Support Us

Available for Everyone, funded by readers

Contribute
E-Book
Home > Celoteh > Gibran, The ‘King’ of Solo?

Gibran, The ‘King’ of Solo?


A43 - Tuesday, March 30, 2021 15:00
Gibran Rakabuming Raka ketika bersiap untuk melangsungkan prosesi pelantikan dirinya sebagai Wali Kota Solo pada Februari 2021 lalu. (Foto: JSNews)

0 min read

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menerima banyak kunjungan dari pimpinan partai-partai politik – mulai dari PKB, Partai Gelora, hingga Partai Gerindra. Apakah ini tanda Gibran akan jadi the 'King' of Solo?


PinterPolitik.com

Bagi kalian yang suka dengan politik ala abad pertengahan, pasti tahu dengan judul sebuah seri populer yang berjudul Game of Thrones (GoT) (2011-2019). Seri satu ini bisa dibilang telah membius banyak orang dengan delapan seasons yang penuh dengan adegan-adegan mendebarkan.

Layaknya setting ala medieval, GoT ini mengisahkan peperangan dan manuver-manuver politik yang terjadi antara keluarga-keluarga bangsawan. Bila ada seorang bangsawan tinggi mengadakan hajat, raja atau bangsawan-bangsawan lainnya pun akan berkunjung dan terkadang menghadirkan hadiah sebagai sebuah ucapan selamat.

Kunjungan-kunjungan seperti ini sebenarnya biasa sih terjadi dalam hubungan antarnegara. Bahkan, hingga kini, pelantikan seorang pemimpin negara pun selalu dihadiri oleh perwakilan-perwakilan dari negara lain.

Mungkin nih, hal yang sama juga tengah terjadi pada Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka yang baru saja dilantik pada Februari 2021 lalu. Pasalnya, baru-baru ini, ada banyak lho pemimpin-pemimpin partai politik yang datang buat menemui putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut.

Baca Juga: Mencari Suhu untuk Gibran

Cak Imin Gercep Gibran

Boleh jadi, ini seperti kunjungan para bangsawan  bagi rekan bangsawannya yang memiliki hajat nih. Kan, para bangsawan politik ini juga  yang mendukung jalan Gibran menuju takhta Solo.

Tapi nih, kalau di GoT nih, para raja pun bermanuver melakukan “invasi” ke wilayah-wilayah kerajaan lainnya. Wajar sih. Namanya juga politik. Hehe.

Kalau Mas Gibran kira-kira gimana ya? Apa mungkin akan melakukan “invasi” ke wilayah lain. Soalnya nih, nggak sedikit juga lho yang bilang kalau Mas Wali Kota Solo ini bakal disiapkan untuk pesta demokrasi di DKI Jakarta tuh. Hehe.

Hmm, apakah kunjungan para pimpinan partai politik ini – mulai dari Ketua Umum (Ketum) PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Gelora Fahri Hamzah, hingga Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani – berkaitan juga dengan kemungkinan manuver itu ya?

Ya, kita semua nggak bisa memastikannya saat ini sih. Toh, langkah menuju tahun 2024 juga masih jauh tuh. Semoga aja sang raja tidak mudah terlena ya. (A43)

Baca Juga: Petuah Sakti Cak Imin untuk Gibran


► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

Berita Terkait