HomeCelotehSandiaga vs Everybody: Mulai Diserang?

Sandiaga vs Everybody: Mulai Diserang?

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mulai dikritik akhir-akhir ini. Apakah kini Sandiaga vs Everybody?


PinterPolitik.com

Bulan Desember 2020 lalu menjadi bulan yang istimewa bagi sebagian orang. Gimana nggak? Bulan itu menjadi ujung akhir atas tahun 2020 yang bisa dibilang berat.

Meski begitu, bulan Desember 2020 juga menjadi awal bagi sejumlah pihak. Sandiaga Uno dan Tri Rismaharini (Risma), misalnya, akhirnya masing-masing ditunjuk sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) dan Menteri Sosial (Mensos).

Setelah ditunjuk, bisa dibilang keduanya langsung aktif bekerja. Mantan Wali Kota Surabaya Risma, misalnya, langsung ramai diperbincangkan di ruang publik setelah beberapa kali melakukan blusukan di DKI Jakarta dan sejumlah daerah lainnya.

Di sisi lain, Bang Sandi langsung melakukan kunjungan kerja ke sejumlah daerah, mulai dari Provinsi Bali hingga Provinsi Sumatera Utara. Ya, gimana lagi? Bang Sandi harus meninjau situasi pariwisata sebelum akhirnya mampu mewujudkan tugas yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), yakni guna menghidupkan kembali pariwisata Indonesia yang sempat lesu akibat pandemi Covid-19.

Sejumlah konsep pun juga disiapkan lho oleh Bang Sandi, mulai dari ekowisata, workcation, hingga toilet wisata kelas dunia. Sampai-sampai nih, sekarang Bang Sandi udah mulai berkantor di Bali lhoHmm, bisa dibilang, Menparekraf baru satu ini gerak cepat (gercep) ya.

Tapi nih, di balik berbagai aktivitasnya yang terus diunggah di media sosial (medsos), ada beberapa pihak malah mengkritik lho. Politikus PDIP Putra Nababan, misalnya, beberapa waktu lalu mempermasalahkan unggahan dari Bang Sandi.

- Advertisement -

Dalam unggahan medsos tersebut, Bang Sandi tampak pergi berolahraga di area Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, sambil meninjau situasi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang beraktivitas di sana. Namun, ada satu pernyataan yang dipersoalkan oleh Putra, yakni pernyataan dari Bang Sandi yang bilang kalau dirinya sudah mengahak sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk berolahraga bersama.

Baca juga :  Pemegang Restu Jokowi, Betulkah?

Sontak aja, Mas Putra ini merasa “tersinggung” karena pernyataan itu dianggap dapat memberikan framing bernada negatif bagi anggota-anggota DPR. Menanggapi hal ini, Bang Sandi akhirnya menghapus konten yang diunggahnya tersebut.

Baca Juga: Sandiaga dan Balada Bule Bali

DPR Serang Sandi Sandiaga

Nggak hanya Putra Nababan, Bang Sandi baru-baru ini juga kena kritik oleh seorang pengamat politik yang notabene teman sekubunya kala Pilpres 2019 silam, yakni Rocky Gerung. Bung Rocky ini kemarin menyoroti upaya promosi oleh Bang Sandi soal Gerakan Nasional Wakaf Uang (GNWU).

Nah, GNWU ini merupakan gerakan pengelolaan keuangan syariah yang dijalankan oleh Badan Wakaf Indonesia (BWI). Uniknya, ada sejumlah pihak yang menyebutkan bahwa uang wakaf dari masyarakat nanti salah satunya akan digunakan untuk pembiayaan proyek pemerintah.

Nggak pakai lama, sejumlah warganet akhirnya mengkritik upaya promosi GNWU ini oleh Bang Sandi. Kebanyakan sih merasa nggak percaya apabila uangnya dikelola oleh pemerintah.

Kritik ini juga dilontarkan oleh Bung Rocky. Kata pengamat politik kondang satu ini, Bang Sandi menjadi nggak kreatif perihal promosinya – padahal beliau adalah Menparekraf yang membawahi ekonomi kreatif. Hmm.

