HomeCelotehAda Siasat Airlangga-Anies 2024?

Ada Siasat Airlangga-Anies 2024?

Muncul sebuah usulan agar Ketua Umum (Ketum) Golkar Airlangga Hartarto menggandeng Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Mungkinkah siasat ini benar adanya?


PinterPolitik.com

Bagi kalian yang suka dengan hiruk-pikuk yang biasa terjadi dalam dinamika politik, seri Game of Thrones (GoT) (2011-2019) mungkin bukanlah judul seri yang asing lagi. Gimana nggak? Seri satu ini memiliki tema politik yang sangat kental lho – meskipun menggunakan latar belakang ala abad pertengahan.

Nah, kalau kita perhatikan nih, seri ini kurang lebih menceritakan bagaimana berbagai keluarga bangsawan – mulai dari Stark, Lannister, Tyrell, hingga Targaryen – tengah memperebutkan takhta raja yang menguasai seantero negeri, yakni Iron Throne. Alhasil, berbagai manuver – mulai dari negosiasi hingga perang – dilakukan tuh di antara keluarga-keluarga bangsawan tersebut.

Kalau menurut mimin sih, salah satu keluarga yang paling jago dalam bermanuver di seri itu adalah Lannister tuh. Kenapa? Soalnya nih, Lannister ini dinilai memiliki modal politik yang besar tuh. Bahkan, keluarga bangsawan satu ini bisa dibilang sangat pragmatis tuh dalam berpolitik.

Salah satu caranya adalah dengan menggandeng keluarga-keluarga kerajaan lainnya. Beberapa keluarga yang dijadikan sekutu oleh Lannister adalah keluarga Frey – yang akhirnya berbuah hasil dengan memberikan pukulan yang dahsyat bagi keluarga Stark.

Hmm, mungkin, siasat untuk memperluas jaringan sekutu ini lagi disiapkan juga nih oleh salah satu aktor politik Indonesia, yakni Ketua Umum (Ketum) Golkar Airlangga Hartarto. Soalnya nih, Pak Airlangga kabarnya lagi bertemu dengan berbagai ketum-ketum partai politik (parpol) lain lho.

Baca Juga: Safari Airlangga Sinyal Tiga Poros di 2024?

Membaca Safari Politik Airlangga
- Advertisement -

Pada Februari lalu, misalnya, Pak Airlangga dikabarkan udah bertemu dengan Ketum Partai Nasdem Surya Paloh lho. Selain Pak Surya, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian tersebut juga udah bertemu dengan Ketum PPP Suharso Monoarfa dan Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Baca juga :  Megawati-Puan Maju di 2024?

Menariknya nih, ada yang bilang kalau serangkaian pertemuan ini ditujukan untuk membangun koalisi untuk tahun 2024 lho. Apalagi, Pak Airlangga ini makin santer bakal diusung untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Hmm, layaknya taktik ala GoT, Pak Airlangga ini bisa aja lagi membangun aliansi-aliansi nihTapi nih, kalau benar begitu, Ketum Golkar itu kayak-nya masih perlu mencari sosok yang bakal digandengnya nih menuju ke tahun politik tersebut.

Hmm, kira-kira siapa ya? Dengar-dengar nih, ada usulan lho agar Pak Airlangga menggandeng Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Ya, secara elektabilitas, Pak Anies ini berpotensi banget lah ya.

Meski begitu, siasat ini belum tentu benar adanya ya. Lagipula, kalau Pak Airlangga mau menggandeng Pak Anies, kayak-nya perlu rujuk dulu deh – mengingat sebelumnya Pak Menko Perekonomian paling vokal tuh dulu dalam mengkritik kebijakan-kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ala Pak Anies. Hehe. (A43)

Baca Juga: Petualangan Kopi ala Anies


► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

spot_img

#Trending Article

Berani Ganjar Tinggalkan PDIP?

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo tidak diundang dalam halal bihalal PDIP Jateng. Apakah PDIP sudah tidak memperhitungkan Ganjar? Apakah Ganjar harus meninggalkan PDIP? PinterPolitik.com Bagi...

Jokowi Sudah Selesai?

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana mulai mengemas barang-barangnya di Istana untuk dikirim ke Solo, Jawa Tengah. Apakah ini pesan kekuasaan RI-1 sudah selesai secara...

Partai Mana yang Diinginkan Gatot?

Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo menolak ajakan Din Syamsuddin untuk bergabung dalam Partai Pelita. Mungkinkah yang diinginkan Gatot adalah partai besar? PinterPolitik.com Kalau membahas eks Panglima...

Jokowi Dijutekin Biden?

Ketika mendarat di Washington DC, Amerika Serikat (AS), tidak ada pejabat tinggi AS yang menyambut Presiden Jokowi. Mungkinkah sang RI-1 tengah tidak dihiraukan atau...

Cak Imin Bisa “Tenggelam”?

Politikus PKB Umar Hasibuan sebut soal kemungkinan ancaman pembajakan terhadap PKB. Bila terjadi, mungkinkah Cak Imin bisa makin tenggelam?

Jakarta-Shanghai, Apple to Apple?

“In the long run, your human capital is your main base of competition. Your leading indicator of where you're going to be 20 years...

Di Balik TikTok Zulhas-RK

Selain bertemu dengan Ketum PAN Zulkifli Hasan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) alias Kang Emil juga membuat video TikTok dan Reels.

Anies Lagi, Anies Lagi

Beberapa pihak menyebut nama Jakarta International Stadium (JIS) melanggar undang-undang karena tidak menggunakan bahasa Indonesia. Apakah kritik ini terjadi karena yang merampungkan pembangunannya adalah...

More Stories

Cak Imin Kerdilkan Gus Yahya?

Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) unggah kaos "NU Struktural vs NU Kultural". Apakah ini strategi kerdilkan Ketum PBNU Gus Yahya?

Thomas Lembong, ‘Tangan Kanan’ Anies?

Sosok mantan Menteri Perdagangan Thomas Lembong tampak selalu dampingi Anies Baswedan di Eropa. Apa Thomas kini 'tangan kanan' Anies?

Di Balik TikTok Zulhas-RK

Selain bertemu dengan Ketum PAN Zulkifli Hasan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) alias Kang Emil juga membuat video TikTok dan Reels.