Support Us

Available for Everyone, funded by readers

Contribute
E-Book
Home > Celoteh > Mencari Menteri ‘M’ Reshuffle Jokowi

Mencari Menteri ‘M’ Reshuffle Jokowi


A43 - Tuesday, April 20, 2021 20:00
Presiden Joko Widodo (Jokowi) ketika bersiap-siap untuk memberikan keterangan pers di Istana Merdeka, Jakarta, pada Juni 2020 lalu. (Foto: Antara)

0 min read

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan segera melakukan reshuffle terhadap formasi Kabinet Indonesia Maju. Muncul rumor bahwa nama menteri yang terdampak adalah sosok yang berinisial ‘M’. Siapakah Menteri ‘M’ tersebut?


PinterPolitik.com

Dalam dunia sepak bola, formasi merupakan salah satu faktor yang menentukan kemenangan sebuah tim. Biasanya nih, sang manajer akan mengatur siapa saja yang akan dikerahkan untuk menembus perlindungan lawan dan membuahkan gol-gol yang paling dinantikan.

Biasanya nih, sang manajer tim akan mengatur strategi dan taktik guna mewujudkan gol-gol tersebut. Selain itu, formasi pertahanan juga menjadi salah satu faktor yang harus dipertimbangkan.

Selama permainan berlangsung, strategi yang digunakan oleh sang manajer tim juga bersifat dinamis tuh. Bila situasi memaksa, manajer tim akan melakukan substitusi pemain tuh agar peruntungan kembali pada timnya.

Salah satu contoh nyata dari pentingnya substitusi ini mungkin paling terlihat dalam pertandingan final UEFA Champions League 1999 antara Manchester United (MU) dan Bayern Munich. Kala itu tuh, MU tertinggal skor 0-1 dari Bayern Munich.

Namun, situasi permainan langsung berubah ketika sebuah substitusi dilakukan oleh pihak MU. Kala itu, Ole Gunnar Solsjkær merumput dan memberikan gol yang menjadi penentu di menit-menit injury time lho. Alhasil, meski sebelumnya ketinggalan skor, MU mampu menyusul dan membalikkan posisi dengan memenangkan piala tahun tersebut.

Mungkin nih, pentingnya substitusi semacam ini nggak hanya ada dalam dunia sepak bola nih, melainkan juga dunia pemerintahan dan politik. Soalnya nih, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan melakukan reshuffle terhadap formasi Kabinet Indonesia Maju dalam waktu dekat ini lho.

Baca Juga: Misteri Rabu dan Reshuffle Jokowi

Misteri Menteri M

Hmm, mungkin nggak nih reshuffle kali ini bakal dilakukan pada hari Rabu lagi? Kan, udah biasa tuh Pak Jokowi melakukan kegiatan dan aktivitas penting pada hari Rabu yang dianggap lebih sakral. Bahkan, Pak Jokowi udah lima kali lho reshuffle dan pelantikan pada hari Rabu.

Mungkin nih, Pak Jokowi bisa meniru Najwa Shihab (Nana) tuh. Mbak Nana kan dulu selalu menjadikan hari Rabu sebagai Hari Raya Rindu tuh. Apa perlu Pak Presiden juga membuat Hari Raya Reshuffle setiap hari Rabu juga? Hehe.

Ya, meskipun Pak Jokowi ini udah biasa ngelakuin reshuffle pada hari Rabu, bukan nggak mungkin pengumuman selanjutnya bakal bikin berdebar-debar tuh, khususnya mereka-mereka yang berinisial ‘M’ nih. Soalnya nih, dengar-dengar kabar dari elite PKB, menteri yang bakal kena reshuffle ada menteri dengan nama demikian.

Hmm, ada beberapa sih yang namanya ‘M’. Di antaranya nih, ada Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi, dan Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko.

Wah wah, bisa tidur nyenyak nggak tuh mereka-mereka di malam Rabu ini? Jangan sampailah nanti malah kebawa ke mimpi – malah jadi mimpi buruk tuh.

Hmm, mimin kayak-nya tahu deh siapa Menteri ‘M’ ini. Setidaknya, mimin bisa nyebutin beberapa nih, yakni Menteri “Misterius”, Menteri “Memusingkan”, dan Menteri “Membingungkan”. Hehe. Kan, siapa tahu itu jadi penyebab-penyebab yang mendorong Pak Jokowi untuk reshuffle?

Ya, terlepas dari siapa Menteri ‘M’ ini, mimin sih berharap timnya Pak Jokowi bisa tuh memberikan comeback yang epic bagi masyarakat nanti kalau sudah terpilih nama-nama baru. Kita tunggu sabar aja nih menyongsong hari Rabu. Hehe. (A43)

Baca Juga: Ada Biden di Reshuffle Jokowi?


► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

Berita Terkait