HomeCelotehMoeldoko for Presiden 2024?

Moeldoko for Presiden 2024?

“Jadi sudah ada dua partai lain untuk mendukung. Dengan Demokrat jadi 3. Sudah lengkap threshold” – Herzaky M. Putra, Kepala Badan Komunikasi dan Strategi (Bakomstra) DPP Partai Demokrat


PinterPolitik.com

Nama Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko memang kini tengah jadi fokus pemberitaan publik. Bukan tanpa alasan, tuduhan yang muncul dari Partai Demokrat bahwa mantan Panglima TNI itu sedang menyusun strategi untuk mengkudeta kepemimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memang mengejutkan banyak pihak.

Pasalnya, berita tersebut muncul tanpa ada hujan dan tanpa ada angin. Sekalipun Moeldoko membantah, namun banyak pihak dari internal Demokrat yang menyebutkan bahwa sang jenderal sedang menyiapkan jalannya menuju Pilpres 2024 sebagai calon presiden. Bahkan, rencananya disebut sudah tersusun rapi.

Wih, sadis juga ya tuduhannya.

Bahkan, Pak Moeldoko disebut-sebut sudah memilah dan memilih kandidat yang akan jadi cawapresnya serta telah menentukan partai yang akan diajak berkoalisi.

Baca Juga: Kuartet Menteri PKB, Nestapa Nasdem?

Nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar adalah dua kandidat cawapresnya. Sementara Nasdem dan PKB disebut-sebut akan menjadi calon koalisi pengusung bersama dengan Demokrat – tentu kalau berhasil dikudeta dan kalau tuduhan kudeta itu benar.

Lagian, informasi yang beredar emang cenderung sumir dan nggak jelas juga sih.

Internal Demokrat menyebutkan bahwa ada kesaksian para kader dari daerah yang dikumpulkan dengan kader aktif dan nonaktif, di sebuah hotel di kawasan Rasuna Said, Kuningan. Dalam pertemuan itu kemudian ada pejabat yang dekat dengan kekuasaan ditelepon untuk datang.  Mereka kemudian berbicara tentang pengambilalihan Partai Demokrat.

Hmm, tapi nih kalau beneran Pak Moeldoko punya keinginan untuk menjadi kandidat di Pilpres 2024, maka ini akan jadi peruntungan serius lagi dari mantan jenderal militer. Dulu ada Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Kemudian ada Prabowo Subianto. Sempat pula muncul Gatot Nurmantyo, walaupun tak begitu mentereng dan berhasil manuver politiknya.

Baca juga :  Mungkinkah Prabowo Tanpa Oposisi?

Dan yang terbaru – kalau benar – tentu saja Moeldoko sendiri. Ini bisa juga jadi manuver yang menarik kalau dukungan kemudian hadir untuk sang jenderal katakanlah dari Presiden Jokowi sendiri. Wih, bakalan ramai nih.

Menarik untuk ditunggu kelanjutannya. (S13)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

#Trending Article

More Stories

Karier Politik Panjang Anies

Karier politik Anies Baswedan akan jadi pertaruhan pasca Pilpres 2024. Setelah kalah, Anies dihadapkan pada pilihan-pilihan untuk membuat dirinya tetap relevan di hadapan publik.

Jebakan di Balik Upaya Prabowo Tambah Kursi Menteri Jadi 40

Narasi revisi Undang-Undang Kementerian Negara jadi salah satu yang dibahas beberapa waktu terakhir.

Budi Gunawan Menuju Menteri Prabowo?

Dengarkan artikel ini: Nama Kepala BIN Budi Gunawan disebut-sebut sebagai salah satu kandidat calon menteri yang “dititipkan” Presiden Jokowi kepada Presiden Terpilih Prabowo Subianto. Hal...