Support Us

Available for Everyone, funded by readers

Contribute
E-Book
Home > Celoteh > PKS Rebut Takhta PDIP?

PKS Rebut Takhta PDIP?


A43 - Tuesday, June 15, 2021 18:00
Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto (kiri) berbincang dengan Sekjen PKS Habib Aboe Bakar Alhabsyi (kanan) kala pimpinan kedua partai bertemu di Jakarta pada 27 April 2021. (Foto: DPP PDIP)

0 min read

Presiden PKS Ahmad Syaikhu menginstruksikan para kadernya untuk dapat menarik hati masyarakat Jawa Tengah (Jateng) karena sebagian besar presiden Indonesia berasal dari sana. Apa mungkin PKS dapat merebut takhta PDIP di provinsi tersebut?


PinterPolitik.com

Siapa yang nggak tahu dengan sebuah series bertemakan politik dengan judul Game of Thrones (2011-2019)? Ya, hampir semua orang setidaknya pernah dengar series satu ini. Bahkan, series yang judulnya kerap disingkat sebagai GoT ini sempat disebut-sebut sebagai series yang paling banyak ditonton lho.

Kurang lebih, kisah dalam GoT ini bisa dibilang sangat identik dengan konflik. Gimana nggak? Tema besar dalam series ini ialah mengenai perebutan kekuasaan politik di antara keluarga-keluarga bangsawan – seperti Stark, Lannister, Tyrell, dan sebagainya.

Salah satu upaya perebutan kekuasaan yang paling menyita perhatian mimin adalah persaingan antara keluarga bangsawan Stark dan Lannister. Keduanya ini tidak hanya terlibat pada persaingan kekuasaan semata, melainkan juga memiliki perbedaan prinsip dan drama keluarga.

Permusuhan di antara keduanya pun semakin kentara setelah Lannister secara seratus persen berhasil menguasai King’s Landing – ibu kota dan pusat bagi wilayah tujuh kerajaan. Sebagai kota kunci, tentu saja kekayaan dan pengaruh politik akhirnya banyak dimenangkan oleh Lannister.

Baca Juga: PKS Lebaran Duluan?

PKS Yakin Anies Menang

Tapi nih, melihat permusuhan antara Stark dan Lannister ini sedikit mengingatkan mimin dengan persaingan politik di dunia nyata, khususnya Indonesia. Lha, gimana nggak? Presiden PKS Ahmad Syaikhu beberapa waktu lalu menyatakan bahwa kader-kader partainya perlu menarik hati masyarakat Jawa Tengah (Jateng) karena wilayah tersebut adalah tempat di mana sebagian besar presiden Indonesia berasal.

Hmm, padahal nih, mirip King’s Landing, Jateng ini merupakan wilayah kekuasaan utama dari PDIP lho. Gimana nggak? Secara tradisional, Jateng ini telah jadi basis suara PDIP – menjadi “logistik” utama bagi partai berlambang kepala banteng tersebut dalam memenangkan berbagai pemilihan umum (Pemilu).

Wah, apa mungkin PKS ini berusaha meniru taktik dan strategi ala Sun Tzu (filsuf dan ahli perang asal Tiongkok) ya? Soalnya nih, Sun Tzu sendiri kan mengajarkan bahwa, untuk menang, logistik dan kunci utama milik musuh harus dikuasai terlebih dahulu.

Hmm, kalau berhasil, bukan nggak mungkin nih PKS bisa memenangkan sejumlah Pemilu ke depan. Namun, tentu, perjuangan PKS pasti juga nggak mudah tuh. Seperti Lannister, kekuasaan PDIP sudah benar-benar mengakar.

Kira-kira, bakal ada nggak ya yang pihak Lannister yang akhirnya berpihak ke Stark seperti Tyrion Lannister? Dengar-dengar, PKS mulai membuka kesempatan nih buat Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo untuk didukung oleh partai tersebut. Hmm, makin seru aja nih GoT ala Indonesia ini. Hehe. (A43)

Baca Juga: PKS Makin Mirip AKP Turki?


► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

Berita Terkait