HomeCelotehLuhut Butuh Sosok "Steve Jobs"?

Luhut Butuh Sosok “Steve Jobs”?

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengeluhkan rumitnya sistem One Single Submission (OSS) yang digunakan untuk mengajukan permohonan izin usaha dan bisnis. Saking rumitnya, Luhut yakin Bill Gates dan Steve Jobs (bila dibangitkan) tidak akan bisa menyelesaikannya.


PinterPolitik.com

“Ini saya sudah mendaftarkan pengajuan izin untuk bisnis, tapi kok sampai sekarang masih belum selesai-selesai ya prosesnya?” dengar Lihit memasuki ruangan operator sebuah sistem yang dikenal sebagai One Single Submission (OSS). Tentu saja, bagi Lihit yang mengurusi persoalan investasi di negeri Nusantara dalam alternate universe Bumi-45, ini merupakan persoalan serius.

Lihit akhirnya melakukan berbagai cara yang memungkinkan agar bisa menyelesaikan persoalan OSS ini. Namun, ia tidak juga berhasil memperbaiki persoalan OSS yang sangat rumit ini.

Dengan pilihan yang sulit, Lihit pun mendatangi Orochimaru yang terkenal sebagai sannin yang mampu menjalankan jurus edo tensei – membangkitkan mereka yang telah mati. Bagi Lihit, menemui orang-orang yang jenius di bidang teknologi merupakan salah satu solusi yang pasti. 

Siapa tahu, dari situ, bisa terjadi transfer teknologi ke masyarakat negeri Nusantara? Bukan begitu?

Singkat cerita, Orochimaru pun setuju untuk membantu Lihit. Sambil ditemani oleh Bill Gerbang, Lihit pun menyaksikan kebangkitan sejumlah pakar teknologi yang sudah meninggal, seperti Steve Pekerjaan dan Alan Touring.

Steve: Hah? Di mana aku? 

- Advertisement -

Alan: Iya. Di mana ini? 

Orochimaru: Kalian ada di gua markasku. Di sini, ada pria yang ingin meminta bantuan kalian.

Lihit: Halo, bapak-bapak sekalian. Boleh minta waktunya sebentar untuk saya jelaskan?

infografis kedaulatan pada big data

Steve: Oh, tidak usah, Pak. Saya udah punya…

Bill: Hush! Ini bukan mbak-mbak yang mau jelasin produk kartu bank.

Baca juga :  Elon Musk, Si Sahabat Tiongkok?

Steve: Bill? Apakah itu kau?

Alan: Oh, bukan ya? Tapi, saya bisa merasakan ada persoalan yang mendalam di balik bapak ini.

Lihit: Benar, Pak Alan. Saya butuh bantuan bapak-bapak sekalian untuk memecahkan persoalan OSS. 

- Advertisement -

Steve: Pakai MacOS saja, Pak. Lebih simple dan userfocused.

Bill: Yeeh, bagusan Windows lah. Lagipula, bukan OS yang itu yang dimaksud.

Alan: Mungkin, persoalannya harus dipecahkan dulu teka-tekinya. Saya butuh komputer Enigma saya. Dengan mesin itu, saya bisa membantu Inggris buat menang Perang Dunia II lho.

Steve: Hmm, tua juga ya bapak ini.

Alan: Itu logo Apple terinspirasi dari apel yang saya makan, kan? Jangan sok gitu lah.

Lihit: Sudah, sudah. Saya sudah bisa merasakan kalau kalian juga nggak bakal bisa menyelesaikan persoalan OSS ini. Lagipula, kami sudah punya solusi lain, yakni Ciptaker.

Bill, Steve, & Alan: Hah? Apa itu Ciptaker? Apakah teknologi itu lebih mutakhir dibandingkan Enigma, Mac, atau Windows PC?

Lihit: Wah, canggih itu. Sampai-sampai itu dibilang sapu jagat. Apapun bisa disapu.

The End.

(A43)

spot_img

#Trending Article

Mampukah Gus Yahya “Jatuhkan” Cak Imin?

Menurut Direktur Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno, untuk pertama kalinya dalam sejarah terjadi hubungan yang tidak mesra antara PKB dengan PBNU. Jika ketegangan terus...

Joe Biden Menginspirasi Prabowo?

Cucu pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asyari, KH Irfan Yusuf Hakim (Gus Irfan), menyebut KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) pernah berucap bahwa Prabowo...

Jokowi Dijutekin Biden?

Ketika mendarat di Washington DC, Amerika Serikat (AS), tidak ada pejabat tinggi AS yang menyambut Presiden Jokowi. Mungkinkah sang RI-1 tengah tidak dihiraukan atau...

Jakarta-Shanghai, Apple to Apple?

“In the long run, your human capital is your main base of competition. Your leading indicator of where you're going to be 20 years...

Mengapa Jokowi Merasa Kesepian?

Rocky Gerung menyebut batin Jokowi kini tengah kesepian kala momen Hari Raya Idulfitri 1443H. Mengapa Jokowi merasa kesepian?

Megawati sang Profesor

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menerima gelar profesor kehormatan dari Seoul Institute of The Arts (SIA), Korea Selatan. Apakah ini menunjukkan Megawati seorang politisi...

Kenapa Megawati Singgung BTS?

Ketika menerima gelar profesor kehormatan dari Seoul Institute of the Arts (SIA) Korea Selatan (Korsel), Megawati Soekarnoputri menyebut tidak ingin kalah dari cucunya yang...

Mencari Capres Ganteng ala Puan

Ketua DPR RI Puan Maharani sindir soal sosok capres potensial yang dapat dukungan karena ganteng. Siapa capres ganteng yang dimaksud Puan?

More Stories

Elon Musk: The New “Bill Gates”?

Nama CEO SpaceX dan Tesla Elon Musk disorot media usai beli penuh Twitter. Kini, Musk baru saja bertemu Jokowi. Apakah Musk "Bill Gates" baru?

Megawati: Mega-Diplomat untuk Korsel?

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri hadiri pelantikan dan bertemu Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol. Apakah Megawati adalah Mega-Diplomat?

Mencari Capres Ganteng ala Puan

Ketua DPR RI Puan Maharani sindir soal sosok capres potensial yang dapat dukungan karena ganteng. Siapa capres ganteng yang dimaksud Puan?