HomeCelotehSaatnya Edo Tensei Soeharto?

Saatnya Edo Tensei Soeharto?

Setelah tanggal 6 Juni diperingati sebagai hari lahir Soekarno, kini giliran Soeharto untuk diperingati 100 tahun hari lahirnya yang jatuh pada 8 Juni 2021 lalu. Sejumlah pejabat dan politisi – seperti Titiek Soeharto dari Partai Berkarya – mengungkit bahwa Soeharto akan sedih melihat kondisi bangsa saat ini. Apakah ini saatnya melakukan edo tensei?


PinterPolitik.com

Siapa yang nggak tahu siapa Naruto? Ninja asal Desa Konoha tersebut merupakan salah satu ninja yang penuh semangat lho dalam mengejar cita-citanya – meski harus menghadapi berbagai persoalan yang berat dalam hidupnya.

Nah, dalam upaya meraih cita-citanya untuk menjadi seorang hokage – sebutan untuk pemimpin Desa Konoha, Naruto tentunya harus belajar banyak teknik dan skill guna menjadi ninja yang kuat. Ada banyak jutsu yang akhirnya berhasil dipelajarinya – mulai dari jurus seribu bayangan, rasengan, hingga sannin mode.

Selain jutsu yang dipelajari oleh Naruto, ada juga lho jutsujutsu lain yang juga kece – bahkan ada yang seram juga lho. Salah satunya adalah jutsu yang dikenal sebagai edo tenseiJutsu satu ini disebut bisa menghidupkan kembali sosok yang telah meninggal untuk beberapa waktu lho.

Ada beberapa ninja yang pernah menggunakan jutsu ini. Salah satunya adalah Orochimaru yang akhirnya berhasil menghidupkan sejumlah hokage terdahulu – seperti Sarutobi yang merupakan hokage ke-3.

Baca Juga: Ganjar Pranowo dan Memori Soeharto

Satu Abad Soeharto

Hmm, meski edo tensei ini hanya imajinasi si pembuat kisah Naruto, sejumlah politisi sepertinya juga menginginkan edo tensei ini ada di dunia nyata deh. Sosok itu adalah politikus Partai Berkarya yang sekaligus putri dari presiden kedua Soeharto, yakni Titiek Soeharto.

Baca juga :  Rahasia Pelukan Ferdy Sambo
- Advertisement -

Lhagimana nggakWong Mbak Titiek ini bilang kalau Pak Harto bakal sedih bila melihat kondisi Indonesia saat ini. Salah satu hal yang disinggung adalah soal utang negara yang disebut menumpuk banyak.

Hayoogimana tuh, Bu Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati? Bisa-bisa langsung pingsan kalau Bu Ani ketemu dengan edo tensei­-nya Pak Harto tuh. Apa mungkin malah hilang ya? Hehe.

Ya, terlepas dari bayangan akan adanya edo tensei Soeharto, jutsu ini ditengarai juga punya banyak kelemahan lho. Bahkan, kalau kata Itachi Uchiha, ada banyak lho kelemahannya.

Mungkin, jutsu ini mirip zaman Orde Baru kali ya? Meski era tersebut disebut banyak politisi – seperti Titiek Soeharto dan Fahri Hamzah – sebagai era yang penuh kemajuan, ada juga kelemahannya kok. Misal nih, hak berpolitik dan kebebasan berpendapat dalam demokrasi yang dibatasi. Hmm, jadi, kalau menurut kalian, lebih penak zamannya siapa nihgengs? (A43)

Baca Juga: Garuda Indonesia, Erick dan Warisan Soeharto


► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

spot_img

#Trending Article

Mahfud Sang Menteri Komentator?

“Tersangka belum diumumkan dia udah ngumumkan dulu. Apakah yang begitu itu jadi tugas Menko Polhukam. Koordinator, lo, bukan komentator.” – Bambang “Pacul” Wuryanto, Ketua Komisi...

Misteri Keresahan Gandum Limpo

“Kita impor terus nih. Kalau saya sih nggak setuju jelas. Kita, apapun kita makan singkong saja, sorgum saja, dan makan saja sagu” – Syahrul Yasin...

Tiket Pesawat Naik, Tiket PDIP Naik?

“Kasus mahalnya tiket pesawat ini lebih ke soal politis, mau siapapun menteri atau presidennya enggak akan mampu memaksa perusahaan menjual rugi tiket pesawatnya. Kecuali...

Puan Tidak Cocok Jadi Capres?

Nama Puan Maharani makin ramai dibicarakan menjelang kontestasi Pilpres 2024. Namun, apakah benar Puan punya rekam jejak cukup jadi capres?

Misteri Megawati Dikte Putin

“Putin bilang, ‘welcome, Megawati.’ Datang saya, pulang (ke Indonesia) saya bawa banyak (alutsista),” – Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum PDIP PinterPolitik.com Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan...

Luhut Gajah Mada-nya Jokowi?

“Pak Luhut mirip Gajah Mada, lihai hadapi banyak kasus. Kalau turun gunung pasti selesai,” – Adli Bahrun, pengamat sosial Universitas Jakarta (Unija) PinterPolitik.com Beberapa hari lalu, sempat...

TGB, Kunci Perindo Lolos Senayan?

“Dalam waktu dekat akan banyak deklarasi baru. Tokoh-tokoh bangsa akan bergabung dengan Partai Perindo” – Hary Tanoesoedibjo, Ketua Umum Partai Perindo PinterPolitik.com Tidak selamanya logika marketing periklanan...

Jakarta-Shanghai, Apple to Apple?

“In the long run, your human capital is your main base of competition. Your leading indicator of where you're going to be 20 years...

More Stories

Jokowi Khianati Projo dkk?

M. Qodari sebut Jokowi berselancar di antara dua karang, yakni karang partai (PDIP dkk) dan karang relawan (Projo dkk). Benarkah demikian?

Anies: Bukan Soal Arab-Jawa

Persoalan identitas Anies Baswedan dimunculkan Ruhut Sitompul usai putrinya menikah berbudaya Jawa. Mengapa ini bukan soal Arab atau Jawa?

Ma’ruf Amin Dukung Anies 2024?

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin tetap ingin netral di 2024. Namun, beberapa waktu lalu, sambut kunjungan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.