HomeCelotehMenyoal Kaget Ma’ruf ke Jokowi

Menyoal Kaget Ma’ruf ke Jokowi

Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin disebut kaget setelah Peraturan Presiden (Perpres) No. 10 Tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal yang mengizinkan investasi minuman beralkohol – atau minuman keras (miras) – diteken oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).


PinterPolitik.com

Bukan demokrasi namanya kalau jalannya pemerintahan suatu negara terasa hening dan damai. Justru, kunci dari sebuah demokrasi sendiri adalah pertukaran dan ekspresi gagasan dan ide yang bisa dilakukan tanpa intervensi dari pemegang kekuasaan.

Nah, fungsi demokrasi satu ini tampaknya, ehem, masih berjalan di Indonesia. Pasalnya, setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) No. 10 Tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal, berbagai suara kritik dan keberatan mulai bermunculan tuh.

Lhagimana nggak? Perpres tersebut dikabarkan membuka kran investasi untuk sejumlah sektor yang berkaitan dengan minuman beralkohol – atau minuman keras (miras) – di empat provinsi, yakni Bali, Sulawesi Utara (Sulut), Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Papua. Hmm, biasalah. Ini kan isu sensitif buat kebanyakan masyarakat Indonesia.

Salah satu kritik datang dari PKS nih. Politikus PKS Mardani Ali Sera menyebutkan kalau miras memiliki banyak mudharat yang justru malah menghambat visi pengembangan sumber daya manusia (SDM) ala Jokowi.

Terlepas dari polemik itu, uniknya nih, sorotan publik tidak hanya mengarah ke Pak Jokowi, melainkan juga ke Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin. Banyak lho warganet yang nanyain kenapa Pak Ma’ruf sebagai ulama besar tidak mencegah Pepres tersebut.

Hmm, menanggapi sorotan para warganet ini, akhirnya Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi angkat bicara nih. Kata beliau nih, Pak Kiai Ma’ruf sendiri juga kaget lho karena nggak dilibatkan dalam pembahasan peraturan tersebut.

Baca juga :  Giliran Jokowi Tidak Didengar?
- Advertisement -

Baca Juga: Ma’ruf Amin Makin Terus Terpuruk

Jokowi Investasi Miras Perpres 10 2021

Hmm, kasihan dong Pak Ma’ruf sampai harus kaget tuh. Semoga aja Pak Ma’ruf nggak stress lah gara-gara kaget giniHuhu.

Tapi nih, menariknya, Pak Ma’ruf sepertinya udah melalui perkembangan nih. Soalnya, Pak Kiai kayak-nya udah nggak away from keyboard (AFK) lagi nih. Kata Pak Masduki, kagetnya Pak Ma’ruf ini setelah mengetahui banyaknya komentar dari para warganet. Udah literally nggak AFK dongHehe.

Ya, meskipun Pak Ma’ruf udah nggak AFK, sepertinya Pak Wapres masih juga away from seseorang nih, yakni Presiden Jokowi. Hmm, mungkin Pak Ma’ruf sekarang malah AFJ (away from Jokowinih ya?

Hmm, kasihan sih Pak Wapres. Soal Perpres ini, misalnya, Pak Ma’ruf nggak dilibatkan. Di sisi lain, Pak Jokowi juga sempat lupa menyebutkan Pak Wapres dalam salah rapat kabinet lhoWah, mengapa ada jarak di antara Pak Jokowi dan Pak Ma’ruf ya? Huhu. Apakah ini akibat kelamaan social distancing?

Ya, terlepas dari itu semua, semoga aja Pak Ma’ruf dan Pak Jokowi tetap bisa menjalankan tugas dan mengemban aspirasi dari rakyat Indonesia dengan baik lah. Nanti kalau pemimpinnya kagetangimana rakyatnya? Bukan begitu. Hehe. (A43)

Baca Juga: Ada Yang Menyandung Ma’ruf Amin?


► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

- Advertisement -

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

spot_img

#Trending Article

Mampukah Gus Yahya “Jatuhkan” Cak Imin?

Menurut Direktur Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno, untuk pertama kalinya dalam sejarah terjadi hubungan yang tidak mesra antara PKB dengan PBNU. Jika ketegangan terus...

Joe Biden Menginspirasi Prabowo?

Cucu pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asyari, KH Irfan Yusuf Hakim (Gus Irfan), menyebut KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) pernah berucap bahwa Prabowo...

Jokowi Dijutekin Biden?

Ketika mendarat di Washington DC, Amerika Serikat (AS), tidak ada pejabat tinggi AS yang menyambut Presiden Jokowi. Mungkinkah sang RI-1 tengah tidak dihiraukan atau...

Jakarta-Shanghai, Apple to Apple?

“In the long run, your human capital is your main base of competition. Your leading indicator of where you're going to be 20 years...

Mengapa Jokowi Merasa Kesepian?

Rocky Gerung menyebut batin Jokowi kini tengah kesepian kala momen Hari Raya Idulfitri 1443H. Mengapa Jokowi merasa kesepian?

Megawati sang Profesor

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menerima gelar profesor kehormatan dari Seoul Institute of The Arts (SIA), Korea Selatan. Apakah ini menunjukkan Megawati seorang politisi...

Kenapa Megawati Singgung BTS?

Ketika menerima gelar profesor kehormatan dari Seoul Institute of the Arts (SIA) Korea Selatan (Korsel), Megawati Soekarnoputri menyebut tidak ingin kalah dari cucunya yang...

Mencari Capres Ganteng ala Puan

Ketua DPR RI Puan Maharani sindir soal sosok capres potensial yang dapat dukungan karena ganteng. Siapa capres ganteng yang dimaksud Puan?

More Stories

“Permainan Bahasa” Anies Ganggu PDIP?

PDIP dan PSI persoalkan penamaan Jakarta International Stadium (JIS) yang gunakan Bahasa Inggris. Apakah ini permainan bahasa Anies vs PDIP?

Cak Imin Bisa “Tenggelam”?

Politikus PKB Umar Hasibuan sebut soal kemungkinan ancaman pembajakan terhadap PKB. Bila terjadi, mungkinkah Cak Imin bisa makin tenggelam?

Elon Musk: The New “Bill Gates”?

Nama CEO SpaceX dan Tesla Elon Musk disorot media usai beli penuh Twitter. Kini, Musk baru saja bertemu Jokowi. Apakah Musk "Bill Gates" baru?