HomeCelotehCovid-19 Cinematic Universe ala Jokowi?

Covid-19 Cinematic Universe ala Jokowi?

Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) kembali mengganti istilah yang digunakan untuk kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Kini, pemerintah menggunakan istilah PPKM Level 1-4 untuk menangani pandemi Covid-19. Apakah ini semacam sekuel ala cinematic universe?


PinterPolitik.com

Kalian yang menggemari film dan seri Marvel Studios pasti udah dibuat nggak sabar untuk nungguin sejumlah film dan seri lanjutan dalam beberapa tahun ke depan ini. Gimana nggak? Alam semesta film ala Marvel yang biasa disebut sebagai Marvel Cinematic Universe (MCU) kini mulai memasuki fase keempat.

Apalagi nih, setelah musim pertama seri Loki (2021-sekarang) tamat, para penggemar MCU pasti menjadi makin penasaran tuh dengan nasib multiverse yang mulai mengalami transisi besar. Hmm, bagi kalian yang belum nontonmimin nggak mau kasih spoiler ya. Hehe.

Uniknya, MCU ini tidak tiba-tiba saja muncul dengan berbagai film blockbuster-nya seperti Avengers: Infinity War (2018) atau Avengers: Endgame (2019). MCU ini benar-benar dibangun selama satu dekade lebih lho – dimulai dari film Iron Man (2008).

Kini, MCU sudah terbangun dengan 20-an lebih judul film dan seri. Upaya bertahun-tahun ini pun menuaikan hasil tuh – menjadikan franchise film ini sebagia salah satu franchise yang paling ditunggu-tunggu di dunia.  Hmm, bayangkan tuh betapa rumitnya  membangun cerita sekompleks itu hingga sekarang.

Nah, bukan nggak mungkin, upaya untuk membangun bertahun-tahun semacam ini juga dilakukan oleh pemerintah Indonesia nih. Buktinya, mulai muncul tuh judul-judul baru mengenai kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat dalam pandemi Covid-19.

Ini terlihat dari unggahan Studio Antelope (@studioantelope) di sejumlah media sosial (medsos) tuh. Dalam cinematic universe ini, semua dimulai dari judul Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada April-Juni 2020.

Baca juga :  Mengapa Jokowi-Luhut Ngotot Gandeng Elon Musk?
- Advertisement -

Baca Juga: Akhirnya, Jokowi ‘Rilis’ PPKM Baru!

PPKM Ganti Istilah Lagi

Kemudian, dilanjutkan dengan judul PSBB Transisi (Juni-September 2020), PSBB Ketat (September-Oktober 2020), PSBB Transisi 2 (Oktober 2020-Januari 2021), PPKM (Januari-Februari 2021), PPKM Mikro (Februari-Juni 2021), PPKM Darurat (1-20 Juli 2021), hingga PPKM Level 3 & 4 (21-25 Juli 2021). Wah, ternyata udah banyak juga tuh judulnya.

Mungkin, di judul terakhir, perlu dimasukkan juga tuh kisah-kisah yang unik dan baru. Apa perlu juga nih di judul PPKM Level 1-4 dikasih juga pembedaan bumbu-bumbu dan tingkat kepedasannya tuh. Lumayan tuh buat gimmick yang mirip-mirip jualan Ayam Geprek. Hehe.

Boleh jadi, ini juga semacam Covid-19 Cinematic Universe ala pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) nih. Mungkin, di sini, Indonesia kini menjadi bagaikan Avengers yang bersiap melawan Thanos.

Soalnya, kan, seperti yang kita tahu, Thanos nggak langsung hilang meski sebelumnya telah meninggal – karena kembali muncul sosok Thanos dari timeline lain di film Endgame. Kini, Covid-19 pun kembali muncul dengan varian Delta yang ternyata lebih ganas tuh.

Hmmtapi nih, kalau di MCU, Iron Man dan Captain America langsung mengambil peran pemimpin tuh di antara para Avengers buat melawan Thanos. Nah, kalau di Covid-19 Cinematic Universe, Pak Jokowi bakal ambil peran langsung juga nggak ya? Wong dari kemarin mulai didesak buat mimpin langsung tuh – meskipun akhirnya tetap didelegasikan kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. Hehe.

Ya, terlepas dari itu semua, apa yang terjadi dalam Covid-19 Cinematic Universe ini bakal tercatat tuh oleh sejarah – seperti bagaimana tiap film MCU tetap diingat dalam sejarah film superheroHmm, kalau suatu hari nanti masuk pelajaran sejarah di sekolah, bakal susah nggak ya ngapalin-nya buat para siswa-siswi? Uppss. (A43)

Baca juga :  Prabowo Pasti Gagal di 2024?

Baca Juga: Mungkinkah PPKM Buat Jokowi Jera?


- Advertisement -

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

spot_img

#Trending Article

Ceker Ayam, Rahasia Kemajuan Tiongkok?

“Kami berusaha menyerap kenaikan harga komoditas ini, dengan memanfaatkan seluruh bagian ayam. Itu berarti menggunakan setiap bagian ayam, kecuali bulunya, kurasa.” – Joey Wat, CEO...

Surya Paloh Siap Relakan Megawati?

Intrik antara partai yang dipimpin Surya Paloh (Nasdem) dan PDIP yang dipimpin Megawati semakin tajam. Siapkah Paloh relakan Megawati?

Melacak Arah Petir Brigadir J?

“CCTV harus diuji. Kenapa harus diuji? Pertama CCTV sudah disambar petir. Maka kalau tiba-tiba CCTV ketemu kembali, harus dibikin acara dengan petir, kapan petir...

Anies Ikuti Jejak Soekarno?

“Perubahan nama Rumah Sakit menjadi Rumah Sehat, dilakukan agar Rumah Sakit ikut ambil peran dalam pencegahan penyakit, sekaligus mempromosikan hidup sehat.” – Anies Baswedan,...

Jakarta-Shanghai, Apple to Apple?

“In the long run, your human capital is your main base of competition. Your leading indicator of where you're going to be 20 years...

Jokowi Kameo Pilpres 2024?

“Yang paling sering kalau ke kondangan. Bahkan saat nyumbang ke Surabaya, ada yang bilang kalau ada tamu Pak Presiden lagi blusukan. Bahkan ada yang rebutan...

Sambo Tidak Selincah Ninja Hatori?

“Kalau naik gunung itu, pijakan kakinya harus kuat. Jangan mengandalkan tarikan orang di atas. Kekuatan diri sendiri yang membawa kita ke atas.” – Brigjen...

Anies-AHY Kawin Paksa?

“Tentu proses membangun chemistry antara satu dan yang lain penting, bukan kawin paksa,” - Willy Aditya, Ketua DPP Partai NasDem PinterPolitik.com Siapa yang tidak kenal dengan Siti...

More Stories

Anies: Bukan Soal Arab-Jawa

Persoalan identitas Anies Baswedan dimunculkan Ruhut Sitompul usai putrinya menikah berbudaya Jawa. Mengapa ini bukan soal Arab atau Jawa?

Ma’ruf Amin Dukung Anies 2024?

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin tetap ingin netral di 2024. Namun, beberapa waktu lalu, sambut kunjungan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Prabowo Pasti Gagal di 2024?

Nama Prabowo Subianto dirumorkan bakal jadi sosok yang didukung Presiden Jokowi di 2024. Mengapa hal itu sebenarnya mustahil?