HomeCelotehRidwan Kamil, Titisan Soekarno?

Ridwan Kamil, Titisan Soekarno?

Seperti Presiden pertama RI Soekarno, Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (RK) alias Kang Emil juga merupakan pejabat politik sekaligus arsitek yang suka dengan karya seni seperti lukisan. Apakah Kang Emil adalah titisan Bung Karno?


PinterPolitik.com

“Saya sangat mencintai Bung Karno. Kalau abang-abang main ke pendopo, saya banyak lukisan Bung Karno” – Ridwan Kamil (RK) alias Kang Emil

Kesenian merupakan buah hasil ekspresi atas pemikiran dan imajinasi manusia yang disalurkan ke dalam proses-proses kreatif sehingga menghasilkan keindahan tertentu. Bentuk ekspresi seni manusia dari zaman ke zaman pun terus berubah.

Terkadang, perkembangan seni juga diikuti dengan perubahan sosial dan politik yang terjadi di masyarakat. Abad Pencerahan (Reinassance) yang terjadi pada abad ke-18 di Eropa, misalnya, diikuti dengan perkembangan sosial dan politik yang berdasar pada gagasan kebebasan dan kemajuan.

Ini membuktikan bahwa seni dan politik memiliki keterkaitan satu sama lain. Sampai-sampai nihPinterPolitik TV sempat lho membuat seri video yang membahas seniman dan politik. Hehe.

Selain itu, ada juga lho pejabat dan pemimpin politik yang ternyata suka dengan hal-hal yang berbau seni. Di Amerika Serikat (AS), misalnya, ada sejumlah presiden – seperti Ulysses S. Grant, Dwight Eisenhower, Jimmy Carter, dan George W. Bush – yang ternyata punya hobi melukis.

Nggak hanya presiden-presiden AS, Indonesia juga pernah lho punya presiden yang hobi dengan karya-karya seni. Beliau adalah Presiden pertama Indonesia Soekarno. Sampai-sampai, Bung Karno punya koleksi berbagai lukisan lho.

Baca Juga: Ridwan Kamil Jadi Hyung?

- Advertisement -

Nah, di masa kini, tampaknya, ada juga tuh pemimpin dan politikus yang nyeni. Politikus tersebut adalah Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (RK) alias Kang Emil lhoGimana nggak? Kalau mimin perhatikan di akun Instagram-nya nih, Kang Emil ini sering lho menunjukkan hasil karyanya.

Baca juga :  Prabowo vs Paloh Soal Taufik?

Beberapa waktu lalu, misalnya, Kang Emil memamerkan pakaian-pakaian batik yang didesainnya dan dikenakan oleh personel boyband K-Pop Super Junior. Selain itu, baru-baru ini, Kang Emil juga pamer lukisan karyanya sendiri di akun Instagram.

Wahnyeni banget dah Kang Emil ini. Jempol lah kalau soal kesenian. Sampai-sampai, mimin bertanya-tanya nih. Apa mungkin Kang Emil ini menjadikan Bung Karno sebagai life inspiration banget ya?

Soalnya nih, selain sama-sama suka hal-hal yang berbau seni, keduanya juga arsitek lho. Selain itu, keduanya juga sama-sama lulusan kuliah dari Institut Teknologi Bandung (ITB) lhoWaduh, apa Kang Emil ini ternyata titisan Bung Karno ya?

Hmm, susah sih buat menjawab pertanyaan tersebut. Yang jelas, Kang Emil emang kerap sih disebut oleh sejumlah netizen mirip dengan Bung Karno. Selain itu, Gubernur Jabar tersebut juga pernah bilang kalau dirinya mengidolakan sosok presiden pertama itu.

Tapi nih, sepertinya nih, ada seni lain yang juga dikuasai oleh Bung Karno, yakni seni berpolitik. Kalau Soekarno jago, Kang Emil juga bisa nggak ya mengikuti jejak keahlian seni politiknya Bung Karno – misal nih untuk menjadi calon presiden (capres) pada tahun 2024 mendatang? Hehe. (A43)

Baca Juga: Ridwan Kamil-Sandiaga Uno Untuk 2024?


► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

- Advertisement -

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

spot_img

#Trending Article

Mahfud Sang Menteri Komentator?

“Tersangka belum diumumkan dia udah ngumumkan dulu. Apakah yang begitu itu jadi tugas Menko Polhukam. Koordinator, lo, bukan komentator.” – Bambang “Pacul” Wuryanto, Ketua Komisi...

Misteri Keresahan Gandum Limpo

“Kita impor terus nih. Kalau saya sih nggak setuju jelas. Kita, apapun kita makan singkong saja, sorgum saja, dan makan saja sagu” – Syahrul Yasin...

Tiket Pesawat Naik, Tiket PDIP Naik?

“Kasus mahalnya tiket pesawat ini lebih ke soal politis, mau siapapun menteri atau presidennya enggak akan mampu memaksa perusahaan menjual rugi tiket pesawatnya. Kecuali...

Puan Tidak Cocok Jadi Capres?

Nama Puan Maharani makin ramai dibicarakan menjelang kontestasi Pilpres 2024. Namun, apakah benar Puan punya rekam jejak cukup jadi capres?

Misteri Megawati Dikte Putin

“Putin bilang, ‘welcome, Megawati.’ Datang saya, pulang (ke Indonesia) saya bawa banyak (alutsista),” – Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum PDIP PinterPolitik.com Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan...

Luhut Gajah Mada-nya Jokowi?

“Pak Luhut mirip Gajah Mada, lihai hadapi banyak kasus. Kalau turun gunung pasti selesai,” – Adli Bahrun, pengamat sosial Universitas Jakarta (Unija) PinterPolitik.com Beberapa hari lalu, sempat...

TGB, Kunci Perindo Lolos Senayan?

“Dalam waktu dekat akan banyak deklarasi baru. Tokoh-tokoh bangsa akan bergabung dengan Partai Perindo” – Hary Tanoesoedibjo, Ketua Umum Partai Perindo PinterPolitik.com Tidak selamanya logika marketing periklanan...

Jakarta-Shanghai, Apple to Apple?

“In the long run, your human capital is your main base of competition. Your leading indicator of where you're going to be 20 years...

More Stories

Jokowi Khianati Projo dkk?

M. Qodari sebut Jokowi berselancar di antara dua karang, yakni karang partai (PDIP dkk) dan karang relawan (Projo dkk). Benarkah demikian?

Anies: Bukan Soal Arab-Jawa

Persoalan identitas Anies Baswedan dimunculkan Ruhut Sitompul usai putrinya menikah berbudaya Jawa. Mengapa ini bukan soal Arab atau Jawa?

Ma’ruf Amin Dukung Anies 2024?

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin tetap ingin netral di 2024. Namun, beberapa waktu lalu, sambut kunjungan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.