HomeCelotehJadi Mensos, Risma ‘Tiru’ Khofifah?

Jadi Mensos, Risma ‘Tiru’ Khofifah?

“Politics isn’t about policies, a candidate is elected on a story” – Payton Hobart, The Politician (2019-sekarang)


PinterPolitik.com

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 telah berlalu. Sejumlah nama-nama baru pun mulai bermunculan menggantikan sosok-sosok yang sudah lama memimpin.

Situasi seperti ini tampaknya juga terjadi di ibu kota Jawa Timur, yakni Kota Surabaya. Soalnya nih, kabarnya, pasangan calon Eri Cahyadi dan Armuji udah keluar sebagai pemenang di Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Surabaya 2020 berdasarkan hasil hitung cepat (quick count).

Sejumlah pihak bilang kalau kemenangan Eri-Armuji ini nunjukin kalau Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) punya pengaruh yang kuat di Surabaya – bahkan meskipun beberapa ketidakpuasan muncul di kalangan PDIP sendiri. Gimana nggak? Paslon ini merupakan paslon yang di-endorse Risma semenjak PDIP masih bingung perihal siapa yang akan diusung di Pilwalkot ini.

Ya, meskipun ini menunjukkan bahwa Risma punya pengaruh kuat di Kota Pahlawan ini, sejumlah pertanyaan pun muncul. Salah satunya adalah mengenai apa yang akan dilakukan oleh Risma setelah tidak lagi menjabat.

Ketika diwawancarai sih, Risma hanya menceritakan kalau beliau dulu memiliki mimpi untuk bergerak di bidang pendidikan. Wali Kota Surabaya menyebutkan bahwa dirinya sempat ingin menjadi Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Surabaya meskipun merupakan seorang insinyur.

Baca Juga: Serangan Fajar, Risma Tiru Jokowi?

- Advertisement -

Tapi nih, terlepas cerita Risma tersebut, sejumlah pewarta malah menanyai kemungkinan Wali Kota Surabaya tersebut untuk menjadi salah satu menteri di Kabinet Indonesia Maju. Apalagi nih, sejumlah slot menteri baru-baru ini mulai kosong setelah Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Edhy Prabowo dan Menteri Sosial (Mensos) Juliari P. Batubara ditangkap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Baca juga :  Bjorka Buat Johnny Plate Ciut?

Wah, mungkin ini nih jadi kesempatan emas buat Bu Risma nih. Kan, sebelumnya beliau udah disebut-sebut bakal jadi menteri sejak Presiden Joko Widodo (Jokowi) terpilih kembali pada tahun 2019 lho.

Kalau dulu kan Bu Risma selalu bilang mau menyelesaikan tugas beliau untuk mengurus Kota Surabaya. Nah, sekarang kan tugas emak-nya Surabaya ini udah mau selesai. Hayogimana nih kelanjutannya, Bu Risma?

Hmm, kalau benar Bu Risma bakal jadi Mensos buat ngegantiin Pak Juliari, Bu Wali Kota Surabaya bakal bisa ngikutin jejak Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dongHeheTapi nih, Bu Khofifah kan dari Mensos berlanjut ke Gubernur. Kalau Bu Risma bakal jadi apa ya?

Dengar-dengar kan, Bu Risma bakal ke Jakarta tuh. Apalagi, beliau sempat dibanding-bandingkan dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Apa mungkin nih Bu Risma bakal jadi Gubernur DKI Jakarta berikutnya? Mari kita nantikan ajalah ya kelanjutan langkah Bu Risma. (A43)

Baca Juga: Jokowi Biarkan Menterinya Dicokok KPK?

spot_img

#Trending Article

Jakarta-Shanghai, Apple to Apple?

“In the long run, your human capital is your main base of competition. Your leading indicator of where you're going to be 20 years...

Polemik Kuntadhi, Ganjar Cuci Tangan?

“Saya kenal Pak Ganjar. Tapi kayaknya Pak Ganjar, ya nggak kenal saya secara pribadi,” – Eko Kuntadhi, Pegiat media sosial PinterPolitik.com Eko Kuntadhi – pegiat media...

Mahfud MD Permainkan Bjorka?

“Satgas itu dibentuk bukan untuk memburu Bjorka, sebab yang dari Bjorka itu tak satupun yang membobol rahasia negara. Itu hanya sensasi,” – Mahfud MD,...

Airlangga ”Dijepit” JK dan PKS?

“Pak JK selalu dikaitkan, endorse Anies, kenapa nggak berat ke AH. Kalau kemudian Pak JK dikaitkan dengan endorse AH itu tidak lepas dari upaya upaya mencarikan...

Misteri Nomor Urut Tiga PDIP

“Jadi dari pihak PDIP, mengusulkan yang namanya tanda gambar itu, nomor itu sebenarnya saya katakan kepada Bapak Presiden dan Ketua KPU dan Bawaslu bahwa...

Di-Back Up SBY-JK-Paloh, Anies Pede?

“Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) selaku ayah biologis dan ideologis AHY, Jusuf Kalla sebagai mentor politik Anies, dan Surya Paloh sebagai king maker,” – Ahmad...

Dewan Kolonel, Gimmick Duet Puan-Prabowo?

“Pokoknya, Dewan Kolonel ini adalah satu-satunya dengan tujuan mendukung Mbak Puan di 2024. Itu sekali lagi, tentu kami masih menunggu keputusan Bu Megawati siapa...

Jokowi, Anies, dan Politik Penghargaan

Anies Baswedan mendapatkan penghargaan Lee Kuan Yew Exchange Fellow dari Singapura. Sementara, Jokowi dapat Global Citizen Awards di AS.

More Stories

Ketika Anies Jadi Cover Boy

Baru-baru ini, warga Kota Malang, Jawa Timur, diramaikan oleh kemunculan tabloid-tabloid bergambarkan muka Anies. Anies sukses jadi cover boy?

Jokowi, Anies, dan Politik Penghargaan

Anies Baswedan mendapatkan penghargaan Lee Kuan Yew Exchange Fellow dari Singapura. Sementara, Jokowi dapat Global Citizen Awards di AS.

Mengapa Mahfud Kebut UU PDP?

Setelah ramai serangan Bjorka pada pejabat, Mahfud MD berjanji agar UU Perlindungan Data Pribadi (PDP) segera disahkan oleh DPR.