HomeCelotehGibran Ancam Internal PDIP?

Gibran Ancam Internal PDIP?

“Gibran Rakabuming sebagai dinasti politik genre baru berpotensi sangat kuat menyaingi dan mengalahkan Puan Maharani sebagai pemimpin sayap ‘nasionalis’ dalam dua tahun ke depan”. – Haris Rusly Moti, aktivis


PinterPolitik.com

Setelah menang dalam Pilkada Solo – setidaknya berdasarkan hasil hitung cepat – Gibran Rakabuming Raka kini mulai dilihat sebagai salah satu prospek politisi yang bisa bersinar di waktu-waktu yang akan datang.

Jika mampu mengkapitalisasi jabatannya dengan menunjukkan kinerja yang baik, putra Presiden Jokowi itu akan sangat mungkin menjadi salah satu nama yang di kemudian hari diperhitungkan sebagai salah satu sosok politik nasional utama.

Well, setidaknya modal yang sudah dipunyai saat ini adalah status sebagai bagian dari trah politik Jokowi. Sehingga, publik tentu akan memperhitungkan hal tersebut sebagai faktor yang menentukan juga.

Baca juga: Jokowi Wajib Contohi Meritokrasi Singapura

Hal inilah yang disoroti oleh beberapa pengamat dan aktivis. Mereka bahkan menilai Gibran bisa menjadi ancaman tersendiri untuk internal PDIP. Pasalnya, dengan pengaruh politik yang dipunyai, Gibran bisa dengan mudah “menyingkirkan” sosok-sosok yang sudah lama menjadi bagian dari partai banteng tersebut.

Pencalonannya di Pilkada Solo adalah contoh nyatanya. Gibran berhasil “menyingkirkan” sosok senior PDIP, Achmad Purnomo, yang telah lama menjadi bagian dari partai tersebut. Sementara Gibran yang belum lama menjadi anggota partai, tau-tau udah langsung moncer dan mendapatkan dukungan partai.

- Advertisement -

Nggak heran, para pengamat itu juga mewanti-wanti sosok internal PDIP seperti Puan Maharani, yang bisa saja pengaruhnya digeser oleh Gibran. Hmmm, bener nggak sih Gibran bisa menggeser Puan?

Well, tergantung sih. Kalau kiprah doi di Solo bagus, maka hal itu bisa saja terjadi. Namun, masih terlalu dini untuk bilang Gibran akan sampai pada titik menggeser sosok-sosok inti seperti Puan Maharani di internal PDIP. Jangan-jangan malah ketika sudah menang di Solo, tau-tau karier politiknya malah jadi terseok-seok.

Baca juga :  Jokowi Loves Anies?

Kalau mau dianalogikan, bisa-bisa malah mirip dengan klub sepakbola Sheffield United yang saat ini bermain di Liga Premier Inggris. Di musim pertama saat promosi ke Liga Premier, Shefield begitu berjaya. Tim-tim besar aja sulit banget untuk ngalahin mereka.

Namun, di musim keduanya, tim ini jadi bulan-bulanan. Sudah hampir setengah jalan Liga Premier bergulir, mereka baru meraih 1 poin. Iyess, 1 poin! Beh, bau-baunya bakal degradasi nih. Uppps.

Semoga nggak terjadi pada Gibran nih. Awal-awalnya begitu moncer, eh belakangan tau-tau meredup. Lama-lama malah bisa terdegradasi loh. Hehehe. (S13)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

spot_img
Previous articleMahfud & Emil
Next articleMenuju Aksi 1812

#Trending Article

Ma’ruf Amin Apes di Pilkada 2020

"Kami menyatakan permohonan maaf kepada masyarakat Tangsel karena belum dapat memenangkan harapan perubahan. Hasil penghitungan suara kami tidak banyak dibandingkan paslon lain". - Siti...

Anies Taklukkan Indonesia Timur?

“Alhamdulillah, tujuh kabupaten (di Maluku) yang sudah terbentuk kepengurusan siap mendeklarasi Anies Presiden” – Sulaiman Wasahua, Ketua Relawan Sobat Anies Maluku PinterPolitik.com Manuver politik Gubernur DKI Jakarta...

Drama Maming Resahkan PDIP-PBNU?

“Kalau saya, koruptor jangan dicekal ke luar negeri tapi dicekik. Harusnya dicekal untuk balik ke Indonesia, biar korupsi di luar negeri,” Cak Lontong, Komedian Indonesia PinterPolitik.com Masyarakat...

Anies-AHY Kawin Paksa?

“Tentu proses membangun chemistry antara satu dan yang lain penting, bukan kawin paksa,” - Willy Aditya, Ketua DPP Partai NasDem PinterPolitik.com Siapa yang tidak kenal dengan Siti...

Misteri Teror Kominfo

“Teror bagaimana? Saya baru tahu teror, Kominfo diteror kali,” – Johnny G. Plate, Menkominfo PinterPolitik.com #BlokirKominfo menjadi trending di Twitter, banyak warganet yang melontarkan kritik terhadap kontroversi kebijakan Penyelenggara Sistem...

Ahok Disenggol Kasus Brigadir J?

“Pertanyaan saya, kapan mereka pacaran, sehingga ketika Ahok di balik jeruji dan di balik tembok mengikat perjanjian kawin dengan ajudan ibu,” – Kamarudin Simanjuntak, Pengacara...

Janji Surga ala Ma’ruf Amin?

“Bangsa Indonesia menjadi bangsa yang memeluk Islam terbanyak di dunia. Siapa yang berkata la ilaha illallah dakholal jannah masuk surga. Berarti penduduk surga itu kebanyakan...

Hadi dan Seragam “Militer” ATR/BPN

Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto buat seragam baru bagi ASN dan PNS Kementerian ATR/BPN. Mengapa pergantian seragam ini jadi penting?

More Stories

Luhut dan Ekonomi Orang Kaya

Persoalan ekonomi kini menjadi pekerjaan rumah yang tengah dihadapi oleh banyak negara, termasuk Indonesia. Namun, di tengah ancaman krisis yang mengancam, Menko Marves Luhut...

Anies dan Pemimpin Yang Diciptakan

Jelang Pilpres 2024, banyak pihak yang mulai berlomba-lomba mendorong tokoh-tokoh yang dianggap populer dan mampu menarik hati masyarakat. Sayangnya, Indonesia masih terjebak pada kondisi...

Ekonomi Bisa Bahayakan Jokowi?

Awal Juni 2022 menjadi momentum penting dalam refleksi kondisi ekonomi global. Bank Dunia mengeluarkan laporan yang menyebutkan bahwa resesi ekonomi di tahun ini akan...