HomeCelotehSaatnya Ma’ruf Buka Open Trip?

Saatnya Ma’ruf Buka Open Trip?

Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin mengajak masyarakat untuk berwisata ke Raja Ampat, Papua Barat, untuk menghidupkan kembali pemulihan ekonomi di sektor wisata. Apa perlu Kiai Ma’ruf buka jasa open trip?


PinterPolitik.com

Raja Ampat. Siapa yang nggak pengen buat pergi ke sana? Dengan 500 lebih karang yang saling berjejeran dan aneka biota laut di bawahnya, kepulauan yang terletak di Provinsi Papua Barat ini menjadi salah satu destinasi wisata yang diimpikan banyak orang.

Meski begitu indah, untuk bisa ke Raja Ampat, tentu dibutuhkan upaya, khususnya biaya lebih dan cukup besar. Kalau mimin cari-cari di Google nih, satu orangnya kira-kira membutuhkan setidaknya Rp 2 juta hingga Rp 5 jutaan lebih lhoHmm, lumayan mahal juga ya.

Tapi nihehem, ada pejabat yang tiba-tiba ngajak masyarakat untuk pergi berlibur ke Raja Ampat. Beliau adalah Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin. Wah, ternyata, Pak Kiai Ma’ruf nggak AFK (away from keyboard) seperti yang dibilang banyak orang. Hehe.

Kata Pak Kiai sih, ajakan ini diungkapkan agar masyarakat bisa membantu pemulihan ekonomi di sektor wisata. Dengan banyaknya wisatawan yang datang, bukan nggak mungkin keadaan ekonomi sekitar juga terangkat.

Ya, bagus sih kalau niatnya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Barang kali, Pak Kiai Ma’ruf bisa tuh membuka dan mempromosikan open trip ke Raja Ampat. Siapa tahu Pak Kiai juga jadi trip leader-nya sekalian tuh di sana? Hehe.

Kan, ada banyak juga tuh promosi wisata open trip yang mengajak untuk berwisata secara rombongan ke tempat-tempat yang menarik seperti Raja Ampat dan Labuan Bajo. Hayoo, siapa yang mau ikut open trip-nya Pak Wapres?

Baca juga :  Anies Ujung-ujungnya Ke Puan?
- Advertisement -

Baca Juga: Ma’ruf Amin Mulai Unjuk Gigi?

Wisata Mistis Sandiaga Uno

Tapi nih ya, Pak, banyak lho yang akhirnya mempermasalahkan ajakannya Pak Kiai Ma’ruf. Ada yang bilang kalau pernyataan Pak Wapres justru berseberangan dengan pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pak Jokowi malah mengimbau masyarakat untuk tetap stay di rumah aja apabila tidak ada keperluan mendesak. Apa yang dibilang Pak Presiden masuk akal sih – apalagi pandemi Covid-19 kini tengah parah dengan lonjakan jumlah kasus positif.

Hmmmimin punya ide nih buat Pak Wapres. Gimana kalau Pak Kiai Ma’ruf sekalian mempromosikan paket wisata vaksin? Paketnya unik sih, yakni dengan vaksinasi sekaligus berwisata di lokasi wisata tertentu.

Mimin kemarin nemu tuh paket wisata vaksin ke Amerika Serikat (AS). Tawarannya adalah kegiatan berwisata ke Los Angeles, AS, sembari menjalani program vaksinasi dengan vaksin buatan Pfizer atau Moderna. Wah, kalau punya duit, menarik tuhHehe.

Bisa tuh ditiru, Pak Kiai Ma’ruf. Mungkin, usulan ini bisa tuh diteruskan oleh Pak Wapres ke Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. Hmm.

Bisa juga tuh dibuat paket wisata vaksin ke Bali atau Raja Ampat. Selain membantu pemulihan ekonomi, paket itu bisa aja meningkatkan ketertarikan masyarakat untuk ikut vaksinasi. Ditunggu ya promosi paket wisatanya, Pak! Hehe. (A43)

Baca Juga: Menyoal Wisata Mistis ala Sandiaga


- Advertisement -

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

spot_img
Previous articlePerlu Tiru SBY?
Next articlePast and Future 9

#Trending Article

Jakarta-Shanghai, Apple to Apple?

“In the long run, your human capital is your main base of competition. Your leading indicator of where you're going to be 20 years...

Dewan Kolonel, Gimmick Duet Puan-Prabowo?

“Pokoknya, Dewan Kolonel ini adalah satu-satunya dengan tujuan mendukung Mbak Puan di 2024. Itu sekali lagi, tentu kami masih menunggu keputusan Bu Megawati siapa...

Ketika Anies Jadi Cover Boy

Baru-baru ini, warga Kota Malang, Jawa Timur, diramaikan oleh kemunculan tabloid-tabloid bergambarkan muka Anies. Anies sukses jadi cover boy?

Jokowi, Anies, dan Politik Penghargaan

Anies Baswedan mendapatkan penghargaan Lee Kuan Yew Exchange Fellow dari Singapura. Sementara, Jokowi dapat Global Citizen Awards di AS.

Mengapa Mahfud Kebut UU PDP?

Setelah ramai serangan Bjorka pada pejabat, Mahfud MD berjanji agar UU Perlindungan Data Pribadi (PDP) segera disahkan oleh DPR.

Ojol Sejahtera, Janji Tinggal Janji?

“Besar harapan kami, aksi yang kami lakukan dapat diakomodir menjadi diskusi yang baik dan konstruktif, dan dapat menghasilkan kebijakan yang bermanfaat bagi rakyat Indonesia yang berprofesi...

Airlangga ”Dijepit” JK dan PKS?

“Pak JK selalu dikaitkan, endorse Anies, kenapa nggak berat ke AH. Kalau kemudian Pak JK dikaitkan dengan endorse AH itu tidak lepas dari upaya upaya mencarikan...

Misteri Nomor Urut Tiga PDIP

“Jadi dari pihak PDIP, mengusulkan yang namanya tanda gambar itu, nomor itu sebenarnya saya katakan kepada Bapak Presiden dan Ketua KPU dan Bawaslu bahwa...

More Stories

Ridwan Kamil Penuhi Syarat Kaesang?

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) komentari studi soal bubur diaduk vs tidak diaduk. Bagaimana dengan di Istana menurut Kaesang?

Luhut Tundukkan Rocky Gerung?

Setelah selama ini "pedas" ke Menko Marves Luhut Pandjaitan, Rocky Gerung tampak sopan saat bertemu langsung. Luhut sudah tundukkan Rocky?

Megawati Perlu ke Pesulap Merah?

Soal usulan nomor urut partai yang tetap di setiap Pemilu, Megawati dituding konsultasi ke dukun. Lebih baik ke Pesulap Merah saja sekalian?