HomeCelotehJokowi Kewalahan Tangani Covid-19?

Jokowi Kewalahan Tangani Covid-19?

“Saya dan seluruh jajaran pemerintah berupaya mencari keseimbangan itu. Tidak usah sok-sokan akan me-lockdown provinsi kota atau kabupaten karena akan mengorbankan kehidupan masyarakat. Tapi kita tetap serius mencegah agar tidak menyebar”. – Jokowi


PinterPolitik.com

Setelah 2 minggu waktu yang diberikan pada Menko Kemaritiman dan Investasi alias Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan untuk mengkoordinir penanganan Covid-19 di 9 provinsi berlalu, Presiden Jokowi memang terlihat kurang begitu puas.

Apalagi, banyak pihak menilai tak banyak hal yang dicapai oleh Pak Luhut. Angka peningkatan pasien positif masih tinggi, pun demikian halnya dengan angka kematian. Sementara, pada saat yang sama jurang resesi ekonomi sudah menganga di depan mata. Ditambah lagi kondisi yang serba sulit ini melahirkan beragam kritik dari berbagai lapisan masyarakat.

Sudah bisa dipastikan sekuat dan sesakti apapun pemerintah yang berkuasa, pasti akan juga kewalahan. Mungkin hal inilah yang tengah ditunjukkan oleh Presiden Jokowi lewat video terbaru yang diunggah di akun media sosialnya.

Dalam video tersebut, Jokowi menjelaskan bagaimana upaya yang sudah dilakukan oleh pemerintah untuk menangani Covid-19. Ia menyebut pencapaian pemerintah saat ini relatif baik. Disinggung pula bagaimana angka pasien positif dan tingkat kematian di Indonesia lebih rendah dari banyak negara.

Hmm, iya sih. Tapi bukannya dengan bikin video kayak gini publik jadi membaca bahwa sang presiden sedang “mengharapkan” dukungan publik secara lebih terbuka? Soalnya, ini secara nggak langsung menunjukkan bahwa boleh jadi Pak Jokowi emang lagi kewalahan menghadapi segala macam persoalan yang sedang terjadi di masyarakat saat ini.

Apalagi dengan DPR yang baru saja mengesahkan Undang-Undang Cipta Kerja alias Omnibus Law yang oleh kelompok-kelompok buruh dianggap merugikan kepentingan mereka.

Baca juga :  Kenapa Sering Terjadi Kecelakaan Tol?

Hmmm, tapi prihatin juga ya, soalnya ini menunjukkan Pak Jokowi terlihat berusaha menanggung semua persoalan sendirian. Ini kayak kisah The Flash, di mana jagoan kita Barry Allen adalah sosok yang dikenal berupaya menanggung semua masalah dan persoalan sendirian.

- Advertisement -

Well, itu yang buat doi beberapa kali harus bertengkar dengan sang istri, Iris West yang kadang kala kurang suka dengan perilaku Barry tersebut. Doi juga kadang kala mengambil keputusan yang naif dan akhirnya harus ia sesali sendiri. Tapi, ya seperti itulah superhero.

Sayangnya, Pak Jokowi bukan superhero. Mungkin perlu pak, untuk kembali memilah-milah mana tokoh yang bisa menjadi pembantu untuk mencari solusi. Soalnya, Covid-19 ini memang butuh kerja sama tim yang solid, layaknya Tim Flash yang diisi juga oleh The Vibe dan Killer Frost. Uppps. (S13)

spot_img

#Trending Article

Jakarta-Shanghai, Apple to Apple?

“In the long run, your human capital is your main base of competition. Your leading indicator of where you're going to be 20 years...

Menanti Dansa Puan-Ganjar

Ganjar Pranowo sebut Megawati beri arahan agar kepala daerah tidak dansa politik. Padahal, Puan dan Ganjar perlu berdansa politik untuk PDIP.

SBY-JK-Paloh Adalah Nakama?

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Jusuf Kalla (JK), dan Surya Paloh disebut tengah bangun koalisi. Apakah ini sebuah koalisi "nakama"?

Rocky Sebenarnya Fans Luhut?

Momen langka terjadi! Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan akhirnya bertemu langsung dengan pengkritik terpedasnya, yakni Rocky Gerung.

PDIP Selalu Gagal Move On?

Akhir-akhir ini, PDIP selalu ungkit masa lalu dalam upayanya untuk kritik Demokrat. Apakah PDIP ini selalu gagal move on?

Puan Capres Kok Moody-an?

“Mbak Puan kaget, 'Lho, kok kamu yang memegang kaos?', Mbak Puan itu bertanya bukan marah.” – Said Abdullah, Ketua DPP PDIP PinterPolitik.com  Video yang memperlihatkan Ketua DPP PDIP Puan...

Prabowo Guru BP Andika-Dudung?

“Ini semua menjadi rahasia umum Pak, rahasia umum. Jenderal Andika, di mana ada Jenderal Andika tidak ada KSAD” – Effendi Simbolon, anggota Komisi I...

Cak Imin Jodohkan Puan-Prabowo?

“Jika ingin menang berbasis bekal elektabilitas ia akan bersama Prabowo. Namun jika ingin menang berdasarkan soliditas mesin partai dan dukungan kekuasaan, Cak Imin akan...

More Stories

Mengapa BBM Bisa Bahayakan Jokowi?

Pemerintah telah menaikkan harga BBM. Pertalite naik hingga 30 persen, dari sebelumnya Rp 7.650 per liter menjadi Rp 10.000 per liter. Kebijakan ini kemudian...

Kasus Sambo Untungkan Jokowi?

Bergulirnya kasus pembunuhan Brigadir J yang melibatkan Irjen Ferdy Sambo memang menarik perhatian masyarakat luas. Isu ini bahkan mengalahkan narasi krisis ekonomi yang kini...

Ini Alasan 2024 Harus Kandidat Militer

Peningkatan kapasitas militer Tiongkok dan manuver yang dilakukan oleh negara tersebut atas Taiwan diprediksi akan memanaskan situasi politik di Asia Timur. Banyak ahli geopolitik...