HomeCelotehMahfud MD, Gusdurian Sejati?

Mahfud MD, Gusdurian Sejati?

“Saya akan lebih berterima kasih lagi kalau FPI dibubarkan. Saya minta agar FPI dibubarkan” – Abdurrahman Wahid, Presiden keempat Indonesia


PinterPolitik.com

Masa lampau memang kerap jadi pengingat bagi kita di masa kini dan masa mendatang. Biasanya nih, dari sejarah juga kita belajar akan kesalahan dan kesuksesan untuk menyongsong masa depan.

Tidak jarang, masa lalu juga jadi inspirasi bagi kita semua di masa kini. Kejayaan masa lalu, misalnya, bisa aja jadi dasar inspirasi bagi mereka yang hidup di masa kini lho.

Memori masa lalu seperti ini tampaknya tengah menjadi inspirasi bagi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD akhir-akhir ini. Gimana nggak? Pak Mahfud kemarin tampil mengumumkan pelarangan Front Pembela Islam (FPI) lho.

Wah, kenapa ya kok berhubungan dengan memori masa lalu? Soalnya nih, kalau diingat-ingat kembali, Presiden keempat Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dulu juga pernah punya keinginan yang sama lho, yakni untuk membubarkan FPI.

Ya, gimana nggak ingin nge-bubar-in? Gus Dur dan kelompoknya dulu sering lho adu pandangan dengan FPI. Presiden keempat itu juga bercerita kalau dirinya sejak awal – tepatnya sejak 15 tahun lalu – ingin membubarkan organisasi tersebut.

Baca Juga: Strategi Cyberpunk ala Mahfud MD

Resmi FPI Ormas Terlarang

Pada tahun 2008 silam ketika terjadi Insiden Monas – penyerangan FPI terhadap Aliansi Kebangsaan dan Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan (AKKBB), misalnya, Gus Dur meminta agar para penyerang diproses hukum.

Hmm, mungkin nih, keinginan Gus Dur inilah yang akhirnya menginspirasi Mahfud dan pemerintah sekarang. Kan, kita tahu kalau Pak Mahfud dulu dekat dengan Gus Dur. Sebaliknya, Pemimpin FPI Habib Rizieq Shihab (HRS) malah mengejek kembali Presiden keempat tersebut.

Baca juga :  Anies-Ganjar dan Mereka yang "Geruduk" MK

Ketika Gus Dur menjabat sebagai presiden, misalnya, Pak Mahfud sempat menjadi Menteri Pertahanan (Menhan) meski sejumlah pihak tidak sepakat. Bahkan, setelah lengser, Pak Menko Polhukam juga terbilang dekat lho dengan Gus Dur.

Menariknya lagi nih, pengumuman pembubaran FPI kemarin ini dilaksanakan pada tanggal 30 Desember – tanggal ketika Gus Dur meninggal dunia pada tahun 2009 silam. Wah, apa mungkin ini menjadi semakin tribute to Gus Dur dari Pak Mahfud ya? Hmm. (A43)

Baca Juga: Mahfud MD dan Jawaban Polisi Siber

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutna
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

#Trending Article

More Stories

Puan Maharani ‘Reborn’?

Puan Maharani dinilai tetap mampu pertahankan posisinya sebagai ketua DPR meski sempat bergulir wacana revisi UU MD3. Inikah Puan 'reborn'?

Kenapa PDIP PDKT ke Khofifah?

PDIP berusaha merayu dan mendekat ke Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Mengapa PDIP memutuskan untuk PDKT ke Khofifah?

Kenapa Xi Jinping Undang Prabowo?

Presiden Tiongkok Xi Jinping mengundang presiden terpilih, Prabowo Subianto, ke Beijing, RRT. Kenapa strategis bagi Xi untuk undang Prabowo?