HomeCelotehPetuah Djarot untuk Anies

Petuah Djarot untuk Anies

“Batman, you need us” – Barbara Gordon, The LEGO Batman Movie (2017)


PinterPolitik.com

Awal tahun 2020 ini mungkin menjadi salah satu ujian terberat bagi Jakarta, termasuk untuk Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Pasalnya nih, hampir seluruh wilayah ibu kota terdampak oleh bencana banjir.

Selain masyarakat yang kebanjiran, Pak Anies ternyata juga kebanjiran, yakni kebanjiran kritik dan hujatan. Bagaimana tidak? Setelah peristiwa banjir tersebut, banyak warganet dan publik menilai kinerja Pak Gubernur kurang baik dalam mencegah air bah.

Pada akhirnya, di tengah-tengah situasi bencana ini, Pak Anies banyak melakukan blusukan guna melakukan inspeksi dan menemui para korban di berbagai titik banjir di wilayah yang dipimpinnya ini. Namun, ada yang tampaknya kurang dari kunjungan-kunjungan Pak Gubernur, yakni pasangannya alias Wakil Gubernur.

Kesendirian Pak Anies dalam menjalani hari-hari sulit ini tampaknya berujung pada beban berkelanjutan. Dalam mengarungi Jakarta kala banjir, beliau sampai-sampai dinilai kewalahan.

Ya, segala sesuatu mungkin memang berat bila dijalani dalam kesendirian. Bagaikan kisah Tom Hansen dalam film 500 Days of Summer (2009), kesedihan kembali menghantuinya kala Summer Finn memutuskan untuk meninggalkannya.

Begitulah manusia yang memang saling membutuhkan satu sama lain. Seperti orang-orang bilang, truk saja memiliki gandengan, apalagi manusia yang penuh emosi.

- Advertisement -

Melihat kesendirian Anies, Djarot Saiful Hidayat mungkin paham. Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu menilai kalau tugas Pak Anies yang dijalankan sendiri memang berat. Maka dari itu, beliau menilai kalau posisi wakil gubernur perlu diisi segera.

Meski begitu, layaknya teman yang baik, Pak Djarot kembali lagi menyerahkan keputusan itu pada Anies – dan (jangan lupa) partai-partai pengusungnya. Beliau tak masalah bila Anies lebih nyaman menjadi single.

Ya, walaupun misalnya Pak Anies lebih nyaman sendirian, bukan nggak mungkin beliau tetap butuh bantuan. Coba lihat Batman. Dalam film The LEGO Batman Movie (2017), superhero asal Gotham itu menyebut dirinya lebih suka bekerja sendirian dalam membasmi kejahatan.

Padahal nih ya, Batman juga banyak dibantu oleh rekan-rekannya, seperti Alfred Pennyworth, Komisioner James Gordon, dan Barbara Gordon (Oracle). Selain mereka, superhero berlambang kelelawar ini juga punya rekan sidekick loh, yakni Robin yang individunya juga berganti-ganti.

Hmm, kalau Batman yang tangguh saja masih butuh sidekick dan rekan-rekannya, bagaimana dengan Pak Anies? Apa Pak Djarot ingin membantu Pak Gubernur (lagi) nih? Ya, siapapun orangnya – yang jelas – posisi wagub bisa saja memang penting – colek Gerindra-PKS. Hehe. (A43)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

- Advertisement -

Baca juga :  Dua Langkah Lagi Andika Jadi Presiden?
spot_img

#Trending Article

Jokowi Isyaratkan Lawan Megawati?

Tangkapan kamera formasi iringan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama tujuh ketua umum partai politik dianggap merepresentasi terbentuknya poros koalisi menghadapi kontestasi politik 2024. Lantas,...

Surya Paloh Cuma Coba-coba?

Meskipun Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem telah menghasilkan nama-nama hasil voting Dewan Pimpinan Daerah (DPW), Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyebut Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo yang...

Cak Imin Jago Gocek?

Lagi lagi Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar yang akrab disapa Cak Imin tampil dan menarik atensi publik melalui gocekan-gocekan politiknya...

NasDem-Demokrat Bentuk Koalisi?

Surya Paloh merupakan elite politik pertama yang ditemui secara terbuka oleh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Apakah Partai NasDem dan Partai Demokrat akan membentuk koalisi? PinterPolitik.com Sambutan...

Prabowo Tidak Yakin dengan Megawati?

Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) dibentuk oleh Partai Gerindra bersama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Apakah ini dapat dimaknai sebagai kekhawatiran Prabowo Subianto terhadap Megawati? PinterPolitik.com Partai Gerindra...

Kok Jokowi Marah-Marah?

Lagi-lagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegur pejabat  kementerian dan pemerintahan daerah soal prioritas belanja. Jokowi menilai belanja produk luar masih lebih tinggi dibandingkan produk...

Permainan Surya Paloh Belum Usai?

Meski Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem telah usai, tapi tanya tentang hasil Rakernas masih membayangi pikiran publik. Apa sebenarnya strategi Ketua Umum Surya Paloh di balik...

Jokowi Gak Butuh Ma’ruf Amin?

Tidak terlihatnya Wakil Presiden Ma’ruf Amin pada reshuffle kabinet mengundang tanda tanya sebagian orang. Apakah ini bermakna bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah tidak butuh Ma’ruf? PinterPolitik.com Sebagian orang...

More Stories

Bukan Jokowi, Tapi Gibran?

Putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, yang kini jabat Wali Kota Solo tarik perhatian para elite politik, seperti Prabowo dan Megawati.

Biden Paksa Jokowi Beli Senjata?

Presiden AS Joe Biden sebut siap bela Taiwan bila diserang Tiongkok. Apakah ini bisa jadi cara Biden "paksa" Jokowi beli senjata?

Muslihat Jokowi Manfaatkan Putin?

Presiden Jokowi dikabarkan akan bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow. Apa ini muslihat Jokowi manfaatkan sosok Putin?