HomeCelotehMisteri Megawati Dikte Putin

Misteri Megawati Dikte Putin

“Putin bilang, ‘welcome, Megawati.’ Datang saya, pulang (ke Indonesia) saya bawa banyak (alutsista),” – Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum PDIP


PinterPolitik.com

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menceritakan pengalamannya saat masih menjabat sebagai Kepala Negara Indonesia periode 2001-2004.

Alkisah, Megawati mendapat undangan dari Presiden Rusia Vladimir Putin untuk datang ke Rusia. Dirinya pun langsung memberikan syarat, yaitu dapat membawa alat utama sistem persenjataan (alutsista) setelah berkunjung dari Rusia.

Mendengar permintaan tersebut, Putin menyambut baik keinginan Megawati dengan syarat khusus tersebut. Dan seperti yang kita ketahui, saat itu Megawati berhasil mendatangkan pesawat Sukhoi Su-27 dan Su-30 yang diperuntukkan bagi TNI AU.

Cerita Megawati tentang Putin dan alutsista secara implisit ingin menggambarkan bagaimana hubungan baik yang sudah lama terawat antara Indonesia dan Rusia. Oh iya, kalau enggak salah Megawati juga pernah diberikan penghargaan Order of Friendship dari Putin loh.

Situasi ini berbanding terbalik dengan hubungan yang terjalin antara Indonesia dengan Amerika Serikat (AS). Dalam cerita yang sama, Megawati mengaku juga pernah meminta alutsista kepada Amerika Serikat dan Inggris. Namun, kedua negara itu tidak menggubris permintaan Megawati.

image 42
Ingin Sukhoi? Panggil Megawati Aja

Anyway, bicara soal alutsista TNI, pastinya isu ini juga punya kaitan dengan Kementerian Pertahanan (Kemenhan) yang saat ini dipimpin oleh Prabowo Subianto. Sepertinya agak kontras dengan Megawati, Menhan Prabowo terlihat mempunyai visi pengadaan alutsista yang cenderung berkiblat ke Barat.

- Advertisement -

Hal ini terbukti dari langkah Kementerian Pertahanan yang menandatangani kontrak kerja sama pembelian enam pesawat tempur generasi 4,5, Dassault Rafale, buatan Prancis. 

Selain itu, Indonesia juga melirik Jet F-15 buatan Amerika Serikat sebanyak 36 unit. Bahkan burung terbang asal Australia juga masuk ke kotak belanja Prabowo, yaitu Jet Tempur bekas Eurofighter Typhoon.

Baca juga :  BBM Naik, Ahok di Mana?

Terkait Eurofighter Typhoon asal Australia. pengamat militer dari ISESS Khairul Fahmi menyebut pembelian itu terkesan aneh, karena pesawat itu bukan hanya bekas tapi juga merupakan generasi tua yang mahal.

Hmm, terlepas dari perbedaan orientasi belanja alutsista, apakah ke AS dan sekutunya ataupun ke Rusia, sekiranya Indonesia perlu memberikan kesempatan kepada alutsista dalam negeri, agar lebih bergairah dalam berinovasi.

Btw, Bu Mega sakti juga ya bisa dikte Putin. AS aja sampai sekarang ngos-ngosan untuk dapat kendalikan Putin. Emang nyata ya The Power of Emak-emak nih. Hehehe. (I76)


spot_img

#Trending Article

Jakarta-Shanghai, Apple to Apple?

“In the long run, your human capital is your main base of competition. Your leading indicator of where you're going to be 20 years...

Ketika Anies Jadi Cover Boy

Baru-baru ini, warga Kota Malang, Jawa Timur, diramaikan oleh kemunculan tabloid-tabloid bergambarkan muka Anies. Anies sukses jadi cover boy?

Dewan Kolonel, Gimmick Duet Puan-Prabowo?

“Pokoknya, Dewan Kolonel ini adalah satu-satunya dengan tujuan mendukung Mbak Puan di 2024. Itu sekali lagi, tentu kami masih menunggu keputusan Bu Megawati siapa...

Anies-AHY, Reuni Kuasa SBY-JK?

“Padahal saat itu SBY dan JK adalah menteri Megawati. Toh pertarungan keras antarkan SBY-JK sukses kalahkan Megawati yang adalah Presiden saat itu,” – Muslim...

Ojol Sejahtera, Janji Tinggal Janji?

“Besar harapan kami, aksi yang kami lakukan dapat diakomodir menjadi diskusi yang baik dan konstruktif, dan dapat menghasilkan kebijakan yang bermanfaat bagi rakyat Indonesia yang berprofesi...

Ridwan Kamil Penuhi Syarat Kaesang?

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) komentari studi soal bubur diaduk vs tidak diaduk. Bagaimana dengan di Istana menurut Kaesang?

Gibran Kok Berani Lawan Jokowi?

Jokowi teken Inpres yang syaratkan penggunaan mobil listrik sebagai mobil dinas . Namun, Wali Kota Solo Gibran sebut Pemkot Solo belum ke sana.

Megawati Perlu ke Pesulap Merah?

Soal usulan nomor urut partai yang tetap di setiap Pemilu, Megawati dituding konsultasi ke dukun. Lebih baik ke Pesulap Merah saja sekalian?

More Stories

Cak Imin Jodohkan Puan-Prabowo?

“Jika ingin menang berbasis bekal elektabilitas ia akan bersama Prabowo. Namun jika ingin menang berdasarkan soliditas mesin partai dan dukungan kekuasaan, Cak Imin akan...

Rocky Gerung Belok ke Istana?

“Jadi saya awalnya itu nanya ngapain ketemu saya, di kalangan Istana saya dibenci. Dia merasa dia anak muda yang ingin tidak terlalu terpengaruh dengan...

Prabowo Siap Di-ospek?

“Pertanyaannya adalah, (kampanye) boleh dilakukan di mana saja? Di mana saja sepanjang ada pemilih, itu boleh kampanye pada prinsipnya, termasuk di dalam kampus, di...