Support Us

Available for Everyone, funded by readers

Contribute
E-Book
Home > Celoteh > Giring vs Pasha: Perang Dua Vokalis?

Giring vs Pasha: Perang Dua Vokalis?


A43 - Tuesday, February 23, 2021 20:00
Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PSI Giring Ganesha ketika mengumumkan pencalonan dirinya untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 pada tahun 2020 lalu. (Foto: PSI)

0 min read

Mantan Wakil Wali Kota Palu Sigit Purnomo (Pasha) sindir Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum (Ketum) PSI Giring Ganesha setelah melontarkan kritik untuk Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan soal banjir yang terjadi di sebagian wilayah Jakarta. Apakah ini jadi perang politik antara dua vokalis?


PinterPolitik.com

Bagi mereka yang menggemari musik rap dan hip-hop, pasti tahu tuh tentang budaya battle antara penyanyi-penyanyi rap. Biasanya tuh, para rappers saling beradu lirik, rima, dan flow guna membuktikan siapa yang terbaik.

Budaya battle rap seperti ini terkadang juga dibuat jadi konten video lho. Epic Rap Battles of History, misalnya, juga sempat menginspirasi sejumlah pembuat konten YouTube di Indonesia kala ramai-ramai soal Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Hmm, menariknya nih, battle seperti ini juga biasa lho dilakukan dalam dunia politik. Biasanya sih, para politisi, pejabat, atau aktivis bakal berdebat tuh tentang isu terkini – ya meskipun sejumlah arena debat nasional sudah berhenti tayang. Hehe.

Baru-baru ini, muncul tuh debat yang menarik setelah banjir melanda sebagian wilayah Jakarta di bulan Februari 2021. Debat ini dimulai dari kritik yang dilontarkan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum (Ketum) PSI Giring Ganesha yang menganggap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai gubernur yang tidak memiliki rencana soal penanganan banjir.

Uniknya, pihak yang menjawab Bro Giring eks-Nidji ini bukanlah Pak Anies, melainkan mantan Wakil Wali Kota Palu Sigit Purnomo – biasa dikenal sebagai Pasha. Mas Pasha ini malah menyindir balik lho dengan mengatakan, “Apakah Bro Giring sudah pernah teruji mengelola sebuah kota/daerah atau bahkan kelurahan?”

Baca Juga: Giring, Capres Penyelamat PSI?

Pasha Desy Ratnasari di Pilgub DKI

Waduh, damage-nya besar juga nih sindirannya Mas Pasha. Mimin aja yang bukan disindir aja merasa tersindir kok. Hehe.

Mungkin, sindiran Mas Pasha ini mirip-mirip lah ya sama apa yang disebut dissing dalam dunia rap. Biasanya tuh, para rapper juga suka tuh menyindir rapper lawannya dengan kalimat-kalimat satire kayak gini. Hehe.

Boleh jadi, dengan sindirian ini, bakal ada tuh laga dua vokalis di dunia politik – mengingat keduanya dulunya vokalis dari band populer di Indonesia. Apa nggak sekalian adu nyanyi aja nih Mas Pasha dan Bro Giring?

Tapi, mimin penasaran deh kenapa kok Mas Pasha tiba-tiba ikut pasang badan untuk Pak Anies. Apa untuk bersiap-siap di Pilkada DKI Jakarta berikutnya nih? Soalnya, dengar-dengar, Mas Pasha namanya disebut-sebut berpotensi tuh untuk maju diusung oleh PAN di Pilkada tersebut. Hehe.

Lagipula, selain Mas Pasha, ada juga tuh sejumlah penyanyi – atau mantan penyanyi – populer lainnya yang sempat disebut berpotensi, katakanlah Desy Ratnasari, Agnez Mo, hingga Raffi Ahmad. Hmm, kalau gini caranya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) ngadain babak tempur bernyanyi aja buat menentukan siapa yang layak dipilih – biar nggak habis anggaran banyak-banyak untuk ngadain pemilihan. Upss. (A43)

Baca Juga: Raffi Ahmad, Bumerang Semiotika Politik Jokowi?


► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

Berita Terkait