HomeCelotehRisma Ubah Kemensos ‘Jadi’ Surabaya?

Risma Ubah Kemensos ‘Jadi’ Surabaya?

“I’m not scared to be seen. I make no apologies. This is me” – Keala Settle, The Greatest Showman (2017)


PinterPolitik.com

Akhirnya, hal yang ditunggu-tunggu banyak orang terjadi juga. Setelah sejak lama berbagai pihak memberikan usulan agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan reshuffle pada Kabinet Indonesia Maju – karena sering marah-marah, mantan Wali Kota Solo tersebut akhirnya mengumumkan keputusan serupa.

Tepatnya pada Selasa, 22 Desember, kemarin, Pak Jokowi bersama Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin mengumumkan enam sosok baru yang bakal mengisi jabatan-jabatan menteri di Kabinet Indonesia Maju – mulai dari Tri Rismaharini (Risma) sebagai Menteri Sosial (Mensos), Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), hingga Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan (Mendag).

Dari nama-nama tersebut, tentunya yang paling banyak mendapat respons dari arek-arek Suroboyo adalah Bu Risma. Gimana nggak? Ibu satu ini kerap dijuluki sebagai emak-nya Surabaya lho.

Nggak sedikit dari mereka memuji langkah Risma untuk menjabat sebagai Mensos lho. Namun, nggak dipungkiri ada juga dong yang melontarkan kritik terhadap rekam jejak beliau sebagai Wali Kota di Surabaya.

Selain disambut baik oleh sejumlah pihak, Bu Risma dikabarkan langsung menyusun sejumlah agenda kebijakan lho. Salah satunya adalah memperbaiki data dan penyaluran bantuan sosial (bansos). Bahkan nih, penyaluran bakal disalurkan via transfer bank lho.

Baca Juga: Jadi Mensos, Risma ‘Kalahkan’ Ahok?

Wajah Baru di Kabinet Jokowi-Ma'ruf
- Advertisement -

Nah, menariknya nih, sejumlah pihak menilai kalau Bu Risma ini perlu ninggalin gaya kepemimpinannya kala di Surabaya lho. Bahkan, Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari menilai kalau emosi Bu Risma bisa aja jadi kelemahan lho.

Hmmemang sih Bu Risma ini terkenal kalau marah bisa bikin panik orang-orang satu gedung. Bisa-bisa, mereka-mereka yang ada di kantor Kementerian Sosial (Kemensos) ini dapat gebrakan meja dan bentakan ala Bu Risma.

Baca juga :  Tiket Pesawat Naik, Tiket PDIP Naik?

Tapi nih, terlepas dari kemungkinan adanya marah-marah di kantor Kemensos ini, ada lelucon yang bilang kalau gaya kepemimpinan lainnya dari Bu Risma juga bakal terbawa lho. Seperti yang kita ketahui, Surabaya kini dikenal sebagai kota dengan taman yang berisikan tanaman-tanaman indah nan mahal – seperti Tabebuya dan Jacandara.

Coba lihat aja gimana Taman Surya, Balai Kota Surabaya, dan sekitarnya. Isinya pasti tanaman-tanaman hias dengan harga jutaan yang mungkin nggak bisa ditemukan tuh di jalan-jalan Jakarta.

Wah, kalau gitu, apa Bu Risma bakal ngerombak tamannya Kemensos juga nggak ya? Hmm, kalau benar kantor Kemensos bakal ramai tanaman hias yang bagus, bisa-bisa Kemensos bakal berprestasi terus dong – sebagai kantor pemerintahan yang paling bersih dan indah kala lomba kemerdekaan setiap 17 Agustus. Hehe. (A43)

Baca Juga: Jadi Mensos, Risma ‘Tiru’ Khofifah?

spot_img

#Trending Article

Ceker Ayam, Rahasia Kemajuan Tiongkok?

“Kami berusaha menyerap kenaikan harga komoditas ini, dengan memanfaatkan seluruh bagian ayam. Itu berarti menggunakan setiap bagian ayam, kecuali bulunya, kurasa.” – Joey Wat, CEO...

Surya Paloh Siap Relakan Megawati?

Intrik antara partai yang dipimpin Surya Paloh (Nasdem) dan PDIP yang dipimpin Megawati semakin tajam. Siapkah Paloh relakan Megawati?

Melacak Arah Petir Brigadir J?

“CCTV harus diuji. Kenapa harus diuji? Pertama CCTV sudah disambar petir. Maka kalau tiba-tiba CCTV ketemu kembali, harus dibikin acara dengan petir, kapan petir...

Anies Ikuti Jejak Soekarno?

“Perubahan nama Rumah Sakit menjadi Rumah Sehat, dilakukan agar Rumah Sakit ikut ambil peran dalam pencegahan penyakit, sekaligus mempromosikan hidup sehat.” – Anies Baswedan,...

Jakarta-Shanghai, Apple to Apple?

“In the long run, your human capital is your main base of competition. Your leading indicator of where you're going to be 20 years...

Jokowi Kameo Pilpres 2024?

“Yang paling sering kalau ke kondangan. Bahkan saat nyumbang ke Surabaya, ada yang bilang kalau ada tamu Pak Presiden lagi blusukan. Bahkan ada yang rebutan...

Sambo Tidak Selincah Ninja Hatori?

“Kalau naik gunung itu, pijakan kakinya harus kuat. Jangan mengandalkan tarikan orang di atas. Kekuatan diri sendiri yang membawa kita ke atas.” – Brigjen...

Tiket Pesawat Naik, Tiket PDIP Naik?

“Kasus mahalnya tiket pesawat ini lebih ke soal politis, mau siapapun menteri atau presidennya enggak akan mampu memaksa perusahaan menjual rugi tiket pesawatnya. Kecuali...

More Stories

Jokowi Khianati Projo dkk?

M. Qodari sebut Jokowi berselancar di antara dua karang, yakni karang partai (PDIP dkk) dan karang relawan (Projo dkk). Benarkah demikian?

Anies: Bukan Soal Arab-Jawa

Persoalan identitas Anies Baswedan dimunculkan Ruhut Sitompul usai putrinya menikah berbudaya Jawa. Mengapa ini bukan soal Arab atau Jawa?

Ma’ruf Amin Dukung Anies 2024?

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin tetap ingin netral di 2024. Namun, beberapa waktu lalu, sambut kunjungan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.