HomeCelotehSri Mulyani ‘Sakit Perut’

Sri Mulyani ‘Sakit Perut’

“Just the thought of lying makes me puke” – Marta Cabrera, Knives Out (2019)


PinterPolitik.com

Siapa yang tidak kenal dengan Sri Mulyani Indrawati (Ani)? Menteri Keuangan (Menkeu) ini disebut kerap mendapatkan penghargaan sebagai salah satu menteri terbaik di kawasan Asia dan Pasifik.

Beliau juga pernah ditunjuk sebagai Direktur Pelaksana di Bank Dunia – menjadikan dirinya sebagai perempuan Indonesia pertama yang memimpin organisasi internasional itu. Tak mengherankan tuh apabila Presiden Joko Widodo (Jokowi) kerap mengandalkan Bu Ani buat menjalankan kebijakan-kebijakan ekonomi dan penganggaran negara.

Sebagai menteri terbaik, sudah pastinya dong Bu Ani menyanggupi rancangan kebijakan dan program yang disusun oleh Pak Jokowi. Apalagi, kan, Pak Presiden cukup gigih tuh dalam mencangkan program-programmya.

Beberapa waktu lalu, Bu Ani mencurahkan hatinya (curhat) mengenai sulitnya mewujudkan janji-janji kampanye Pilpres 2019 yang diberikan oleh Pak Jokowi kepada masyarakat. Beliau menyebutkan bahwa janji-janji yang menjanjikan serba gratis kala itu memang lah sebuah bagian kecantikan dari Pemilu sendiri.

Program kartu pra-kerja misalnya, disebut-sebut dapat menjadi angin baru bagi para lulusan perguruan tinggi yang tengah mencari pekerjaan. Dengan program itu, nantinya para pencari kerja ini bisa memiliki kesempatan untuk magang di perusahaan-perusahaan.

Ya, tentu saja, guna mewujudkan hal tersebut, juga diperlukan anggaran yang tak kecil. Skema sumber biaya inilah yang harus dipikirkan oleh Bu Ani. Tapi, saking bingungnya dalam mewujudkan kebijakan itu, beliau sampai-sampai mengalami sakit perut lho. Waduh.

- Advertisement -

Wah, meski menyanggupi permintaannya Pak Jokowi, ternyata Bu Ani bakal sakit perut juga ya kalau kebingungan dalam upaya mewujudkan hal tersebut. Hmm, jadi mirip dengan film Knives Out (2019) ya.

Dalam film tersebut, terdapat satu tokoh yang dikisahkan memiliki kebiasaan sakit mual dan muntah apabila dirinya berbohong. Sekuat apapun tekadnya untuk berbohong, Marta Cabrera selalu akan memuntahkan isi perutnya.

Mungkin, seperti Cabrera, apa yang dimulai dari pikiran akan terbawa juga pada kondisi fisik Bu Ani. Apalagi, pikiran-pikiran yang berat tersebut menjadi tuntutan yang harus dipenuhi. Ya, kan?

Ya, semoga saja sakit perutnya Bu Ani dapat segera sembuh guna menjalankan tugas-tugasnya. Apalagi, kan, banyak menteri dan pejabat yang harus dinyinyirin juga tuh soal realisasi anggaran setiap kementerian dan lembaga. Hehe. (A43)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

Baca juga :  Siapa Bilang Erick Gak Berpartai?
spot_img

#Trending Article

Zulhas Gak Nyambung?

Baru saja dilantik menjadi Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan (Zulhas) langsung sidak ke pasar dan tiba-tiba berikan hadiah umrah kepada pedagang. Kenapa Zulhas melakukan...

Jokowi Gak Butuh Ma’ruf Amin?

Tidak terlihatnya Wakil Presiden Ma’ruf Amin pada reshuffle kabinet mengundang tanda tanya sebagian orang. Apakah ini bermakna bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah tidak butuh Ma’ruf? PinterPolitik.com Sebagian orang...

Ganjar, Mbappe-nya PDIP?

Nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dilirik partai lain untuk dijadikan Capres 2024. Apakah Ganjar semacam "Mbappe"-nya PDIP?

Ma’ruf Ternyata Salah Tangkap?

Anak-anak di Pangkalpinang sebut bercita-cita jadi presiden kepada Wapres Ma'ruf Amin. Apa mungkin Ma'ruf salah tangkap?

SBY-JK Bersatu Untuk 2024?

Pertemuan antara Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Jusuf Kalla (JK) mencuri atensi publik dan melahirkan berbagai spekulasi politik. Lantas, mungkinkah reuni SBY-JK ini dapat membuat...

PKB Merah Cukur Gundul PKS?

Kelompok yang menamakan dirinya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Merah melakukan aksi cukur rambut hingga gundul. Kenapa ritual gundul dapat berubah menjadi instrumen politik? PinterPolitik.com Lagu Gundul-gundul Pacul pastinya...

Puan Ratu Konten?

Konten video Ketua DPR RI Puan Maharani heboh lagi, kali ini dengan aksi nge-vlog dalam ruangan yang memperlihatkan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sedang berbicara dengan...

NasDem-PDIP, Siapa Paling Sombong?

Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Nasdem dan PDIP terlihat menjadi ajang saling sindir ketua umum partai soal “partai sombong”. Lantas, apakah Surya Paloh dan Megawati sedang saling...

More Stories

Siasat Luhut Tawar-tawar Kuota Haji

Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan temui Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman (MBS), dan bahas soal kuota haji Indonesia.

Megawati Tidak Rasis ke Papua?

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri analogikan tercampurnya orang Papua dengan etnis Indonesia bagaikan "kopi susu". Apakah Megawati rasis?

Mahathir Bisa Buat Jokowi Terganggu?

Eks-PM Malaysia Mahathir Mohamad sebut Kepulauan Riau harusnya diminta oleh Malaysia. Apa Mahathir ingin ganggu pemerintahan Jokowi?