HomeCelotehJokowi-Anies, Dua Matahari?

Jokowi-Anies, Dua Matahari?

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebut jumlah kasus positif Covid-19 di DKI Jakarta mulai menurun. Sementara, Presiden Joko Widodo (Jokowi) malah membagikan bantuan sosial (bansos) di Jakarta hingga menciptakan kerumunan.


PinterPolitik.com

“And honestly, I’m down like the economy” – Lil Wayne, “Down” (2009)

Hai, gaes.

Nama saya Surya. Saya di sini pengen cerita soal dua teman dekat dan baik saya. Yang satu namanya Joko, dan satunya lagi namanya Anies. Dua-duanya menurut saya merupakan teman yang cemerlang.

Tapi, meski keduanya adalah teman baik saya, mereka ini punya sifat yang kadang berseberangan lho – apalagi kalau mereka punya tugas kelompok yang harus dikerjakan bersama-sama. Tahun lalu, misalnya, ketika ada tugas menyanyi bersama, Anies lebih pilih buat menyanyikan lagunya Anderson .Paak yang judulnya “Lockdown” (2020) – katanya karena mumpung lagi nge­-tren.

Sementara, si Joko lebih memilih lagunya Jay Sean yang judulnya “Down” (2009) – nggak pakai kata “lock”. Joko paling suka dengan potongan lirik rap-nya Lil Wayne yang bunyinya, “And honestly, I’m down like the economy.” Dalam banget maknanya, kalau kata Joko.

Kebiasaan silang pendapat antara Joko dan Anies ini akhirnya terbawa ke tugas-tugas lainnya. Misal, waktu mereka sekelompok lagi dalam mengerjakan tugas untuk membuat makalah dengan tema “Penanganan Pandemi Covid-19 di Jakarta”, mereka saling berusaha menunjukkan kontribusi meraka masing-masing.

Baca Juga: Mengapa Jokowi-Anies Dibenturkan?

Anggaran Kesehatan Bansos Covid-19 Risma
- Advertisement -

Kala Anies lebih fokus mengerjakan indikator, angka, dan variabel yang menentukan dalam laporan, Joko lebih fokus mengerjakan hal-hal yang sifatnya performatif. Seminggu yang lalu, misalnya, Joko melakukan kegiatan bagi-bagi sembako di Grogol, Jakarta – sampai-sampai ramai banget dan menciptakan antrean yang panjang.

Baca juga :  Jokowi Jalan-jalan ke Solo

Masalahnya, metodenya Joko ini bisa juga ngerusak perolehan data yang udah dibuat Anies. Bisa-bisa, malah terjadi peningkatan angka lagi tuh di laporan yang udah terlanjur dibuatnya.

Ya, begini ini kalau dua teman saya jadi kerja kelompok lagi – pada beda prinsip. Padahal ya, kalau mereka kerja bareng dan fokus dengan apa yang mau dijalankan bersama, bukan nggak mungkin juga nilai mereka bisa bagus. Kalau kata para pejabat sih, namanya adalah ego sektoral.

Sekian dulu ya untuk post satu ini, teman-teman pembaca blog-ku. Joko dan Anies yang aku sayang, kalau kalian baca ini, I am sorry ya udah ngomongin kalian.

See you again,

Surya.

(A43)

Baca Juga: Anies-Ganjar Berebut Jokowi?


- Advertisement -

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

spot_img

#Trending Article

Ceker Ayam, Rahasia Kemajuan Tiongkok?

“Kami berusaha menyerap kenaikan harga komoditas ini, dengan memanfaatkan seluruh bagian ayam. Itu berarti menggunakan setiap bagian ayam, kecuali bulunya, kurasa.” – Joey Wat, CEO...

Surya Paloh Siap Relakan Megawati?

Intrik antara partai yang dipimpin Surya Paloh (Nasdem) dan PDIP yang dipimpin Megawati semakin tajam. Siapkah Paloh relakan Megawati?

Melacak Arah Petir Brigadir J?

“CCTV harus diuji. Kenapa harus diuji? Pertama CCTV sudah disambar petir. Maka kalau tiba-tiba CCTV ketemu kembali, harus dibikin acara dengan petir, kapan petir...

Anies Ikuti Jejak Soekarno?

“Perubahan nama Rumah Sakit menjadi Rumah Sehat, dilakukan agar Rumah Sakit ikut ambil peran dalam pencegahan penyakit, sekaligus mempromosikan hidup sehat.” – Anies Baswedan,...

Jokowi Kameo Pilpres 2024?

“Yang paling sering kalau ke kondangan. Bahkan saat nyumbang ke Surabaya, ada yang bilang kalau ada tamu Pak Presiden lagi blusukan. Bahkan ada yang rebutan...

Jakarta-Shanghai, Apple to Apple?

“In the long run, your human capital is your main base of competition. Your leading indicator of where you're going to be 20 years...

Sambo Tidak Selincah Ninja Hatori?

“Kalau naik gunung itu, pijakan kakinya harus kuat. Jangan mengandalkan tarikan orang di atas. Kekuatan diri sendiri yang membawa kita ke atas.” – Brigjen...

Anies-AHY Kawin Paksa?

“Tentu proses membangun chemistry antara satu dan yang lain penting, bukan kawin paksa,” - Willy Aditya, Ketua DPP Partai NasDem PinterPolitik.com Siapa yang tidak kenal dengan Siti...

More Stories

Anies: Bukan Soal Arab-Jawa

Persoalan identitas Anies Baswedan dimunculkan Ruhut Sitompul usai putrinya menikah berbudaya Jawa. Mengapa ini bukan soal Arab atau Jawa?

Ma’ruf Amin Dukung Anies 2024?

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin tetap ingin netral di 2024. Namun, beberapa waktu lalu, sambut kunjungan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Prabowo Pasti Gagal di 2024?

Nama Prabowo Subianto dirumorkan bakal jadi sosok yang didukung Presiden Jokowi di 2024. Mengapa hal itu sebenarnya mustahil?