HomeCelotehAnies Dibayangi Kutukan Kekalahan?

Anies Dibayangi Kutukan Kekalahan?

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunggah sejumlah foto saat meninjau pipanisasi di Kamal Muara, Jakarta Utara. Di salah satu foto, pipi Anies terlihat tengah dicubit oleh emak-emak yang merupakan warga di daerah tersebut. Apakah itu merupakan sinyal kekalahan Anies?


PinterPolitik.com

Siapa sih yang bisa tahan kalau melihat hal-hal yang menggemaskan? Bila melihat kucing yang menggemaskan, misalnya, keinginan untuk mengelus dan bermain dengannya pun akan muncul dalam benak hati.

Tapi nih, gimana kalau ternyata yang menggemaskan itu adalah sesosok manusia? Mungkin, perasaan tersirat inilah yang muncul di benak seorang emak-emak yang bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Kamal Muara, Jakarta Utara, pada 30 Juni 2022 lalu. 

Ya, mungkin, di mata emak-emak tersebut, Pak Anies memang menggemaskan. Saking menggemaskannya, pipi dari Gubernur DKI Jakarta tersebut pun menjadi sasaran cubitan.

Mau nggak mau, karena menghadapi seorang emak-emak, Pak Anies ya hanya diam saja sambil tersenyum. Semua orang tentu tahu dong bagaimana the power of emak-emak di masyarakat. Beuh, tidak ada yang berani melawan.

Masalahnya, kekuatan emak-emak ini tidak hanya ketika hendak berbelok ke kanan tetapi memberi lampu sen ke kiri. Kekuatan kelompok emak-emak juga terletak dalam dimensi politik.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa isu-isu politik menjadi perhatian emak-emak. Isu kenaikan harga kebutuhan pokok, misalnya, adalah isu yang bisa berdampak langsung pada mereka – khususnya ketika harus mempertimbangkan kembali budget bulanan berbelanja di pasar.

Anies Baswedan Dicubit Emak-emak
- Advertisement -

Besarnya peran emak-emak ini tercatat dalam sejarah peristiwa besar Revolusi Prancis (1789-1799). David Garrioch dalam tulisannya yang berjudul The Everyday Lives of Parisian Women and the October Days of 1789 menjelaskan bahwa terdapat kelompok ibu-ibu penjual ikan dan buah-buahan di pasar yang bergerak untuk menduduki Istana Versailles kala itu. 

Baca juga :  Ceker Ayam, Rahasia Kemajuan Tiongkok?

Hmm, untung saja ibu-ibu waktu tidak kena pasal makar ya. Kalau kena pasal makar semua, nanti entah siapa juga yang bakal jualan bahan-bahan pangan yang dibutuhkan oleh masyarakat Prancis saat itu.

Terlepas dari itu semua, sebenarnya bukan Anies saja lho yang pernah dicubit dan jadi korban emak-emak. Calon Presiden (Capres) 2019 Prabowo Subianto, misalnya, pernah jadi sasaran cubitan emak-emak usai mencoblos pada 17 April 2019 silam.

Tidak hanya Prabowo, Calon Wakil Presiden (Cawapres) 2019 Sandiaga Uno juga kerap menjadi sasaran cubitan emak-emak. Pipi Bang Sandi akhirnya menjadi “korban” kala berkampanye pada tahun 2018 silam.

By the way, kalau dilihat-lihat, mereka yang jadi sasaran cubitan emak-emak adalah mereka yang kalah dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Waduh, apakah ini sebuah kutukan cubitan emak-emak?

Bila iya, sepertinya Pak Anies perlu berhati-hati nih kalau dicubit lagi. Bisa-bisa, kutukan itu berlanjut ke Pak Anies – tentu bila maju di Pilpres nanti ya. Hehehe. (A43)


spot_img

#Trending Article

Mahfud Sang Menteri Komentator?

“Tersangka belum diumumkan dia udah ngumumkan dulu. Apakah yang begitu itu jadi tugas Menko Polhukam. Koordinator, lo, bukan komentator.” – Bambang “Pacul” Wuryanto, Ketua Komisi...

Misteri Keresahan Gandum Limpo

“Kita impor terus nih. Kalau saya sih nggak setuju jelas. Kita, apapun kita makan singkong saja, sorgum saja, dan makan saja sagu” – Syahrul Yasin...

Tiket Pesawat Naik, Tiket PDIP Naik?

“Kasus mahalnya tiket pesawat ini lebih ke soal politis, mau siapapun menteri atau presidennya enggak akan mampu memaksa perusahaan menjual rugi tiket pesawatnya. Kecuali...

Puan Tidak Cocok Jadi Capres?

Nama Puan Maharani makin ramai dibicarakan menjelang kontestasi Pilpres 2024. Namun, apakah benar Puan punya rekam jejak cukup jadi capres?

Misteri Megawati Dikte Putin

“Putin bilang, ‘welcome, Megawati.’ Datang saya, pulang (ke Indonesia) saya bawa banyak (alutsista),” – Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum PDIP PinterPolitik.com Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan...

Luhut Gajah Mada-nya Jokowi?

“Pak Luhut mirip Gajah Mada, lihai hadapi banyak kasus. Kalau turun gunung pasti selesai,” – Adli Bahrun, pengamat sosial Universitas Jakarta (Unija) PinterPolitik.com Beberapa hari lalu, sempat...

TGB, Kunci Perindo Lolos Senayan?

“Dalam waktu dekat akan banyak deklarasi baru. Tokoh-tokoh bangsa akan bergabung dengan Partai Perindo” – Hary Tanoesoedibjo, Ketua Umum Partai Perindo PinterPolitik.com Tidak selamanya logika marketing periklanan...

Jakarta-Shanghai, Apple to Apple?

“In the long run, your human capital is your main base of competition. Your leading indicator of where you're going to be 20 years...

More Stories

Jokowi Khianati Projo dkk?

M. Qodari sebut Jokowi berselancar di antara dua karang, yakni karang partai (PDIP dkk) dan karang relawan (Projo dkk). Benarkah demikian?

Anies: Bukan Soal Arab-Jawa

Persoalan identitas Anies Baswedan dimunculkan Ruhut Sitompul usai putrinya menikah berbudaya Jawa. Mengapa ini bukan soal Arab atau Jawa?

Ma’ruf Amin Dukung Anies 2024?

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin tetap ingin netral di 2024. Namun, beberapa waktu lalu, sambut kunjungan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.