HomeCelotehMahfud MD, Gusdurian Sejati?

Mahfud MD, Gusdurian Sejati?

“Saya akan lebih berterima kasih lagi kalau FPI dibubarkan. Saya minta agar FPI dibubarkan” – Abdurrahman Wahid, Presiden keempat Indonesia


PinterPolitik.com

Masa lampau memang kerap jadi pengingat bagi kita di masa kini dan masa mendatang. Biasanya nih, dari sejarah juga kita belajar akan kesalahan dan kesuksesan untuk menyongsong masa depan.

Tidak jarang, masa lalu juga jadi inspirasi bagi kita semua di masa kini. Kejayaan masa lalu, misalnya, bisa aja jadi dasar inspirasi bagi mereka yang hidup di masa kini lho.

Memori masa lalu seperti ini tampaknya tengah menjadi inspirasi bagi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD akhir-akhir ini. Gimana nggak? Pak Mahfud kemarin tampil mengumumkan pelarangan Front Pembela Islam (FPI) lho.

Wah, kenapa ya kok berhubungan dengan memori masa lalu? Soalnya nih, kalau diingat-ingat kembali, Presiden keempat Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dulu juga pernah punya keinginan yang sama lho, yakni untuk membubarkan FPI.

Ya, gimana nggak ingin nge-bubar-in? Gus Dur dan kelompoknya dulu sering lho adu pandangan dengan FPI. Presiden keempat itu juga bercerita kalau dirinya sejak awal – tepatnya sejak 15 tahun lalu – ingin membubarkan organisasi tersebut.

Baca Juga: Strategi Cyberpunk ala Mahfud MD

Resmi FPI Ormas Terlarang
- Advertisement -

Pada tahun 2008 silam ketika terjadi Insiden Monas – penyerangan FPI terhadap Aliansi Kebangsaan dan Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan (AKKBB), misalnya, Gus Dur meminta agar para penyerang diproses hukum.

Hmm, mungkin nih, keinginan Gus Dur inilah yang akhirnya menginspirasi Mahfud dan pemerintah sekarang. Kan, kita tahu kalau Pak Mahfud dulu dekat dengan Gus Dur. Sebaliknya, Pemimpin FPI Habib Rizieq Shihab (HRS) malah mengejek kembali Presiden keempat tersebut.

Baca juga :  PDIP Bakal Gabung KIB?

Ketika Gus Dur menjabat sebagai presiden, misalnya, Pak Mahfud sempat menjadi Menteri Pertahanan (Menhan) meski sejumlah pihak tidak sepakat. Bahkan, setelah lengser, Pak Menko Polhukam juga terbilang dekat lho dengan Gus Dur.

Menariknya lagi nih, pengumuman pembubaran FPI kemarin ini dilaksanakan pada tanggal 30 Desember – tanggal ketika Gus Dur meninggal dunia pada tahun 2009 silam. Wah, apa mungkin ini menjadi semakin tribute to Gus Dur dari Pak Mahfud ya? Hmm. (A43)

Baca Juga: Mahfud MD dan Jawaban Polisi Siber

spot_img

#Trending Article

Jakarta-Shanghai, Apple to Apple?

“In the long run, your human capital is your main base of competition. Your leading indicator of where you're going to be 20 years...

Mantra “Yakusa” Mahfud Buat Anies?

“Siap hadir ke arena Munas Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI). Yakin usaha sampai (Yakusa) untuk membangun insan cita HMI” –   Mahfud MD,...

PDIP Takut Jokowi “Dijilat”?

“PDI Perjuangan mengimbau kepada ring satu Presiden Jokowi agar tidak bersikap asal bapak senang (ABS) dan benar-benar berjuang keras bahwa kepemimpinan Pak Jokowi yang kaya...

Membaca Pengaruh Jokowi di 2024

Lontaran ciri-ciri pemimpin yang pikirkan rakyat seperti kerutan dan rambut putih dari Jokowi jadi perbincangan. Inikah cara Jokowi relevan di 2024?

Jokowi dan Misteri Rambut Putih

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebut pemimpin yang pikirkan rakyat punya rambut warna putih. Siapa yang dimaksud oleh Jokowi?

Saatnya Jokowi Tinggalkan Relawan “Toxic”?

“Kita gemes, Pak, ingin melawan mereka. Kalau mau tempur lapangan, kita lebih banyak” –  Benny Rhamdani, Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI)  PinterPolitik.com Si vis...

Saatnya Ganjar Balas Jasa Puan?

“Ganjar itu jadi Gubernur (Jateng) jangan lupa, baik yang pertama dan kedua itu, justru panglima perangnya Puan Maharani,” –   Said Abdullah, Ketua DPP...

PDIP Bakal Gabung KIB?

“Jadi warnanya tidak jauh dari yang ada di bola ini (Al Rihla)” – Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Golkar PinterPolitik.com Demam Piala Dunia 2022 Qatar rupanya...

More Stories

Zulhas dan Bisnis Jastip Menjanjikan

Nama Mendag Zulkifli Hasan (Zulhas) disebutkan Prof. Karomani soal kasus penitipan mahasiswa baru di Universitas Lampung (Unila).

PDIP vs Relawan Jokowi, Rebutan GBK?

Usai acara Gerakan Nusantara Bersatu di GBK, PDIP tampak tidak terima relawan Jokowi bisa pakai GBK. Mengapa GBK jadi semacam rebutan?

Membaca Pengaruh Jokowi di 2024

Lontaran ciri-ciri pemimpin yang pikirkan rakyat seperti kerutan dan rambut putih dari Jokowi jadi perbincangan. Inikah cara Jokowi relevan di 2024?