HomeCelotehAnies Dukung RK Pimpin Jakarta?

Anies Dukung RK Pimpin Jakarta?

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunggah sebuah video berisikan pernyataan anak-anak muda bahwa Ridwan Kamil (RK) alias Kang Emil ialah gubernur di Jakarta. Mungkinkah Anies menyiratkan dukungannya pada RK bila maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2024?


PinterPolitik.com

“I get a ‘hell yeah’ from Dre” – Eminem, “Rap God” (2013)

Fenomena Citayam Fashion Week akhir-akhir ini tampaknya telah mengguncang dunia maya. Bagaimana tidak? Kehadiran anak-anak generasi milenial hingga Generasi Z di Dukuh Atas, Jakarta, ini telah menjadi buah bibir di banyak platform media sosial (medsos).

Mungkin nih, karena nggak mau ketinggalan tren dan hype terbaru ini, para politisi akhirnya ikut-an buat jumping on the bandwagon – alias ikut serta melakukan apa yang ramai di masyarakat. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, misalnya, beberapa hari lalu melakukan “catwalk” layaknya anak-anak muda yang sebagian besar berasal dari luar Jakarta – seperti Citayam, Depok, dan Bojonggede.

Setelah Anies yang melakukan “catwalk” fesyen bersama sejumlah pejabat Uni Eropa (UE), kini giliran Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (RK) alias Kang Emil yang bertandang ke Dukuh Atas. Bersama para pengemudi ojek online (ojol), RK berjalan sembari bergaya dengan setelan (outfit) yang mencolok.

Uniknya lagi, Anies pun turut mengunggah video jawaban anak-anak muda Citayam Fashion Week yang ditanyai soal siapa yang kini memegang jabatan Gubernur DKI Jakarta. Lucunya, anak-anak tersebut tidak menyebutkan nama Anies, melainkan nama RK. 

Widih, gimana tuh perasannya Pak Anies? Apa nggak kesal ya sebagai tuan rumah bagi anak-anak CBD (Citayam, Bojonggede, dan Depok) di ibu kota ini?

Hmm, kalau kesal, kenapa Pak Anies malah meng-upload video tersebut ya? Apakah ini menjadi semacam sinyal tersirat bahwa Pak Gubernur DKI ini mendukung Kang Emil buat jadi penerusnya di Jakarta?

Baca juga :  Hadi dan Seragam "Militer" ATR/BPN
Giliran Anies yang Catwalk Citayam Fashion Week
- Advertisement -

Who knows, kan? Mungkin, video yang diunggah oleh Anies di akun Instagram miliknya itu adalah bagian dari upaya pemberian sinyal (signaling) – seperti apa yang dijelaskan oleh Brian L. Connelly dan rekan-rekannya di sebuah tulisan yang berjudul Signaling Theory: A Review and Assessment.

Namun, wacana agar RK jadi Gubernur DKI Jakarta bukanlah hal yang baru. Dalam sejumlah survei, nama RK pun sempat mencuat di pilihan atas sebagai sosok yang bisa menggantikan Anies lho.

Lagipula, bisa dibilang Kang Emil ini juga punya modal politik yang mumpuni buat jadi Gubernur DKI Jakarta. Bila mengacu pada tulisan Kimberly Casey yang berjudul Defining Political Capital, modal pendidikan dan pengalaman – digolongkan menjadi credential (kualifikasi) – bisa turut ditransformasikan menjadi modal politik.

Ya, kalau memang benar RK punya potensi – serta didukung oleh gubernur yang sebelumnya, bukan nggak mungkin ini bisa jadi kesempatan emas buat beneran maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2024.

Kan, jadi gubernur di ibu kota sering kali jadi batu loncatan (stepping stone) buat jadi presiden. Eh, tunggu dulu. Ibu kota yang mana dulu nih? Hmm. 🤔

Lumayan sih kalau ternyata RK bisa maju di Pilkada tersebut. Kita bisa punya pilihan lebih banyak di Pilkada DKI Jakarta sekaligus Pak Anies bisa mengurangi pesaing. Uppsss. (A43)


spot_img

#Trending Article

Ma’ruf Amin Apes di Pilkada 2020

"Kami menyatakan permohonan maaf kepada masyarakat Tangsel karena belum dapat memenangkan harapan perubahan. Hasil penghitungan suara kami tidak banyak dibandingkan paslon lain". - Siti...

Anies Taklukkan Indonesia Timur?

“Alhamdulillah, tujuh kabupaten (di Maluku) yang sudah terbentuk kepengurusan siap mendeklarasi Anies Presiden” – Sulaiman Wasahua, Ketua Relawan Sobat Anies Maluku PinterPolitik.com Manuver politik Gubernur DKI Jakarta...

Drama Maming Resahkan PDIP-PBNU?

“Kalau saya, koruptor jangan dicekal ke luar negeri tapi dicekik. Harusnya dicekal untuk balik ke Indonesia, biar korupsi di luar negeri,” Cak Lontong, Komedian Indonesia PinterPolitik.com Masyarakat...

Anies-AHY Kawin Paksa?

“Tentu proses membangun chemistry antara satu dan yang lain penting, bukan kawin paksa,” - Willy Aditya, Ketua DPP Partai NasDem PinterPolitik.com Siapa yang tidak kenal dengan Siti...

Misteri Teror Kominfo

“Teror bagaimana? Saya baru tahu teror, Kominfo diteror kali,” – Johnny G. Plate, Menkominfo PinterPolitik.com #BlokirKominfo menjadi trending di Twitter, banyak warganet yang melontarkan kritik terhadap kontroversi kebijakan Penyelenggara Sistem...

Ahok Disenggol Kasus Brigadir J?

“Pertanyaan saya, kapan mereka pacaran, sehingga ketika Ahok di balik jeruji dan di balik tembok mengikat perjanjian kawin dengan ajudan ibu,” – Kamarudin Simanjuntak, Pengacara...

Janji Surga ala Ma’ruf Amin?

“Bangsa Indonesia menjadi bangsa yang memeluk Islam terbanyak di dunia. Siapa yang berkata la ilaha illallah dakholal jannah masuk surga. Berarti penduduk surga itu kebanyakan...

Hadi dan Seragam “Militer” ATR/BPN

Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto buat seragam baru bagi ASN dan PNS Kementerian ATR/BPN. Mengapa pergantian seragam ini jadi penting?

More Stories

Pelosi ke Taiwan Hanya Setting-an?

Kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan buat heboh kawasan Indo-Pasifik, khususnya Tiongkok. Mungkinkah ini hanya setting-an?

Jokowi Loves Anies?

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ucapkan terima kasih ke Jokowi soal JIS. Mungkinkah ternyata Jokowi loves Anies dalam politik?

Timor Leste, Warisan Politik Jokowi?

Pemerintahan Jokowi memberikan dukungan agar Timor Leste jadi anggota ASEAN. Apakah Timor Leste jadi warisan politik Jokowi?