HomeCelotehCeker Ayam, Rahasia Kemajuan Tiongkok?

Ceker Ayam, Rahasia Kemajuan Tiongkok?

“Kami berusaha menyerap kenaikan harga komoditas ini, dengan memanfaatkan seluruh bagian ayam. Itu berarti menggunakan setiap bagian ayam, kecuali bulunya, kurasa.” – Joey Wat, CEO Yum China (YUMC)


PinterPolitik.com

Berita heboh datang dari negeri Tirai Bambu, spesifiknya dari perusahaan Kentucky Fried Chicken (KFC) Tiongkok yang mulai menjual ceker ayam kepada konsumennya. Tercatat dalam sejarah KFC, ceker ayam merupakan menu yang belum pernah diproduksi sebelumnya. 

CEO Yum China (YUMC) Joey Wat mengungkapkan bahwa KFC tidak hanya menjual ceker ayam, tapi juga memperkenalkan menu ujung sayap ayam. Bahkan KFC akan memanfaatkan seluruh bagian ayam yang masih bisa dijual kecuali bulu ayam. Upps. Bisa aja nih bapak CEO. 

Setelah diusut, rupanya YUMC sebagai pemegang waralaba KFC di Tiongkok mengambil kebijakan ini dikarenakan pengaruh harga minyak di Tiongkok yang melambung tinggi seiring dengan inflasi yang terjadi. Menu ceker ayam merupakan bagian dari upaya manajemen untuk meningkatkan efisiensi. 

Anyway, fenomena sederhana seperti penyajian menu ceker ayam KFC Tiongkok, rupanya dapat menjadi clue rahasia kebangkitan negara itu loh. Ya betul, kata kuncinya terletak pada efisiensi atau penghematan. 

Hal ini bisa kita lihat dari peribahasa Tiongkok yang berbunyi, “Liang Ru Er Chu” yang artinya pengeluaran harusnya disesuaikan dengan pemasukan. Seolah ada hukum keseimbangan yang menjadi dasar dari efisiensi yang harus dilakukan oleh masyarakat Tiongkok. 

Efisiensi ini merupakan strategi ekonomi makro Tiongkok dalam menghadapi tahun 2035, yaitu harapan untuk membangun “Beautiful Tiongkok” yang bersandarkan pada efisiensi energi dan pemanfaatan sumber daya di industri-industri utama yang sedang berkembang.

image 20
Perang AS-Tiongkok Depan Mata?
- Advertisement -

Bahkan, Chen Wei dalam bukunya Jack Ma: Sisi-Sisi Tak Terduga Sang Godfather Bisnis Tiongkok, menggambarkan bagaimana Jack Ma menggunakan gaya hidup sederhana, kedisiplinan, ketahanan, hingga kebesaran hati, yang mana itu menjadi kunci keberhasilan setiap usahanya.

Baca juga :  Andika-Dudung Balik Kanan Ke Barak?

Sampai sini kita bisa mengambil insight bahwa strategi penghematan merupakan bagian dari rahasia kesuksesan Tiongkok dalam bersaing pada ekonomi Global. Strategi ini tidak begitu saja turun dari atas ke bawah, tapi telah menjadi budaya yang mengakar.

Btw, fenomena ceker ayam juga punya relasi dengan Indonesia. Dalam beberapa kuliner khas nusantara sering dijumpai opsi tambahan ceker ayam. Ya, meski belum punya data yang pasti, setidaknya hal ini bisa menjadi contoh kalau kita juga peminat ceker ayam loh.

Bahkan nih, banyak mitos seputar ceker ayam di negeri kita. Seperti ada yang mengatakan bahwa makan ceker ayam justru akan membuat kita pintar. Ada pula yang mengungkapkan bahwa makan ceker ayam bisa membuat kita memiliki tulisan yang jelek.

Terlepas dari mitos yang membingungkan ini, satu hal yang dapat kita pelajari adalah, rupanya kunci kesuksesan Tiongkok tergambarkan dalam fenomena ceker ayam KFC. Meski dalam sudut pandang lain bisa juga dimaknai kalau KFC rupanya pandai mengadopsi budaya lokal.

Hmm, ngomongin ceker ayam, jadi teringat pertanyaan masa kecil dulu, “Bagian tubuh dari ayam yang mana yang tidak bisa disebut ayam?” Kalau kepala tetap kepala ayam, paha tetap paha ayam.

Yups, jawabanya telur mata sapi. Meski dari ayam tapi nggak mungkin dong disebut telur mata ayam. Hehehe. (I76)


Jika Partai Komunis Kalah di Perang Sipil Tiongkok
spot_img

#Trending Article

Jakarta-Shanghai, Apple to Apple?

“In the long run, your human capital is your main base of competition. Your leading indicator of where you're going to be 20 years...

Menanti Dansa Puan-Ganjar

Ganjar Pranowo sebut Megawati beri arahan agar kepala daerah tidak dansa politik. Padahal, Puan dan Ganjar perlu berdansa politik untuk PDIP.

SBY-JK-Paloh Adalah Nakama?

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Jusuf Kalla (JK), dan Surya Paloh disebut tengah bangun koalisi. Apakah ini sebuah koalisi "nakama"?

Rocky Sebenarnya Fans Luhut?

Momen langka terjadi! Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan akhirnya bertemu langsung dengan pengkritik terpedasnya, yakni Rocky Gerung.

PDIP Selalu Gagal Move On?

Akhir-akhir ini, PDIP selalu ungkit masa lalu dalam upayanya untuk kritik Demokrat. Apakah PDIP ini selalu gagal move on?

Puan Capres Kok Moody-an?

“Mbak Puan kaget, 'Lho, kok kamu yang memegang kaos?', Mbak Puan itu bertanya bukan marah.” – Said Abdullah, Ketua DPP PDIP PinterPolitik.com  Video yang memperlihatkan Ketua DPP PDIP Puan...

Prabowo Guru BP Andika-Dudung?

“Ini semua menjadi rahasia umum Pak, rahasia umum. Jenderal Andika, di mana ada Jenderal Andika tidak ada KSAD” – Effendi Simbolon, anggota Komisi I...

Cak Imin Jodohkan Puan-Prabowo?

“Jika ingin menang berbasis bekal elektabilitas ia akan bersama Prabowo. Namun jika ingin menang berdasarkan soliditas mesin partai dan dukungan kekuasaan, Cak Imin akan...

More Stories

Kemiskinan, Senjata PKS Serang Jokowi?

“Lonjakan inflasi ini membuat standar itu meningkat, sehingga banyak masyarakat yang rawan masuk ke kategori miskin ekstrem,” – Anis Byarwati, Anggota Komisi XI Fraksi...

Otoritas Surya Paloh di Tangan Anies?

“Politik apa yang mau kita kerjakan? Mau mendapatkan zaken kabinet yang kuat, soliditas, kekompakan, harmoni. Itu syarat utama yang nggak bisa ditawar” – Surya...

Surya Paloh Terjun ke Medan Perang?

“Kenapa ada percepatan, yang didengar 10 November, kenapa hari ini. Saya melihat ini jauh lebih hari baik. Sederhana. Lihat cahaya bulan bintang. Hari-hari baik....