HomeCelotehBerikut Tips Parenting ala Moeldoko

Berikut Tips Parenting ala Moeldoko

Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko meminta masyarakat untuk tidak bicara sembarangan mengenai Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui kalimat maupun gambar. Moeldoko pun mengibaratkan Jokowi layaknya orang tua kita semua.


PinterPolitik.com

Entah itu pasangan lama maupun pasangan baru, memiliki momongan merupakan hal yang selalu didamba-dambakan. Namun, terkadang, kita pun dibuat khawatir juga di balik keinginan tersebut.

Mungkin, bapak dan ibu pasti berpikir, “Bagaimana ya caranya memiliki anak yang baik, sopan, santun, nan saleh(ah)?” Jawabannya sebenarnya sederhana, yakni kedisiplinan. Dengan sikap yang disiplin, mereka pun akan belajar bagaimana caranya bisa menghormati orang-orang yang lebih tua.

Nah, para parents bisa mengikuti cara-cara parenting ala Moel yang saya kembangkan sendiri. Berikut cara-cara ampuh bagi orang tua untuk meningkatkan kedisiplinan anak-anak:

1. Jangan biarkan coret-coret!

Kebiasaan anak kecil yang paling umum adalah kebiasaan mencorat-coret tembok. Ada yang bilang ini baik untuk kreativitas anak. Namun, menurut parenting ala Moel, coret-coret sembarangan merupakan kebiasaan buruk yang merusak rasa hormat anak-anak pada orang tua – apalagi kalau temboknya tidak menggunakan cat yang anti-noda (anti-stain). Jangan sampai nanti anak-anak kita jadi mural artists.

Baca Juga: Ivermectin, Kebijakan Buru-Buru Erick?

Mural Jokowi 404 Not Found

2. Biasakan diam dan anteng!

Dengan terbiasa diam dan anteng, anak-anak akan menginternalisasi apa arti kedisiplinan. Cara ini akan membuat anak tidak banyak bertanya. Lagipula, orang tua pasti kesal juga kalau menjawab jutaan pertanyaan dari anak-anak mereka yang serba penasaran – entah itu penasaran soal penanganan pandemi Covid-19, soal tes wawasan kebangsaan (TWK) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), soal kebijakan bantuan sosial (bansos) kala pandemi, atau bahkan soal bisnis di balik obat Ivermectin.

Baca juga :  Anies-AHY Kawin Paksa?

3. Hormati dan apresiasi pemerintah!

- Advertisement -

Pemerintah merupakan sosok yang harus dihormati. Namanya saja “pemerintah” – berperan sebagai pemberi perintah. Ini adalah hal yang penting untuk dipelajari anak-anak agar senantiasa bersikap disiplin. Perlu diketahui bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) – meski bukan simbol negara – itu bagaikan orang tua bagi kita semua.

Ya, dari tiga hal ini, insyaAllah, masyarakat – eh, maksudnya anak-anak – bisa menerapkan sikap disiplin dan hormat kepada pemerintah – maksudnya orang tua. Jangan sampai anak-anak kita menjadi terlalu kreatif sehingga menimbulkan banyak tanya dalam benak mereka. Harapannya tentu agar mereka jadi tidak sembarangan bicara dengan kalimat atau gambar. (A43)

Baca Juga: Amarah Moeldoko di Mural Jokowi


► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

spot_img
Previous articleAHY Kritik Diri Sendiri?
Next articleSpider-PAN

#Trending Article

Mahfud Sang Menteri Komentator?

“Tersangka belum diumumkan dia udah ngumumkan dulu. Apakah yang begitu itu jadi tugas Menko Polhukam. Koordinator, lo, bukan komentator.” – Bambang “Pacul” Wuryanto, Ketua Komisi...

Misteri Keresahan Gandum Limpo

“Kita impor terus nih. Kalau saya sih nggak setuju jelas. Kita, apapun kita makan singkong saja, sorgum saja, dan makan saja sagu” – Syahrul Yasin...

Tiket Pesawat Naik, Tiket PDIP Naik?

“Kasus mahalnya tiket pesawat ini lebih ke soal politis, mau siapapun menteri atau presidennya enggak akan mampu memaksa perusahaan menjual rugi tiket pesawatnya. Kecuali...

Puan Tidak Cocok Jadi Capres?

Nama Puan Maharani makin ramai dibicarakan menjelang kontestasi Pilpres 2024. Namun, apakah benar Puan punya rekam jejak cukup jadi capres?

Misteri Megawati Dikte Putin

“Putin bilang, ‘welcome, Megawati.’ Datang saya, pulang (ke Indonesia) saya bawa banyak (alutsista),” – Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum PDIP PinterPolitik.com Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan...

Luhut Gajah Mada-nya Jokowi?

“Pak Luhut mirip Gajah Mada, lihai hadapi banyak kasus. Kalau turun gunung pasti selesai,” – Adli Bahrun, pengamat sosial Universitas Jakarta (Unija) PinterPolitik.com Beberapa hari lalu, sempat...

TGB, Kunci Perindo Lolos Senayan?

“Dalam waktu dekat akan banyak deklarasi baru. Tokoh-tokoh bangsa akan bergabung dengan Partai Perindo” – Hary Tanoesoedibjo, Ketua Umum Partai Perindo PinterPolitik.com Tidak selamanya logika marketing periklanan...

Jakarta-Shanghai, Apple to Apple?

“In the long run, your human capital is your main base of competition. Your leading indicator of where you're going to be 20 years...

More Stories

Jokowi Khianati Projo dkk?

M. Qodari sebut Jokowi berselancar di antara dua karang, yakni karang partai (PDIP dkk) dan karang relawan (Projo dkk). Benarkah demikian?

Anies: Bukan Soal Arab-Jawa

Persoalan identitas Anies Baswedan dimunculkan Ruhut Sitompul usai putrinya menikah berbudaya Jawa. Mengapa ini bukan soal Arab atau Jawa?

Ma’ruf Amin Dukung Anies 2024?

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin tetap ingin netral di 2024. Namun, beberapa waktu lalu, sambut kunjungan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.