HomeCelotehPasrah Risma Beri Bansos?

Pasrah Risma Beri Bansos?

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini (Risma) mengatakan bahwa pemerintah tidak bisa membantu rakyat secara terus-menerus di tengah pandemi Covid-19 ini. Apakah pernyataan ini seakan-akan bahwa Risma telah pasrah?


PinterPolitik.com

Kalian pernah nggak tuh mau izin nongkrong sama teman-teman kalian ke orang tua? Hampir semua pasti pernah lah ya. Wong namanya anak yang baik dan tidak nakal, pasti harus izin dan tidak membuat orang tua khawatir.

Nah, aku juga pernah nihgaes, mengalami momen-momen seperti itu waktu masih duduk di bangku SMA. Ceritanya nih, aku dan teman-teman sekelas mau pergi berlibur di akhir pekan. Tujuannya sih nggak jauh-jauh banget kok dari Surabaya, Jawa Timur (Jatim), yakni di Trawas, Mojokerto.

Wah, pokoknya asik pol lah ya kalau bisa pergi liburan sama teman-teman sekelas, apalagi Trawas itu daerahnya adem-adem gitu – macam Puncak lah ya. Hehe. Untungnya, sih ibu dan bapakku ngizinin tuh biar aku bisa berangkat.

Ya, meski kali ini diizinkan nih, bukan berarti kita bisa ngelunjak ya. Harus sadar diri juga kalau mau minta izin dan pergi-pergi sembarangan. Kan, jadinya sungkan juga tuh ke orang tua kalau bisanya ngehabisin uang terus. Kalau di istilah internet sekarang, sebutannya adalah “beban keluarga”. Hehe.

Ehtapi, kalian pernah nggak sih minta izin dan uang sangu ke orang tua buat ngetes bakal dikasih apa nggak? Namanya juga eksperimen, kan? Biar mastiin aja sekalian mempelajari pola dari boleh nggak-nya orang tua. Siapa tahu kan bisa nyusun strategi-strategi selanjutnya? Hehe.

Nah, mungkin yang macam gini nih yang dilakukan oleh si Haley Dunphy di seri komedi Modern Family (2009-2020), khususnya episode “Party Crasher”. Ceritanya nih, Haley mau ngetes kedua orang tuanya – Phil dan Claire – dengan pacaran sama orang yang sekiranya seumuran sama bapaknya, yakni Kenny.

Baca juga :  Ma'ruf Ternyata Salah Tangkap?
- Advertisement -

Baca Juga: Risma Punya “Mainan” Baru?

Risma Marah-marah Lagi

Si Phil sebenarnya udah kesel banget tuh sama Kenny tapi Claire berusaha nahan Phil karena dia tau ini cuma sebuah permainannya Haley. Alhasil, mereka hanya nge-iya-in Haley kalau mau apel sama si Kenny – sampai akhirnya Haley sendiri frustrasi tuh sama Phil dan Claire. Jadinya kayak, “Kok jadi seperti sak karepmu terus gitu?”

Hal yang mirip juga kejadian nih di dunia nyata. Gimana nggak? Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini (Risma) beberapa waktu lalu tiba-tiba bilang kalau pemerintah nggak bisa membantu rakyat secara terus-menerus dengan memberikan bantuan sosial (bansos).

Waduhmoso iyo sosok yang dulu dianggap sebagai emak’e arek-arek Surabaya malah jadi mirip Phil dan Claire di Modern Family? Apa Bu Risma ini udah pasrah ngurusin anak-anak (rakyat) di tengah pandemi gini?

Tapi nih, Bu Risma perlu tetap belajar ke Phil dan Claire juga nih. Meski Phil dan Claire kadang-kadang jadi serba “sak karepmu” gitu, mereka se-enggak-nya tetap ngasih uang sangu lah ya.

Luke – adik Haley – di episode “The Old Man & the Tree”, misalnya, tetap dapat sangu dalam enam minggu lho. Ya, mungkin, Phil dan Claire pengen Luke tetap bisa beli jajan dan main sama teman-temannya. Nah inimoso Bu Risma nggak takut arek-arek kenapa-kenapa kalau nggak dikasih uang sangu? Hmmyaopo nasibnya arek-arek nanti, Bu? Huhu.

Sampai-sampai nih, ada yang tanya, masa fakir miskin dan anak terlantar sekarang dipelihara dengan KitaBisa.com (platform donasi)? Padahal, kan, di Pasal 34 ayat 1 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia (UUD NRI) 1945, bunyinya gini, “Fakir miskin dan anak-anak yang terlantar dipelihara oleh negara.” Hayooyaopo iku, Bu? (A43)

Baca juga :  Surya Paloh Cuma Coba-coba?

Baca Juga: Inikah Cita-cita Risma?


- Advertisement -

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

spot_img
Previous articleMending Rakit PC?
Next articleNadiem Bakal Punya Wakil?

#Trending Article

Jokowi Isyaratkan Lawan Megawati?

Tangkapan kamera formasi iringan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama tujuh ketua umum partai politik dianggap merepresentasi terbentuknya poros koalisi menghadapi kontestasi politik 2024. Lantas,...

Surya Paloh Cuma Coba-coba?

Meskipun Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem telah menghasilkan nama-nama hasil voting Dewan Pimpinan Daerah (DPW), Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyebut Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo yang...

Cak Imin Jago Gocek?

Lagi lagi Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar yang akrab disapa Cak Imin tampil dan menarik atensi publik melalui gocekan-gocekan politiknya...

NasDem-Demokrat Bentuk Koalisi?

Surya Paloh merupakan elite politik pertama yang ditemui secara terbuka oleh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Apakah Partai NasDem dan Partai Demokrat akan membentuk koalisi? PinterPolitik.com Sambutan...

Permainan Surya Paloh Belum Usai?

Meski Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem telah usai, tapi tanya tentang hasil Rakernas masih membayangi pikiran publik. Apa sebenarnya strategi Ketua Umum Surya Paloh di balik...

Prabowo Tidak Yakin dengan Megawati?

Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) dibentuk oleh Partai Gerindra bersama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Apakah ini dapat dimaknai sebagai kekhawatiran Prabowo Subianto terhadap Megawati? PinterPolitik.com Partai Gerindra...

Kok Jokowi Marah-Marah?

Lagi-lagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegur pejabat  kementerian dan pemerintahan daerah soal prioritas belanja. Jokowi menilai belanja produk luar masih lebih tinggi dibandingkan produk...

Jokowi Gak Butuh Ma’ruf Amin?

Tidak terlihatnya Wakil Presiden Ma’ruf Amin pada reshuffle kabinet mengundang tanda tanya sebagian orang. Apakah ini bermakna bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah tidak butuh Ma’ruf? PinterPolitik.com Sebagian orang...

More Stories

Mahathir Bisa Buat Jokowi Terganggu?

Eks-PM Malaysia Mahathir Mohamad sebut Kepulauan Riau harusnya diminta oleh Malaysia. Apa Mahathir ingin ganggu pemerintahan Jokowi?

Bukan Jokowi, Tapi Gibran?

Putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, yang kini jabat Wali Kota Solo tarik perhatian para elite politik, seperti Prabowo dan Megawati.

Biden Paksa Jokowi Beli Senjata?

Presiden AS Joe Biden sebut siap bela Taiwan bila diserang Tiongkok. Apakah ini bisa jadi cara Biden "paksa" Jokowi beli senjata?