HomeCelotehPancasila Terhalang Anggaran?

Pancasila Terhalang Anggaran?

“Segala yang lenyap adalah kebutuhan bagi yang lain, itu sebabnya kita bergiliran lahir dan mati. Seperti gelembung-gelembung di laut berasal, mereka muncul, kemudian pecah, dan kepada laut mereka kembali.” ~ Alexander Pope, An Essay on Man


PinterPolitik.com

[dropcap]P[/dropcap]uisi dari Paus Alexander di atas, menjadi penutup surat pengunduran diri terbuka Yudi Latief dari jabatannya sebagai Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang ia unggah di media sosial. Berita pengunduran diri ini, langsung menjadi trending topic di berbagai media dan mendapat respon yang juga beragam.

Namun sebagian besar sih, mendukung keputusannya tersebut dan dianggap sebagai tindakan yang lebih Pancasilais ketimbang badan pembina ideologi itu sendiri. Hmm, kok jadi bikin masyarakat bertanya-tanya sih? Bukannya Yudi sendiri yang sempat bilang kalau Pancasila sudah mulai luntur di masyarakat? Tapi kok malah mundur?

Sejak dibentuk Juni tahun lalu dengan nama Unit Kerja Presiden-Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP), lembaga yang niatnya untuk mengenalkan kembali ideologi bangsa ini memang kerap diliputi kontroversi dan polemik. Selain tugas dan tanggung jawabnya, belakangan besaran gaji yang diterima pun menjadi omongan.

Dengan banyaknya cibiran itu, kalau dipikir-pikir, wajar sih Yudi memilih mundur. Apalagi dalam suratnya, ternyata informasi gaji yang tingginya “selangit” itu juga belum benar-benar bisa mereka nikmati, karena anggarannya aja belum turun. Wedeeew, kasihan juga ya. Udah kerja capek-capek, belum di gaji aja udah dicibirin orang.

Enggak heran juga sih, kalau Fadli Zon ikut happy dengan mundurnya Yudi, kan dia yang paling getol permasalahin gaji BPIP. Selamat ya, oposisi menang nih ceritanya? Terus gimana dong tuh nasib pengenalan Pancasilanya? Kalau kata Refli Harun sih, Pancasila harusnya dibangun bottom up bukan sebaliknya, hmm.

Permasalahannya kan, sekarang yang bottom up itu ajaran radikal dan intoleransi, apa terus Pemerintah harus diam-diam aja? Coba ya, itu para pengamat politik yang katanya cinta Pancasila dan lebih Pancasila dari Pemerintah, rakyat kudu gimana? Kalau kata Konfusius, Anda belum hebat kalau hanya bisa bicara tanpa bisa berbuat, lho. (R24)

Baca juga :  Megawati Adopsi Opsus Ali Moertopo?
spot_img

#Trending Article

Ma’ruf Amin Apes di Pilkada 2020

"Kami menyatakan permohonan maaf kepada masyarakat Tangsel karena belum dapat memenangkan harapan perubahan. Hasil penghitungan suara kami tidak banyak dibandingkan paslon lain". - Siti...

Anies Taklukkan Indonesia Timur?

“Alhamdulillah, tujuh kabupaten (di Maluku) yang sudah terbentuk kepengurusan siap mendeklarasi Anies Presiden” – Sulaiman Wasahua, Ketua Relawan Sobat Anies Maluku PinterPolitik.com Manuver politik Gubernur DKI Jakarta...

Drama Maming Resahkan PDIP-PBNU?

“Kalau saya, koruptor jangan dicekal ke luar negeri tapi dicekik. Harusnya dicekal untuk balik ke Indonesia, biar korupsi di luar negeri,” Cak Lontong, Komedian Indonesia PinterPolitik.com Masyarakat...

Anies-AHY Kawin Paksa?

“Tentu proses membangun chemistry antara satu dan yang lain penting, bukan kawin paksa,” - Willy Aditya, Ketua DPP Partai NasDem PinterPolitik.com Siapa yang tidak kenal dengan Siti...

Misteri Teror Kominfo

“Teror bagaimana? Saya baru tahu teror, Kominfo diteror kali,” – Johnny G. Plate, Menkominfo PinterPolitik.com #BlokirKominfo menjadi trending di Twitter, banyak warganet yang melontarkan kritik terhadap kontroversi kebijakan Penyelenggara Sistem...

Ahok Disenggol Kasus Brigadir J?

“Pertanyaan saya, kapan mereka pacaran, sehingga ketika Ahok di balik jeruji dan di balik tembok mengikat perjanjian kawin dengan ajudan ibu,” – Kamarudin Simanjuntak, Pengacara...

Janji Surga ala Ma’ruf Amin?

“Bangsa Indonesia menjadi bangsa yang memeluk Islam terbanyak di dunia. Siapa yang berkata la ilaha illallah dakholal jannah masuk surga. Berarti penduduk surga itu kebanyakan...

Hadi dan Seragam “Militer” ATR/BPN

Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto buat seragam baru bagi ASN dan PNS Kementerian ATR/BPN. Mengapa pergantian seragam ini jadi penting?

More Stories

Informasi Bias, Pilpres Membosankan

Jelang kampanye, pernyataan-pernyataan yang dilontarkan oposisi cenderung kurang bervarisi. Benarkah oposisi kekurangan bahan serangan? PinterPolitik.com Jelang dimulainya masa kampanye Pemilihan Presiden 2019 yang akan dimulai tanggal...

Galang Avengers, Jokowi Lawan Thanos

Di pertemuan World Economic Forum, Jokowi mengibaratkan krisis global layaknya serangan Thanos di film Avengers: Infinity Wars. Mampukah ASEAN menjadi Avengers? PinterPolitik.com Pidato Presiden Joko Widodo...

Jokowi Rebut Millenial Influencer

Besarnya jumlah pemilih millenial di Pilpres 2019, diantisipasi Jokowi tak hanya melalui citra pemimpin muda, tapi juga pendekatan ke tokoh-tokoh muda berpengaruh. PinterPolitik.com Lawatan Presiden Joko...