Support Us

Available for Everyone, funded by readers

Contribute
E-Book
Home > Celoteh > Risma vs Ahok, Tegas Mana?

Risma vs Ahok, Tegas Mana?


A43 - Saturday, June 19, 2021 17:00
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini (kiri) dan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok (kanan). (Foto: Tirto)

0 min read

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini (Risma) berhasil membongkar aliran bantuan sosial (bansos) dan Program Keluarga Harapan (PKH) yang mengalir ke kerabat sejumlah kepala daerah. Sementara, Komisaris Utama (Komut) Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok menghapus fasilitas kredit dengan limit Rp 30 miliar bagi pimpinan Pertamina.


PinterPolitik.com

Gaes, kalian tahu nggak siapa itu Lucifer? Hmm, meski ada yang nggak tahu, nama ini sebenarnya cukup dikenal lho di berbagai belahan dunia. Ya iyalah, lha, wong Lucifer itu adalah nama lain dari Iblis di sejumlah cerita mitologi Ibrani dan Nasrani.

Tapi, tenang, gaes. Nggak usah takut. Mimin nggak ingin ngobrolin soal ke-Iblis-an si Lucifer kok. Justru, mimin ingin bahas soal berbagai produk budaya populer yang kisahnya berpusar pada tokoh Lucifer.

Salah satu produk budaya populer soal Lucifer ini tertuang dalam salah satu seri dengan judul yang sama lho, yakni Lucifer (2016-sekarang). Ceritanya sih, Lucifer ini memutuskan untuk berlibur dari pekerjaannya sebagai pemimpin neraka dengan mengunjungi Bumi.

Eh, lhadalah, kok Lucifer ini nyantol dan kesengsem dengan seorang detektif. Alhasil, Lucifer ini sehari-hari ngikutin si detektif ini dan membantunya dalam membongkar berbagai kejahatan lho.

Terkadang nih, Lucifer bisa mengungkapkan kejahatan dengan pendekatan ala good cop (polisi baik) dengan biusan tatapan matanya. Namun, sosok Iblis itu juga terkadang menggunakan pendekatan intimidatif ala bad cop (polisi garang) lho.

Baca Juga: Risma, ‘Ketum Baru’ PDIP?

Ahok BTP Kartu Kredit Pertamina

Nah, aksi-aksi Lucifer di seri itu muncul di kepala mimin ketika mendengar berita soal aksi Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini (Risma) membongkar aliran dana bantuan sosial (bansos) dan Program Keluarga Harapan (PKH) yang ternyata mengalir ke kerabat dari sejumlah perangkat pemerintah daerah. Wah, keren uga nih, Bu Risma.

Mungkin nih, seperti Lucifer. Bu Risma ini menggunakan sejumlah pendekatan ala detektif, yakni dengan menjadi seorang bad cop. Ya iyalah, kan, Bu Mensos ini saking “tegasnya”, banyak bawahannya yang takut tuh. Hehe.

Eits, tapi nih, kalau soal kepemimpinan yang “tegas” seperti ini, Bu Risma kayak-nya nggak sendiri deh. Soalnya ada juga lho mantan kepala daerah yang baru-baru ini menunjukkan gaya tegasnya, yakni Komisaris Utama (Komut) Pertamina Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok yang dulu pernah menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Pak Ahok ini beberapa waktu lalu memutuskan untuk mencabut fasilitas kredit yang diperuntukkan bagi sejumlah pimpinan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), termasuk Pertamina. Fasilitas kredit itu kabarnya memiliki limit hingga Rp 30 miliar lho. Hmm, kata Pak Ahok sih, pencabutan fasilitas itu ditujukan untuk mendukung penghematan anggaran.

Waduh, ada dua tokoh tegas nih. Kira-kira, antara Bu Risma dan Pak Ahok, siapa ya yang lebih tegas? Kalau menurut kalian, gengs, kira-kira, menang siapa nih kalau diadu tegas-tegasannya? Eits, hati-hati. Dua-duanya sama-sama punya fanbase yang “tegas” juga lho. Hehe. (A43)

Baca Juga: Ahok Menteri yang Dinanti?


► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

Berita Terkait