HomeCelotehMungkinkah Ahok Dicopot?

Mungkinkah Ahok Dicopot?

“Kurang cerdas dapat diperbaiki dengan belajar, kurang cakap dapat dihilangkan dengan pengalaman” – Mohammad Hatta, Wakil Presiden Pertama Republik Indonesia


PinterPolitik.com

Gengs, bagi kalian yang pernah paham dan mengikuti informasi dunia persepakbolaan, pasti sedikit banyak mengerti kan kisruh soal pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong? Kalau belum ngerti, nih mimin cerita-in sedikit.

Begini, cuy, kemarin sekitar bulan Juni 2020, Shin Tae-yong yang baru beberapa bulan menukangi Timnas Indonesia tiba-tiba dikasih ultimatum oleh Ketua Satgas Timnas Indonesia Syarif Bastaman.

Hal itu menyusul Shin Tae-yong yang nggak segera datang ke Indonesia untuk pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19. Bahkan, ancamannya nggak main-main lho sob, yaitu posisi Shin Tae-yong akan dievaluasi, sampai-sampai nggak sedikit pihak yang memprediksi bakalan berujung pada pemecatan.

Tentu saja, berita ini langsung ditanggapi cepat oleh Anggota Exco Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Haruna Soemitro. Secara cerdas dan argumentatif yang legal, Haruna mengatakan bahwa soal keputusan pemecatan bukanlah wewenang Satgas Timnas Indonesia lho, melainkan menjadi kewenangan Exco PSSI.

Kalau hanya sekadar mengultimatum mah boleh saja Satgas bilang seperti itu. Namun, mbok ya nggak lantas makan pagar tanaman tupoksi Exco PSSI soal pemberhentian dan pengangkatan pelatih juga kelleus.

Dari kisah yang ada dalam arena lapangan hijau tersebut, mimin jadi lebih mudah dalam menganalisis kisruh yang melibatkan Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade vis-a-vis Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok.

Sebagaimana pemberitaan, Mas Andre nih menyayangkan beberapa statement Pak Ahok yang dinilainya ngawur dan tanpa dasar. Bahkan ia menyebut, kalau segala yang dibicarakan Ahok itu tidak lebih dari sekadar cari panggung.

Baca juga :  Polemik Kuntadhi, Ganjar Cuci Tangan?
- Advertisement -

Karena dianggap cari panggung untuk memperbaiki citra, akibatnya – menurut Mas Andre – pernyataannya Pak Ahok justru melahirkan kegaduhan. “Jangan kebanyakan bacot,” umpat Mas Andre. Saking gedeg-nya, mas Andre sampai meminta agar Pak Ahok ini dicopot saja.

Widih, ngeri-ngeri sedap juga politisi Gerindra satu ini. Namun, ngomong-ngomong, saat Mas Andre menuduh Pak Ahok tukang buat gaduh dan nggak punya dasar yang kuat dalam beretorika, bukannya Mas Andre berkomentar seperti itu juga kesannya menimbulkan kegaduhan pun tanpa data legal ya, cuy?

Pasalnya nih, sepertinya Mas Andre juga kurang paham dengan data terkait mekanisme pengangkatan dan pencopotan jabatan komisaris Pertamina tuh. Terlebih, Mas Andre Rosiade juga harusnya paham, bahwa peran DPR itu tidak sampai seteknis itu.

Peran DPR ya terkait kementeriannya saja. Terkait struktural, ya serahkan saja ke pihak yang lebih berwenang.

Apa lagi, juga jelas ada Pasal 91 UU No. 19 Tahun 2003 tentang BUMN, yang menjelaskan tentang organ perusahaan. Lebih-lebih, Pertamina kan termasuk BUMN strategis, dan yang berhak mencopot Pak Ahok ya Presiden Joko Widodo (Jokowi) dong.

Lha wong, setingkat Menteri BUMN aja nggak berkomentar macam-macam, masa legislatif malah pagar makan tanaman? Bahkan, Refly Harun, si pakar tata negara saja paham loh kenapa Pak Ahok seberani itu. Duh, mimin jadi inget kisruh Shin Tae-yong dehHaha. (F46)

spot_img

#Trending Article

Jakarta-Shanghai, Apple to Apple?

“In the long run, your human capital is your main base of competition. Your leading indicator of where you're going to be 20 years...

Di-Back Up SBY-JK-Paloh, Anies Pede?

“Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) selaku ayah biologis dan ideologis AHY, Jusuf Kalla sebagai mentor politik Anies, dan Surya Paloh sebagai king maker,” – Ahmad...

Cak Imin Akhirnya Mundur?

Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin akhirnya mengaku bahwa dirinya telah undur diri. Apa alasan Cak Imin akhirnya undur diri?

Jokowi Cuma Bisa PBB Kelas Lokal?

Meski diprotes oleh sejumlah pihak karena tidak hadiri Majelis Umum PBB sebagai presiden G20, Jokowi ternyata sudah panggil PBB ke Istana.

SBY Turun Gunung, AHY Ngapain?

“Para kader, mengapa saya harus turun gunung menghadapi Pemilihan Umum 2024 mendatang? Saya mendengar, mengetahui, bahwa ada tanda-tanda Pemilu 2024 bisa tidak jujur dan...

Megawati Bisa “Jinakkan” Kim Jong-un?

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri baru saja berkunjung ke Korea. Di sana, Mega mengklaim dirinya diminta damaikan Korsel dan Korut.

Polemik Kuntadhi, Ganjar Cuci Tangan?

“Saya kenal Pak Ganjar. Tapi kayaknya Pak Ganjar, ya nggak kenal saya secara pribadi,” – Eko Kuntadhi, Pegiat media sosial PinterPolitik.com Eko Kuntadhi – pegiat media...

Mahfud MD Permainkan Bjorka?

“Satgas itu dibentuk bukan untuk memburu Bjorka, sebab yang dari Bjorka itu tak satupun yang membobol rahasia negara. Itu hanya sensasi,” – Mahfud MD,...

More Stories

Megawati Sukses “Kontrol” Jokowi?

“Extraordinary claims require extraordinary evidence” – Carl Edward Sagan, astronom asal Amerika Serikat (AS) PinterPolitik.com Gengs, mimin mau berlagak bijak sebentar boleh, ya? Hehe. Kali ini, mimin mau berbagi pencerahan tentang...

Arief Poyuono ‘Tantang’ Erick Thohir?

“Orang hebat tidak dihasilkan dari kemudahan, kesenangan, dan kenyamanan. Mereka dibentuk melalui kesulitan, tantangan, dan air mata” – Dahlan Iskan, mantan Menteri BUMN PinterPolitik.com Gengs, kalian...

Sri Mulyani ‘Tiru’ Soekarno?

“Tulislah tentang aku dengan tinta hitam atau tinta putihmu. Biarlah sejarah membaca dan menjawabnya” – Soekarno, Proklamator Indonesia PinterPolitik.com Tahukah kalian, apa yang menyebabkan Indonesia selalu...