HomeCelotehJokowi Was-Was 2021 Ganti Presiden?

Jokowi Was-Was 2021 Ganti Presiden?

“RR yg rational sering diberi nasehat Gus Dur: ‘Ada banyak hal diluar rasionalitas (beyond rationality)’. Buat RR sulit percaya dengan ramalan ini. Tapi kok indikasi riilnya ngarah?” – Rizal Ramli, ekonom senior


PinterPolitik.com

Ramalan. Bukan lamaran loh ya. Ini beda posisi huruf “L” dan “R”. Ibarat kalau main PlayStation, tombol kiri dan kanan alias R dan L nya nggak boleh ketuker.

Tapi, ramalan soal lamaran boleh juga tuh, buat kamu yang berharap-harap cemas soal kepastian hubunganmu dengan si dia yang belakangan pas mulai Covid-19 mulai sulit bertemu. Eaaa eaaa. Hehehe. Ini tulisan tentang apaan sih. Uppps.

Ah ya, ramalan.

Bagi orang-orang yang menyubut dirinya “super rasional”, ramalan adalah kemustahilan karena waktu bergerak linear dan tak ada yang bisa memprediksi sesuatu yang akan terjadi di masa depan. Kecuali orang itu Gamamaru alias tetua katak yang ada di serial Naruto Shippuden. Doi emang diceritakan sakti karena bisa meramal soal masa depan.

Baca Juga: Huawei, Rintangan Jokowi dan Biden?

Sedangkan, bagi orang-orang yang percaya tentang metafisik, atau kekuatan-kekuatan transendental, ramalan adalah sebuah keniscayaan. Di dalam agama misalnya, sangat banyak kisah tentang ramalan. Sementara dalam catatan sejarah ada tokoh-tokoh macam Nostradamus yang disebut bisa meramalkan apa yang terjadi di masa depan.

- Advertisement -

Nah, soal ramalan ini lagi jadi pergunjingan hangat dalam politik Indonesia loh. Soalnya, baru-baru ini ada seorang peramal bernama Mbak You yang menyebutkan bahwa kondisi politik di 2021 bisa memanas.

Bahkan, nggak tanggung-tanggung cuy, doi meramal bahwa di 2021 bisa saja terjadi pergantian presiden. Wih, bukannya Pilpres baru akan terjadi di 2024 ya? Pak Jokowi juga baru setahun menjabat di periode keduanya.

Baca juga :  Relawan Jokowi Berasa Parpol?

Makanya, ramalan Mbak You ini menarik perhatian banyak orang. Salah satunya adalah mantan Menko Kemaritiman di periode pertama kekuasaan Jokowi, the one and only Pak Rizal Ramli. Doi menyebut dirinya sebagai orang yang rasional, tapi melihat ramalan Mbak You ini bisa saja terjadi.

Sampai pakai kutipan dari Gus Dur segala yang bilang bahwa kadang-kadang ada hal-hal yang terjadi di luar rasionalitas.

Wih, jadi Pak Jokowi kudu berhati-hati atau gimana nih? Soalnya, kalau beneran 2021 ganti presiden, bakal ada chaos yang terjadi loh di negara ini.

Hmm, mungkin perlu untuk dilihat dari berbagai sudut pandang nih ramalannya Mbak You. Lha wong banyak ramalan kayak kiamat di 2012 nggak terjadi kok. Tapi, tetap kudu waspada Pak Jokowi. Yang tidak puas pada pemerintah semakin banyak. (S13)


► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

spot_img

#Trending Article

Ma’ruf Amin Apes di Pilkada 2020

"Kami menyatakan permohonan maaf kepada masyarakat Tangsel karena belum dapat memenangkan harapan perubahan. Hasil penghitungan suara kami tidak banyak dibandingkan paslon lain". - Siti...

Anies Taklukkan Indonesia Timur?

“Alhamdulillah, tujuh kabupaten (di Maluku) yang sudah terbentuk kepengurusan siap mendeklarasi Anies Presiden” – Sulaiman Wasahua, Ketua Relawan Sobat Anies Maluku PinterPolitik.com Manuver politik Gubernur DKI Jakarta...

Drama Maming Resahkan PDIP-PBNU?

“Kalau saya, koruptor jangan dicekal ke luar negeri tapi dicekik. Harusnya dicekal untuk balik ke Indonesia, biar korupsi di luar negeri,” Cak Lontong, Komedian Indonesia PinterPolitik.com Masyarakat...

Anies-AHY Kawin Paksa?

“Tentu proses membangun chemistry antara satu dan yang lain penting, bukan kawin paksa,” - Willy Aditya, Ketua DPP Partai NasDem PinterPolitik.com Siapa yang tidak kenal dengan Siti...

Misteri Teror Kominfo

“Teror bagaimana? Saya baru tahu teror, Kominfo diteror kali,” – Johnny G. Plate, Menkominfo PinterPolitik.com #BlokirKominfo menjadi trending di Twitter, banyak warganet yang melontarkan kritik terhadap kontroversi kebijakan Penyelenggara Sistem...

Ahok Disenggol Kasus Brigadir J?

“Pertanyaan saya, kapan mereka pacaran, sehingga ketika Ahok di balik jeruji dan di balik tembok mengikat perjanjian kawin dengan ajudan ibu,” – Kamarudin Simanjuntak, Pengacara...

Janji Surga ala Ma’ruf Amin?

“Bangsa Indonesia menjadi bangsa yang memeluk Islam terbanyak di dunia. Siapa yang berkata la ilaha illallah dakholal jannah masuk surga. Berarti penduduk surga itu kebanyakan...

Jakarta-Shanghai, Apple to Apple?

“In the long run, your human capital is your main base of competition. Your leading indicator of where you're going to be 20 years...

More Stories

Luhut dan Ekonomi Orang Kaya

Persoalan ekonomi kini menjadi pekerjaan rumah yang tengah dihadapi oleh banyak negara, termasuk Indonesia. Namun, di tengah ancaman krisis yang mengancam, Menko Marves Luhut...

Anies dan Pemimpin Yang Diciptakan

Jelang Pilpres 2024, banyak pihak yang mulai berlomba-lomba mendorong tokoh-tokoh yang dianggap populer dan mampu menarik hati masyarakat. Sayangnya, Indonesia masih terjebak pada kondisi...

Ekonomi Bisa Bahayakan Jokowi?

Awal Juni 2022 menjadi momentum penting dalam refleksi kondisi ekonomi global. Bank Dunia mengeluarkan laporan yang menyebutkan bahwa resesi ekonomi di tahun ini akan...