HomeCelotehSandiaga dan Balada Bule Bali

Sandiaga dan Balada Bule Bali

“Out in Bali, big swing, big dress” – 50 Cent, penyanyi rap asal Amerika Serikat (AS)


PinterPolitik.com

Siapa yang tidak suka traveling? Hampir semua deh pasti suka bepergian dan berwisata ke tempat-tempat yang unik. Apalagi nih, di zaman sekarang, lagi ramai tuh tempat-tempat unik ala check di TikTok. Hehe.

Selain itu, pasti suntuk juga nih udah berapa lama nggak liburan. Di tengah situasi pandemi seperti ini, pasti nggak sedikit juga yang ingin berlibur tetapi keadaan malah tidak mendukung. Huft.

Ingat ya, lebih baik di rumah aja daripada tertular Covid-19. Jangan sampai kita malah menjadi orang terpapar dan malah menularkan pada teman dan keluarga terdekat. Lagipula, kasihan juga para tenaga kesehatan yang sudah kelelahan menangani pandemi ini.

Eitstapi nih, baru-baru ini, ada kabar yang bilang bahwa ada seorang bule (wisatawan mancanegara) yang meninggalkan negaranya dan berwisata sambil bekerja di Bali. Bahkan nih, bule asal Amerika Serikat (AS) ini malah memamerkan gaya hidupnya yang mewah lho.

Hmm, bule dengan nama akun Kristen Grey ini kayak-nya kebanyakan nonton Eat Pray Love (2010). Kan, di film yang dibintangi oleh Julia Roberts itu, Elizabeth Gilbert berangkat dalam petualangannya yang akhirnya juga mengantarkannya ke Bali.

Tapi nih, sedihnya nih, si Grey ini dikabarkan tinggal di Bali tanpa menaati hukum yang berlaku lho. Kabarnya, Grey tetap menggunakan visa turis yang seharusnya sudah habis masa berlakunya.

- Advertisement -

Baca Juga: Sandi Menteri Baru Paling Gemilang

Turis Bikin Bali Meradang

Menariknya lagi nih, Grey malah mengajak teman-teman mancanegara lainnya untuk melakukan hal ilegal yang sama guna pindah ke Bali melalui buku elektroniknya. Hmm, contoh buruk kok malah dibanggakan? Hehe.

Mungkin nih, fenomena Grey ini mendukung gagasan yang diusulkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. Kan, Bang Sandi juga sempat tuh ngusulin konsep wisata yang disebut sebagai work from destination (WFD).

Baca juga :  PKB Merah Cukur Gundul PKS?

Ini kelihatan kok dari respons Bang Sandi. Kata beliau, ini membuktikan bahwa sekarang lagi ngetren tuh yang namanya workcation (bekerja dari destinasi wisata). Wah wah, mungkin buku si Grey ini bisa sekalian buat promosi WFD ala Pak Menparekraf nihHehe.

Tapi, tenang aja, Bang Sandi juga mengingatkan kok kalau WFD juga harus mematuhi peraturan dan hukum yang berlaku. Kan, negara kita tercinta Indonesia ini adalah negara hukum lhoEhem.

Ya, mungkin nih, kasus dari bule Bali satu ini bisa jadi pelajaran nih buat Bang Sandi, yakni untuk mendengarkan warga lokal yang juga khawatir akan kemungkinan gentrifikasi. Apalagi kan, pemerintah sekarang tengah punya ambisi tuh mengembangkan sektor pariwisata. Hehe.

Selain itu, persoalan pariwisata di tengah pandemi ini mungkin juga perlu diperhatikan – dengan adanya kekhawatiran si Grey ini mengabaikan protokol kesehatan (prokes). Apalagi, persoalan bule yang tidak patuh aturan juga bukan persoalan baru lhoHmm.

Mungkin nih, kebijakan bebas visa yang diberlakukan oleh pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) juga perlu dikaji lagi nih – dengan banyaknya wisatawan asing yang semakin sembrono. Dengan visa, wisatawan asing yang datang pun juga bisa jadi lebih teratur tuh. Bukan begitu? (A43)

- Advertisement -

Baca Juga: Sandiaga Sibuk ‘Urus’ Toilet?

spot_img

#Trending Article

SBY-JK Bersatu Untuk 2024?

Pertemuan antara Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Jusuf Kalla (JK) mencuri atensi publik dan melahirkan berbagai spekulasi politik. Lantas, mungkinkah reuni SBY-JK ini dapat membuat...

PKB Merah Cukur Gundul PKS?

Kelompok yang menamakan dirinya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Merah melakukan aksi cukur rambut hingga gundul. Kenapa ritual gundul dapat berubah menjadi instrumen politik? PinterPolitik.com Lagu Gundul-gundul Pacul pastinya...

Puan Ratu Konten?

Konten video Ketua DPR RI Puan Maharani heboh lagi, kali ini dengan aksi nge-vlog dalam ruangan yang memperlihatkan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sedang berbicara dengan...

Airlangga Manfaatkan Ronaldinho?

Pertemuan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dengan legenda sepak bola asal Brasil, Ronaldinho, mendapat perhatian publik karena popularitas Ronaldinho yang sangat besar. Ini Airlangga Hartarto yang...

Ahok, Mantan Terindah Djarot?

Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat kritik tingkat kemiskinan DKI Jakarta di bawah Anies Baswedan. Apa Djarot belum bisa move on dari Ahok?

Ganjar, Mbappe-nya PDIP?

Nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dilirik partai lain untuk dijadikan Capres 2024. Apakah Ganjar semacam "Mbappe"-nya PDIP?

Bakso: Dark Jokes Anies vs Mega?

Seloroh tentang tukang bakso yang dilontarkan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri, rupanya tidak selesai bersamaan dengan ditutupnya Rapat Kerja Nasional...

Berharap PDIP, PKS Lelah Kalah?

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto sebut PDIP tidak akan koalisi dengan PKS di Pilpres 2024. Sirna sudah harapan PKS pada PDIP agar tidak kalah lagi?

More Stories

Jokowi-Putin Bangun Poros Baru?

Presiden Jokowi dan Presiden Rusia Vladimir Putin bertemu di Moskow. Muncul juga wacana Indonesia-Rusia bangun poros baru untuk saingi Barat.

Siasat Luhut Tawar-tawar Kuota Haji

Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan temui Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman (MBS), dan bahas soal kuota haji Indonesia.

Megawati Tidak Rasis ke Papua?

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri analogikan tercampurnya orang Papua dengan etnis Indonesia bagaikan "kopi susu". Apakah Megawati rasis?