Support Us

Available for Everyone, funded by readers

Contribute
E-Book
Home > Celoteh > Mengapa BIN Jadi Target Peretasan?

Mengapa BIN Jadi Target Peretasan?


A43 - Thursday, September 16, 2021 20:00
Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan tiba di Gedung DPR untuk melaksanakan rapat kerja bersama Komisi I DPR pada 8 Februari 2021 lalu. (Foto: Okezone)

0 min read

Badan Intelijen Negara (BIN) bersama 10 kementerian/lembaga (K/L) lainnya diduga menjadi sasaran peretasan oleh kelompok peretas asal Tiongkok yang bernama Mustang Panda. Mengapa BIN menjadi sasaran peretasan oleh kelompok tersebut?


PinterPolitik.com

MISSION TOO-POSSIBLE: JAKARTA INFILTRATION


2021, Action/Sci-Fi




WHAT TO KNOW

CRITICS CONSENSUS: Alur cerita (plot) dalam film ini dinilai tidak memiliki klimaks yang berdampak (anti-klimaks). Jalan cerita terkesan dibuat terlalu mudah dan cepat tanpa menyertakan konflik yang berarti. Upaya peretasan Mustang Panda, misalnya, berjalan tanpa pencegahan dan perlawanan yang berarti.

MOVIE INFO

Seorang agen Tiongkok (Xi) diberi misi untuk mencari informasi intelijen mengenai posisi Indonesia dalam berbagai aspek kebijakan, termasuk soal sengketa Laut China Selatan (LCS). Untuk mewujudkan misinya, Xi akhirnya bergabung dengan sebuah kelompok peretas yang dikenal sebagai Mustang Panda.

Upaya untuk menggali informasi terkait pemerintah Indonesia itu dilakukan Mustang Panda dengan meretas dan menyebarkan sebuah spyware yang disebut dengan Thanos. Badan Intelijen Negara (BIN) dan sejumlah 10 kementerian/lembaga lainnya menjadi sasaran operasi.

Mulanya, Xi menghadapi banyak tantangan. Salah satunya datang dari lembaga pengawas non-pemerintahan yang bernama Insikt Group. Xi pun berusaha agar Thanos tidak mudah ditemukan oleh Insikt Group.

Namun, upaya Xi pun gagal. Insikt Group berhasil melacak keberadaan Thanos dan menghidupkan alarm darurat agar pemerintah di Jakarta sadar akan serangan siber (cyberattack) tersebut.

Meski begitu, Insikt Group merasa tidak diindahkan walaupun sudah memberi alarm sebanyak dua kali. Akibatnya, Xi pun bisa menjalankan misinya dengan tanpa gangguan dari Jakarta.

Di ujung film, Xi akhirnya menyadari bahwa pemerintah Indonesia tidak memiliki regulasi yang pasti mengenai keamanan siber dan data di ruang internet. Thanos akhirnya bisa masuk ke banyak komputer pemerintahan berkat upaya Mustang Panda.

Rating: Dewasa
Genre: Action, Sci-Fi
Original Language: Bahasa Indonesia
Director: Budi Gunawan; Hinsa Siburian
Release Date: (N/A)
Distributor Badan Intelijen Negara (BIN); Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN)

CAST & CREW

CRITIC REVIEWS FOR MISSION TOO-POSSIBLE: JAKARTA INFILTRATION

(A43)


Baca Juga: Kenapa BIN Menjadi Terbuka?

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

Berita Terkait