HomeCelotehSBY Bisa Jadi Penasihat Jokowi

SBY Bisa Jadi Penasihat Jokowi

Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akhir-akhir ini aktif berbicara terkait situasi dan kondisi yang tengah dialami dunia – mulai dari ancaman krisis ekonomi global, krisis keamanan, hingga krisis perubahan iklim. Apakah ini saatnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) mempertimbangkan SBY untuk menjadi penasihatnya?


PinterPolitik.com

“If I ignore all that advice, then something isn’t right” – Drake, “The Real Her” (2011)

Bagi kalian yang suka menonton film atau serial bertemakan politik, pasti kalian tidak asing dengan serial yang berjudul Designated Survivor (2016-2019). Serial asal Amerika Serikat (AS) – yang juga dibuat versi Korea Selatan-nya (Korsel) berjudul Designated Survivor: 60 Days (2019) – ini menceritakan bagaimana seseorang teknokrat yang tidak memiliki latar belakang tiba-tiba menjadi Presiden.

Tentunya, Tom Kirkman yang sebelumnya hanya menjadi Menteri Perumahan dan Pengembangan Kota AS kebingungan dalam mengarungi dunia politik negeri Paman Sam. Belum lagi, Kirkman juga harus menghadapi musuh-musuh AS di luar – mulai dari Rusia, Iran, hingga negara fiktif seperti Kunami.

Alhasil, Kirkman meminta bantuan dan nasihat seorang mantan Presiden AS yang dihormatinya, yakni Cornelius Moss. Saking lihai dan bagusnya nasihat-nasihatnya, Moss pun akhirnya diangkat menjadi Menteri Luar Negeri (Menlu) AS di Kabinet Kirkman.

Wajar sih apabila mantan Presiden seperti Moss ini bisa memberikan nasihat dan masukan kepada Kirkman. Seperti yang dijelaskan oleh Thomas F. Schaller dan Thomas W. Williams dalam tulisan mereka yang berjudul The Contemporary Presidency: Postpresidential Influence in the Postmodern Era, mantan Presiden memang bisa memiliki pengaruh pasca-kepresidenan (post-presidential influence) berupa bantuan kampanye, bepergian untuk misi diplomatik, berbicara di media, hingga memberikan nasihat dan masukan informal untuk Presiden yang menjabat.  

Baca juga :  Jokowi Rentan Dihancurkan?
SBY dan Triple Crises Dunia

Nah, situasi Kirkman yang kebingungan dengan bagaimana caranya mengarungi politik luar negeri ini sepertinya mirip-mirip dengan apa yang terjadi di dunia nyata – khususnya yang kini tengah dialami oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Gimana nggak? Pemerintahan Jokowi kini harus menghadapi berbagai ancaman global yang semakin tidak menentu – mulai dari perang antara Rusia dan Ukraina yang mempengaruhi pasokan pangan dan energi global, resesi ekonomi global yang disebabkan oleh pandemi Covid-19, situasi keamanan Indo-Pasifik yang memanas, hingga ancaman perubahan iklim.

- Advertisement -

Maka dari itu, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berharap pemimpin-pemimpin dunia – termasuk Jokowi – bisa memanfaatkan forum G20 yang KTT-nya akan dilaksanakan di Bali pada November 2022 nanti.

Hmm, wait. Mungkin, Pak Jokowi bisa nih mendengarkan nasihat-nasihat Pak SBY yang dari kemarin sudah memberi wanti-wanti terkait krisis-krisis yang akan dihadapi dunia – seperti krisis ekonomi global, krisis keamanan, dan krisis perubahan iklim. Apa perlu nih Pak SBY jadi penasihat sekalian untuk Pak Jokowi – layaknya Moss untuk Kirkman di Designated Survivor? (A43)


spot_img

#Trending Article

Jakarta-Shanghai, Apple to Apple?

“In the long run, your human capital is your main base of competition. Your leading indicator of where you're going to be 20 years...

Jokowi Buat “Taj Mahal” di Solo?

“Masjid Raya Sheikh Zayed Solo akan menjadi tempat salat, pusat dakwah, dan pendidikan Islam, sekaligus pusat destinasi wisata religi baru di Solo” –  Joko Widodo...

Drama Xi vs Trudeau Bakal Berlanjut?

Sebuah video yang mana Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xi Jinping di dalamnya tampak memarahi Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau viral di media...

Anies Pelan-pelan “Ngeteng” KIB?

“Mestinya, KIB (Koalisi Indonesia Bersatu) sekarang itu larinya ke Anies. Saya kira akan gabung ke sana,” – Habil Marati, Ketum Forum Ka’bah Membangun PinterPolitik.com Akhir-akhir ini,...

Mantra “Yakusa” Mahfud Buat Anies?

“Siap hadir ke arena Munas Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI). Yakin usaha sampai (Yakusa) untuk membangun insan cita HMI” –   Mahfud MD,...

Megawati-Puan Sayang Korea?

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketua DPP PDIP Puan Maharani tampak sangat "sayang" dengan Korea Selatan (Korsel). Mengapa?

Jokowi dan Misteri Rambut Putih

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebut pemimpin yang pikirkan rakyat punya rambut warna putih. Siapa yang dimaksud oleh Jokowi?

NasDem, Sahabat Sejati Jokowi?

Jokowi lupa berikan ucapan selamat ulang tahun kepada Partai NasDem. Apakah ini akhir persahabatan Jokowi dan NasDem?

More Stories

Membaca Pengaruh Jokowi di 2024

Lontaran ciri-ciri pemimpin yang pikirkan rakyat seperti kerutan dan rambut putih dari Jokowi jadi perbincangan. Inikah cara Jokowi relevan di 2024?

Jokowi dan Misteri Rambut Putih

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebut pemimpin yang pikirkan rakyat punya rambut warna putih. Siapa yang dimaksud oleh Jokowi?

Biden Bikin Circle Sendiri?

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menggelar rapat darurat dengan pemimpin-pemimpin negara anggota G7 – seperti Kanada, Italia, Jerman, Prancis, Britania (Inggris) Raya, dan...