HomeCelotehPuan Adalah Flagship Gagal?

Puan Adalah Flagship Gagal?

PDIP tampaknya semakin yakin untuk mengusung Ketua DPP PDIP Puan Maharani di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Namun, apakah mungkin Puan cukup “menjual” di kalangan pemilih bila dibandingkan dengan nama-nama lain di bursa Pilpres 2024 – seperti Anies Baswedan, Prabowo Subianto, hingga Ganjar Pranowo?


PinterPolitik.com

“The aim of marketing is to know and understand the customer so well the product or service fits him and sells itself” – Peter Drucker, konsultan kelahiran Austria

Seperti yang telah diketahui banyak orang, Apple baru saja mengumumkan produk flagship terbarunya untuk ponsel (smartphone) pada September 2022 lalu, yakni iPhone 14 dan iPhone 14 Plus. Dua produk terbaru ini kabarnya juga disertai dengan teknologi terbaru dan fitur-fitur keamanan yang lebih mutakhir.

Jelas aja, banyak orang akhirnya langsung dibuat penasaran dengan dua produk flagship terbaru Apple ini. Salah satu fitur yang menarik adalah notch yang ada di bagian depan ponsel tersebut bisa memiliki sifat interaktif – dengan animasi yang mengikuti kemauan user.

Memang, gimanapun, produk flagship adalah produk yang selalu ditunggu-tunggu dan dicari-cari. Ini pun tidak hanya berlaku untuk produk-produk Apple.

Samsung, misalnya, memiliki produk Samsung Galaxy Z Fold4 yang menjadi salah satu flagship andalannya. Selain ponsel tersebut, Samsung juga punya Galaxy S22, Galaxy S22+, dan Galaxy S22 Ultra. 

Hmm, kenapa ya perusahaan-perusahaan ini selalu mengandalkan flagship mereka? Pada dasarnya, flagship adalah produk utama (core product) yang didesain untuk memenuhi kebutuhan dan ekspektasi konsumen secara optimal.

Maka dari itu, flagshipbiasanya memiliki banyak fitur dan desain yang keren sehingga hampir semua keinginan dan kebutuhan konsumen terpenuhi. Mudahnya, flagship adalah produk paling mutakhir lah ya.

Baca juga :  Jokowi-Ahmad Luthfi Rampas Kehormatan PDIP di Jateng?

Ini juga jadi bagian dari strategi pemasaran (marketing) dari perusahaan yang memproduksi flagships – yakni untuk membuat para konsumen benar-benar tertarik dengan produk-produk mereka.

Uniknya, marketing seperti ini tidak hanya berlaku di dunia ponsel aja lho, melainkan juga di banyak aspek kehidupan lain seperti politik. Mengacu pada tulisan Aron O’Cass yang berjudul Political Marketing and the Marketing Concept, dijelaskan bagaimana teknik-teknik marketing juga bisa digunakan dalam kampanye pemilihan umum (Pemilu) oleh partai-partai politik (parpol).

Safari Puan Tidak Percaya Diri 2024

Mungkin, kalau dianalogikan, parpol adalah semacam perusahaan produsen yang memproduksi kader-kader berkualitas. Kita sebagai pemilih adalah konsumen yang memiliki ekspektasi atas “produk-produk” yang dihasilkan oleh parpol.

Nah, setiap parpol di Indonesia bisa tuh menawarkan “flagships” mereka masing-masing. Partai Gerindra, misalnya, disebut menawarkan Ketua Umum (Ketum) mereka, Prabowo Subianto, sebagai “flagship” mereka di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Selain Gerindra, ada juga Partai NasDemyang mulai menawarkan “flagship” mereka – meskipun tidak seutuhnya diproduksi di “pabrik” sendiri, yakni mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Mirip dengan NasDem yang tidak sepenuhnya “pabrik” sendiri, ada juga PSIyang mengusung Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo sebagai “flagship” mereka.

Hmm, bukannya Pak Ganjar ini “produk” dari “pabrikan” PDIPya? Wah, gimana tuh nanti klaim-klaim hak cipta dan hak patennya ya? Hehe.

Untung saja, PDIP sepertinya udah punya “flagship” sendiri, yakni Ketua DPP PDIP Puan Maharani yang kini juga menjabat sebagai Ketua DPR RI. Hmm, tapi nih, bakal laku nggak ya “flagship” PDIP yang satu ini?

Soalnya nih, ada yang menilai kalau Mbak Puan ini sebenarnya nggak percaya diri buat bisa melenggang ke kompetisi “flagships” di tahun 2024 karena terlihat makin sering keliling dan bersafari untuk menawarkan produk “koalisi” dengan parpol-parpol lain. “Saya pikir ada ketidakpercayaan diri dari Puan,” ujar Direktur Eksekutif Political and Public Studies Jerry Massie.

Baca juga :  Krisis Kader, Megawati Harus Waspada?

Hmm, kalau gini caranya, bakal berhasil nggak ya “flagship” dari PDIP satu ini bila bersaing dengan “flagships” lain? Would theflagship be a bop or probably gonna flop? Let’s wait and see aja lah ya. Hehe. (A43)


spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

#Trending Article

More Stories

Trump Ditembak, Ngefek ke Prabowo?

Upaya penembakan Donald Trump bisa berujung pada tumbangnya Joe Biden? Apa efeknya ke pemerintahan Prabowo Subianto ke depannya?

Operasi ‘Sudutkan’ Erick Thohir?

Berbagai persoalan melanda sejumlah BUMN. Sebagai menteri BUMN, Erick Thohir semakin tersudutkan di penghujung masa jabatannya.

Koalisi Pilkada, Tes dari Prabowo?

Partai-partai politik sedang bernegosiasi dan bicara soal koalisi-koalisi di Pilkada 2024. Mengapa ini juga penting bagi pemerintahan Prabowo nanti?