Mungkin nih, berbagai kritik ini menandakan bahwa Bang Sandi ini mulai tidak disukai oleh banyak pihak nih. Pertama, dari PDIP yang notabene partai dominan di pemerintahan. Kedua, Bang Menparekraf juga dikritik oleh teman sekubunya dulu.

- Advertisement -

Wah wah, apakah ini pertanda bahwa akan terjadi Sandiaga Uno vs Everybody? Mungkin, laga ini jadi mirip-mirip dengan film yang diperankan oleh Jefri Nichol dan Wulan Guritno, yakni Jakarta vs EverybodyHehe.

Ya, barang kali, Bang Sandi ini perlu deh mencontoh sikap ala Bu Risma. Bang Menparekraf kan kemarin akhirnya menghapus konten yang dipersoalkan. Sementara, Bu Mensos malah pasang muka tebal aja meskipun blusukan­-nya banyak dikritik.

Baca juga :  Luhut seperti Julius Caesar?

Lagipula, wajar kok kalau Bang Sandi bisa unggah posting-an sampai empat kali sehari. Kan, beliau dari dulu udah menggunakan medsos secara aktif – sampai-sampai disebut sebagai Papa Online. Hehe. (A43)

Baca Juga: Ridwan Kamil-Sandiaga Uno Untuk 2024?

spot_img

#Trending Article

Jokowi Isyaratkan Lawan Megawati?

Tangkapan kamera formasi iringan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama tujuh ketua umum partai politik dianggap merepresentasi terbentuknya poros koalisi menghadapi kontestasi politik 2024. Lantas,...

Surya Paloh Cuma Coba-coba?

Meskipun Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem telah menghasilkan nama-nama hasil voting Dewan Pimpinan Daerah (DPW), Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyebut Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo yang...

Cak Imin Jago Gocek?

Lagi lagi Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar yang akrab disapa Cak Imin tampil dan menarik atensi publik melalui gocekan-gocekan politiknya...

NasDem-Demokrat Bentuk Koalisi?

Surya Paloh merupakan elite politik pertama yang ditemui secara terbuka oleh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Apakah Partai NasDem dan Partai Demokrat akan membentuk koalisi? PinterPolitik.com Sambutan...

Prabowo Tidak Yakin dengan Megawati?

Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) dibentuk oleh Partai Gerindra bersama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Apakah ini dapat dimaknai sebagai kekhawatiran Prabowo Subianto terhadap Megawati? PinterPolitik.com Partai Gerindra...

Kok Jokowi Marah-Marah?

Lagi-lagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegur pejabat  kementerian dan pemerintahan daerah soal prioritas belanja. Jokowi menilai belanja produk luar masih lebih tinggi dibandingkan produk...

Permainan Surya Paloh Belum Usai?

Meski Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem telah usai, tapi tanya tentang hasil Rakernas masih membayangi pikiran publik. Apa sebenarnya strategi Ketua Umum Surya Paloh di balik...

Jokowi Gak Butuh Ma’ruf Amin?

Tidak terlihatnya Wakil Presiden Ma’ruf Amin pada reshuffle kabinet mengundang tanda tanya sebagian orang. Apakah ini bermakna bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah tidak butuh Ma’ruf? PinterPolitik.com Sebagian orang...

More Stories

Bukan Jokowi, Tapi Gibran?

Putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, yang kini jabat Wali Kota Solo tarik perhatian para elite politik, seperti Prabowo dan Megawati.

Biden Paksa Jokowi Beli Senjata?

Presiden AS Joe Biden sebut siap bela Taiwan bila diserang Tiongkok. Apakah ini bisa jadi cara Biden "paksa" Jokowi beli senjata?

Muslihat Jokowi Manfaatkan Putin?

Presiden Jokowi dikabarkan akan bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow. Apa ini muslihat Jokowi manfaatkan sosok Putin?