlihat menjadi ajang saling sindir ketua umum partai soal “partai sombong”. Lantas, apakah Surya Paloh dan Megawati sedang saling...

Puan Ratu Konten?

Konten video Ketua DPR RI Puan Maharani heboh lagi, kali ini dengan aksi nge-vlog dalam ruangan yang memperlihatkan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sedang berbicara dengan...

More Stories

Bakso: Dark Jokes Anies vs Mega?

Seloroh tentang tukang bakso yang dilontarkan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri, rupanya tidak selesai bersamaan dengan ditutupnya Rapat Kerja Nasional...

Airlangga Manfaatkan Ronaldinho?

Pertemuan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dengan legenda sepak bola asal Brasil, Ronaldinho, mendapat perhatian publik karena popularitas Ronaldinho yang sangat besar. Ini Airlangga Hartarto yang...

SBY-JK Bersatu Untuk 2024?

Pertemuan antara Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Jusuf Kalla (JK) mencuri atensi publik dan melahirkan berbagai spekulasi politik. Lantas, mungkinkah reuni SBY-JK ini dapat membuat...