Support Us

Available for Everyone, funded by readers

Contribute
E-Book
Home > Celoteh > Jokowi Goyah Tanpa Moeldoko

Jokowi Goyah Tanpa Moeldoko


S13 - Wednesday, January 27, 2021 8:00
Jokowi dan Moeldoko (Foto: istimewa)

0 min read

"Saya pikir zamannya Pak Jokowi itu, mungkin kita lihat lah, tidak mengeluarkan izin-izin baru”. – Moeldoko, KSP


PinterPolitik.com

Hutan. Dalam bahasa Inggris disebut forest. Akar katanya dari bahasa Prancis, forest atau fores. Ceritanya orang Inggris awalnya minjem kata itu untuk menyebutkan wilayah liar yang menjadi tempat orang-orang berburu.

Setidaknya ada 800 lebih definisi hutan yang digunakan di seluruh dunia. Tapi, mayoritas mengartikan hutan sebagai daerah yang banyak pohonnya. Inti definisinya adalah pohon.

Fungsi hutan sangat banyak. Selain sebagai habitat bagi banyak hewan dan tumbuhan, hutan juga jadi penopang ekosistem karena menyediakan sumber makanan, juga karena kemampuannya menopang peradaban. Orang bangun rumah pakai kayu yang diambil dari hutan.

Baca Juga: Di Balik Deportasi Kristen Gray

Kemudian, fungsi terbesar hutan juga terkait dengan oksigen yang dihasilkannya yang menjadi penopang semua makhluk hidup yang bernapas dan menggantungkan hidupnya pada ketersediaan gas tersebut.

Yang tidak kalah penting, hutan juga menjadi tempat resapan air yang membuat hujan jadi tidak berdampak buruk-buruk banget. Maksudnya banjir dan tanah longsor tidak terjadi dan berakibat buruk bagi katakanlah manusia yang berdiam di suatu wilayah tertentu.

Nah, ngomongin soal banjir ini lagi jadi pembahasan yang ramai dipergunjingkan beberapa hari terakhir, terutama terkait bencana yang terjadi di Kalimantan Selatan. Soalnya, sedang ada perbedaan pendapat antara pemerintah dengan para aktivis lingkungan.

Pemerintah bilang bencana itu akibat curah hujan yang sangat tinggi. Sementara para aktivis bilang bencana tersebut terjadi karena hilangnya wilayah hutan di sepanjang daerah aliran sungai akibat aktivitas perkebunan kelapa sawit dan juga pertambangan.

Wih, sadis nih kalau udah bicara sawit dan tambang.

Nah, pembelaan kemudian datang dari Kepala Staf Presiden, Moeldoko. Doi bahkan bilang sepanjang era kekuasaan Jokowi, pemerintah nggak pernah tuh mengeluarkan izin-izin pembukaan hutan.

Padahal, kalau ditelusuri, banyak juga loh izin yang dikeluarkan Pak Jokowi. Walhi misalnya menyebutkan bahwa ada 418.750 hektare hutan yang dialihkan untuk pembukaan usaha kelapa sawit terjadi di era Pak Jokowi. Bahkan, antara tahun 2016-2020 ada 592 unit Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan yang diterbitkan pemerintah.

Hmm, jadi berasa nih kalau Pak Moeldoko emang sedang berusaha membentengi Pak Jokowi. Tapi, wajar sih, soalnya doi adalah orang yang cukup penting dalam menopang kekuasaan sang presiden loh.

Sejak 2014 lalu pas masih jadi Panglima TNI, Moeldoko emang jadi alasan Pak Jokowi bisa punya kekuatan politik karena konteks kedekatannya dengan sosok Moeldoko yang berasal dari militer.

Wih, jadi makin menarik nih untuk ditunggu kelanjutannya terkait masalah hilangnya hutan Kalimantan ini. (S13)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

Berita Terkait