HomeCelotehRidwan Kamil ‘Ungguli’ Jokowi?

Ridwan Kamil ‘Ungguli’ Jokowi?

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (RK) memberikan masukan terkait proses sayembara desain Istana di Ibu Kota Negara (IKN) yang baru. Pasalnya, pradesain Garuda Istana yang sempat diunggah Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut timbulkan pro dan kontra di masyarakat.


PinterPolitik.com

Siapa di sini yang pernah bermain gim yang bertajuk The Sims? Hampir semua pasti pernah dengar soal gim video satu ini. Serunya tuh, gim ini mengizinkan pemainnya untuk menjalankan sebuah simulasi kehidupan sehari-hari manusia.

Dalam gim tersebut, kita bisa mengurus sejumlah manusia yang harus memenuhi berbagai kebutuhan hidupnya – mulai dari makanan hingga kebutuhan sosial. Nah, salah satu kebutuhan itu juga meliputi soal papan lho, yakni tempat tinggal.

Guna memenuhi kebutuhan satu itu, pemain bisa bebas membangun rumah untuk si Sim yang akan kita mainkan. Di sini lah, mulai tuh para pemain menggunakan gaya-gaya kreatifnya dalam membangun bangunan yang indah. Bahkan, banyak lho konten-konten YouTube yang membahas soal gaya arsitektural dalam gim satu ini.

Kreasi-kreasi bangunan yang indah dan megah seperti ini tentunya juga merefleksikan pikiran kreatif di dunia nyata dong. Coba aja deh kita tanya Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pasalnya nih, Pak Presiden beberapa waktu lalu mengunggah gambar pradesain atas Istana barunya yang akan dibangun di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim).

Tapi nih, namanya juga hal-hal yang mengandung unsur-unsur kreatif, banyak yang akhirnya tidak menyukai pradesain Istana di Ibu Kota Negara (IKN) baru tersebut. Pradesain karya seniman patung I Nyoman Nuarta yang berbentuk Garuda itu dianggap memiliki kesan tidak modern, tidak rendah emisi, dan tidak sejalan dengan konsep bangunan ramah lingkungan lho.

Hmmmimin jadi penasaran nih. Kira-kira, gimana ya komentar para arsitek lainnya? Menariknya, Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (RK) yang juga seorang arsitek menyebutkan bahwa penilaian atas pradesain seperti itu sifatnya subjektif kok – tergantung selera masing-masing orang.

Baca juga :  Melacak Arah Petir Brigadir J?
- Advertisement -

Baca Juga: Nasdem Lebih Cocok Dengan Ridwan Kamil

Ridwan Kamil Jokowi Pradesain Garuda Istana

Namun nih, menariknya, Pak Gubernur yang biasa disapa Kang Emil itu memberikan masukan tuh buat Pak Jokowi. Kata beliau, seharusnya proses sayembara desain tersebut harus lebih terbuka tuh supaya masyarakat dapat menilai dan terwakilkan secara lebih baik.

Ya, mungkin, apa yang dibilang Kang Emil ini juga ada benarnya kali ya. Lagipula, Pak Gubernur Jabar ini udah berpengalaman banyak lho di bidang arsitektural seperti ini.

Beliau punya banyak sumbangsih dalam mendesain banyak masjid di Jabar lho. Selain itu, Kang Emil juga terlibat dalam pembangunan Museum Tsunami Aceh dan berbagai proyek internasional – seperti di Marina Bay Sands, Singapura, hingga sejumlah kota baru di Republik Rakyat Tiongkok (RRT).

Mungkin nih, berbagai bangunan arsitektural yang dibuat oleh Kang Emil ini merupakan warisan (legacy) pribadi sang Gubernur Jabar ini. Kalau emang benar begitu, banyak juga dong legacy-nya Kang Emil ya.

Hmm, kalau legacy Pak Jokowi dalam bentuk bangunan-bangunan monumental dan arsitektural seperti ini ada nggak ya? Istana baru yang baru pradesain aja langsung menimbulkan banyak polemik.

Kalau gini caranya, Kang Emil udah mengungguli Pak Jokowi dong dalam hal legacy bangunan monumental seperti ini. Wah wah, padahal, Kang Emil belum jadi presiden lhoGimana kalau tahun 2024 ke depan nanti ya? Hehe. (A43)

Baca Juga: Ridwan Kamil, the Next ‘Rudy Hartono’?


- Advertisement -

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

spot_img

#Trending Article

Melacak Arah Petir Brigadir J?

“CCTV harus diuji. Kenapa harus diuji? Pertama CCTV sudah disambar petir. Maka kalau tiba-tiba CCTV ketemu kembali, harus dibikin acara dengan petir, kapan petir...

Surya Paloh Siap Relakan Megawati?

Intrik antara partai yang dipimpin Surya Paloh (Nasdem) dan PDIP yang dipimpin Megawati semakin tajam. Siapkah Paloh relakan Megawati?

Jokowi Kameo Pilpres 2024?

“Yang paling sering kalau ke kondangan. Bahkan saat nyumbang ke Surabaya, ada yang bilang kalau ada tamu Pak Presiden lagi blusukan. Bahkan ada yang rebutan...

Sambo Tidak Selincah Ninja Hatori?

“Kalau naik gunung itu, pijakan kakinya harus kuat. Jangan mengandalkan tarikan orang di atas. Kekuatan diri sendiri yang membawa kita ke atas.” – Brigjen...

Tiket Pesawat Naik, Tiket PDIP Naik?

“Kasus mahalnya tiket pesawat ini lebih ke soal politis, mau siapapun menteri atau presidennya enggak akan mampu memaksa perusahaan menjual rugi tiket pesawatnya. Kecuali...

Jakarta-Shanghai, Apple to Apple?

“In the long run, your human capital is your main base of competition. Your leading indicator of where you're going to be 20 years...

Ceker Ayam, Rahasia Kemajuan Tiongkok?

“Kami berusaha menyerap kenaikan harga komoditas ini, dengan memanfaatkan seluruh bagian ayam. Itu berarti menggunakan setiap bagian ayam, kecuali bulunya, kurasa.” – Joey Wat, CEO...

Anies Ikuti Jejak Soekarno?

“Perubahan nama Rumah Sakit menjadi Rumah Sehat, dilakukan agar Rumah Sakit ikut ambil peran dalam pencegahan penyakit, sekaligus mempromosikan hidup sehat.” – Anies Baswedan,...

More Stories

Jokowi Khianati Projo dkk?

M. Qodari sebut Jokowi berselancar di antara dua karang, yakni karang partai (PDIP dkk) dan karang relawan (Projo dkk). Benarkah demikian?

Anies: Bukan Soal Arab-Jawa

Persoalan identitas Anies Baswedan dimunculkan Ruhut Sitompul usai putrinya menikah berbudaya Jawa. Mengapa ini bukan soal Arab atau Jawa?

Ma’ruf Amin Dukung Anies 2024?

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin tetap ingin netral di 2024. Namun, beberapa waktu lalu, sambut kunjungan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.