HomeCelotehFilosofi Cilok ala Jokowi?

Filosofi Cilok ala Jokowi?

Ketika melakukan kunjungan ke Provinsi Jawa Barat (Jabar), Presiden Joko Widodo (Jokowi) diajak oleh Plt. Wali Kota Bandung Yana Mulyana untuk membeli makanan ringan khas Sunda yang dikenal sebagai cilok. Apa sebenarnya arti filosofi cilok bagi Presiden Jokowi?


PinterPolitik.com

Setiap negeri memiliki keunikannya masing – tidak terkecuali negeri Nusantara di alternate universe Bumi-45. Dengan akulturasi budaya yang berasal dari berbagai daerah, kekayaan kuliner Nusantara alhasil turut tercipta.

Mungkin, inilah salah satu alasan mengapa masyarakat negeri ini dikenal sebagai salah satu masyarakat yang paling ramah dan “bahagia” – meskipun kesejahteraan ekonomi dan sosial belum seratus persen dipenuhi oleh pemerintahnya.

Salah satu kuliner Nusantara yang populer ialah cilok yang merupakan akronim dari aci (tepung tapioka) yang dicolok. Jajanan khas daerah Pasundan ini merupakan sejenis snack yang mudah ditemui – khususnya di ibu kota negara bagian Pasundan, yakni Bandung. 

Kebetulan, Jakawi sedang berkunjung ke Pasundan. Kabarnya, Jakawi ingin melihat-lihat kereta yang ada di Bandung. Meskipun lagu anak-anak populer hanya menyebutkan Kota Bandung dan Surabaya, kali ini, kereta yang dilihat oleh Jakawi justru berjalan di antara Bandung dan Jayakarta.

Namun, di tengah kegiatannya di Bandung tersebut, Jakawi menemukan sebuah makanan yang tidak mudah ditemui di kampung halamannya, yakni cilok. Maklum, di Solo, mungkin Jakawi hanya kerap menemukan makanan lain yang mirip, yakni bakso dan pentol.

Alhasil, Jakawi pun memutuskan untuk membeli dan mencobanya. Meski awalnya ragu, Jakawi akhirnya berhasil terbujuk oleh ajakan Yana – rekan satu trip-nya di Bandung kala itu.


- Advertisement -

Jakawi: Ini makanan apa ya, Kang?

Yana: YNTKTS.

JakawiHussh, harusnya saya yang ngomong begitu.

Baca juga :  Kendaraan Listrik, Akal-Akalan Siapa?

Baca Juga: Mampukah Estafet Politik Jokowi Berlanjut?

Jokowi Galau Reshuffle Pecat Siapa

Yana: Oh, iya, Pak. Maaf. Maaf. Ini makanan namanya cilok, Pak. Artinya, aci dicolok.

Jakawi: Oh, aci dicolok ya. Menarik ini. Mungkin, ini bisa buat ide bisnis anak-anak saya.

Yana: Wah, banyak juga ya jenis bisnisnya ya, Pak?

Jakawi: Iya dong. Kalau di istilah investasi, ini namanya diversifikasi, Kang.

- Advertisement -

YanaBy the way, aci di sini juga banyak jenisnya lho, Pak. Cilok, misalnya, itu aci dicolok. Terus, ada juga cireng yang artinya aci digoreng.

Jakawi: Hmm, ya sudah. Saya mau cobain semua.

Yana: Tapi, Pak, tas belanja yang saya bawa cuma segini. Kan, sekarang semuanya harus bebas plastik.

Jakawi: Ya, sudah. Masukkan semuanya ke tas itu aja. Cukup. Cukup. 


Tanpa pikir panjang, semua jenis “aci” dimasukkan ke dalam tas milik Yana yang bermerek “Coalition” tersebut. Apakah Jakawi cukup puas dengan semua “aci” itu – atau malah mungkin mau “tambah” lagi? (A43)

Baca Juga: Dilema Reshuffle Akhir Pemerintahan Jokowi?


► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

spot_img

#Trending Article

Rocky Sebenarnya Fans Luhut?

Momen langka terjadi! Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan akhirnya bertemu langsung dengan pengkritik terpedasnya, yakni Rocky Gerung.

Nadiem and the Shadow Organization

Penjelasan Mendikbudristek Nadiem Makarim soal shadow organization tuai polemik. Ada apa di balik organisasi bayangan Kemdikbudristek ini?

Jakarta-Shanghai, Apple to Apple?

“In the long run, your human capital is your main base of competition. Your leading indicator of where you're going to be 20 years...

SBY, Anak Emas Amerika Serikat?

“Pak SBY membantah, 'Tidak benar saya jadi the golden boy' kan begitu, bantah saja. Tapi kalau kita bicara dengan banyak orang, itu gelar the...

Anies dan Nadiem Dibanding-bandingke?

“Mendikbudristek meminta waktu hingga akhir Juni. Namun, hingga September 2022, tidak ada kabar terkait DIM yang dijanjikan. Bagi kami, hal ini merupakan pengabaian atas...

Kasus Lesti-Billar, Begini Tanggapan Lesti

Lesti Kejora laporkan suaminya, Rizky Billar, atas kasus KDRT setelah diduga ketahuan selingkuh. Mengapa fenomena ini begitu marak?

Gibran-Grace Maju DKI 2024?

Muncul usulan agar Gibran Rakabuming Raka menggandeng Grace Natalie untuk maju di Pilkada DKI Jakarta 2024. Apakah akan cocok?

Surya Paloh Terjun ke Medan Perang?

“Kenapa ada percepatan, yang didengar 10 November, kenapa hari ini. Saya melihat ini jauh lebih hari baik. Sederhana. Lihat cahaya bulan bintang. Hari-hari baik....

More Stories

Ganjar Akhirnya Dukung Puan

Ganjar Pranowo berfoto dengan pose dua jempol di bawah baliho bergambarkan Puan Maharani. Akhirnya Ganjar dukung Puan di 2024?

Giring Bukan Ketum PSI Lagi?

Ketum PSI Giring tampak tidak sejalan dengan partainya sendiri soal deklarasi Ganjar-Yenny sebagai capres-cawapres. Masihkah Giring Ketum?

Ganjar Adalah Jokowi KW?

Ganjar Pranowo unggah sejumlah konten video infrastruktur -- mengingatkan kita dengan kebiasaan Jokowi. Apakah Ganjar adalah Jokowi KW?