HomeCelotehMencari Menteri ‘M’ Reshuffle Jokowi

Mencari Menteri ‘M’ Reshuffle Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan segera melakukan reshuffle terhadap formasi Kabinet Indonesia Maju. Muncul rumor bahwa nama menteri yang terdampak adalah sosok yang berinisial ‘M’. Siapakah Menteri ‘M’ tersebut?


PinterPolitik.com

Dalam dunia sepak bola, formasi merupakan salah satu faktor yang menentukan kemenangan sebuah tim. Biasanya nih, sang manajer akan mengatur siapa saja yang akan dikerahkan untuk menembus perlindungan lawan dan membuahkan gol-gol yang paling dinantikan.

Biasanya nih, sang manajer tim akan mengatur strategi dan taktik guna mewujudkan gol-gol tersebut. Selain itu, formasi pertahanan juga menjadi salah satu faktor yang harus dipertimbangkan.

Selama permainan berlangsung, strategi yang digunakan oleh sang manajer tim juga bersifat dinamis tuh. Bila situasi memaksa, manajer tim akan melakukan substitusi pemain tuh agar peruntungan kembali pada timnya.

Salah satu contoh nyata dari pentingnya substitusi ini mungkin paling terlihat dalam pertandingan final UEFA Champions League 1999 antara Manchester United (MU) dan Bayern Munich. Kala itu tuh, MU tertinggal skor 0-1 dari Bayern Munich.

Namun, situasi permainan langsung berubah ketika sebuah substitusi dilakukan oleh pihak MU. Kala itu, Ole Gunnar Solsjkær merumput dan memberikan gol yang menjadi penentu di menit-menit injury time lho. Alhasil, meski sebelumnya ketinggalan skor, MU mampu menyusul dan membalikkan posisi dengan memenangkan piala tahun tersebut.

Mungkin nih, pentingnya substitusi semacam ini nggak hanya ada dalam dunia sepak bola nih, melainkan juga dunia pemerintahan dan politik. Soalnya nih, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan melakukan reshuffle terhadap formasi Kabinet Indonesia Maju dalam waktu dekat ini lho.

- Advertisement -

Baca Juga: Misteri Rabu dan Reshuffle Jokowi

Misteri Menteri M

Hmm, mungkin nggak nih reshuffle kali ini bakal dilakukan pada hari Rabu lagi? Kan, udah biasa tuh Pak Jokowi melakukan kegiatan dan aktivitas penting pada hari Rabu yang dianggap lebih sakral. Bahkan, Pak Jokowi udah lima kali lho reshuffle dan pelantikan pada hari Rabu.

Baca juga :  Mampukah Gus Yahya “Jatuhkan” Cak Imin?

Mungkin nih, Pak Jokowi bisa meniru Najwa Shihab (Nana) tuh. Mbak Nana kan dulu selalu menjadikan hari Rabu sebagai Hari Raya Rindu tuh. Apa perlu Pak Presiden juga membuat Hari Raya Reshuffle setiap hari Rabu juga? Hehe.

Ya, meskipun Pak Jokowi ini udah biasa ngelakuin reshuffle pada hari Rabu, bukan nggak mungkin pengumuman selanjutnya bakal bikin berdebar-debar tuh, khususnya mereka-mereka yang berinisial ‘M’ nih. Soalnya nih, dengar-dengar kabar dari elite PKB, menteri yang bakal kena reshuffle ada menteri dengan nama demikian.

Hmm, ada beberapa sih yang namanya ‘M’. Di antaranya nih, ada Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi, dan Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko.

Wah wah, bisa tidur nyenyak nggak tuh mereka-mereka di malam Rabu ini? Jangan sampailah nanti malah kebawa ke mimpi – malah jadi mimpi buruk tuh.

Hmmmimin kayak-nya tahu deh siapa Menteri ‘M’ ini. Setidaknya, mimin bisa nyebutin beberapa nih, yakni Menteri “Misterius”, Menteri “Memusingkan”, dan Menteri “Membingungkan”. Hehe. Kan, siapa tahu itu jadi penyebab-penyebab yang mendorong Pak Jokowi untuk reshuffle?

Ya, terlepas dari siapa Menteri ‘M’ ini, mimin sih berharap timnya Pak Jokowi bisa tuh memberikan comeback yang epic bagi masyarakat nanti kalau sudah terpilih nama-nama baru. Kita tunggu sabar aja nih menyongsong hari Rabu. Hehe. (A43)

- Advertisement -

Baca Juga: Ada Biden di Reshuffle Jokowi?


► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

Baca juga :  Jokowi Dijutekin Biden?
spot_img

#Trending Article

Mampukah Gus Yahya “Jatuhkan” Cak Imin?

Menurut Direktur Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno, untuk pertama kalinya dalam sejarah terjadi hubungan yang tidak mesra antara PKB dengan PBNU. Jika ketegangan terus...

Joe Biden Menginspirasi Prabowo?

Cucu pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asyari, KH Irfan Yusuf Hakim (Gus Irfan), menyebut KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) pernah berucap bahwa Prabowo...

Jokowi Dijutekin Biden?

Ketika mendarat di Washington DC, Amerika Serikat (AS), tidak ada pejabat tinggi AS yang menyambut Presiden Jokowi. Mungkinkah sang RI-1 tengah tidak dihiraukan atau...

Jakarta-Shanghai, Apple to Apple?

“In the long run, your human capital is your main base of competition. Your leading indicator of where you're going to be 20 years...

Mengapa Jokowi Merasa Kesepian?

Rocky Gerung menyebut batin Jokowi kini tengah kesepian kala momen Hari Raya Idulfitri 1443H. Mengapa Jokowi merasa kesepian?

Megawati sang Profesor

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menerima gelar profesor kehormatan dari Seoul Institute of The Arts (SIA), Korea Selatan. Apakah ini menunjukkan Megawati seorang politisi...

Kenapa Megawati Singgung BTS?

Ketika menerima gelar profesor kehormatan dari Seoul Institute of the Arts (SIA) Korea Selatan (Korsel), Megawati Soekarnoputri menyebut tidak ingin kalah dari cucunya yang...

Mencari Capres Ganteng ala Puan

Ketua DPR RI Puan Maharani sindir soal sosok capres potensial yang dapat dukungan karena ganteng. Siapa capres ganteng yang dimaksud Puan?

More Stories

Cak Imin Bisa “Tenggelam”?

Politikus PKB Umar Hasibuan sebut soal kemungkinan ancaman pembajakan terhadap PKB. Bila terjadi, mungkinkah Cak Imin bisa makin tenggelam?

Elon Musk: The New “Bill Gates”?

Nama CEO SpaceX dan Tesla Elon Musk disorot media usai beli penuh Twitter. Kini, Musk baru saja bertemu Jokowi. Apakah Musk "Bill Gates" baru?

Megawati: Mega-Diplomat untuk Korsel?

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri hadiri pelantikan dan bertemu Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol. Apakah Megawati adalah Mega-Diplomat?