HomeCelotehMahfud MD Curhat Gagal Umrah

Mahfud MD Curhat Gagal Umrah

“And I’ma do whatever it takes to convince you” – Dr. Dre, produser dan penyanyi rap asal Amerika Serikat


PinterPolitik.com

Menyusul ramainya kekhawatiran atas penyebaran penyakit menular virus Corona (Covid-19), banyak negara akhirnya menerapkan kebijakan dengan membatasi akses transportasi dari luar negeri. Otoritas penerbangan sipil India (DCGA) misalnya, memutuskan untuk memindai para penumpang yang berasal dari negara-negara Asia Timur dan Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Kali ini, keputusan itu juga datang dari Arab Saudi. Negara Timur Tengah tersebut memutuskan untuk menutup akses masuk dan memberhentikan ibadah umrah dari berbagai negara, termasuk Indonesia juga.

Akibatnya, banyak warga negara Indonesia nggak bisa berangkat ke Arab Saudi. Banyak calon penumpang yang telah menyiapkan sejak jauh-jauh hari harus menunggu tanpa kepastian di bandar udara kemarin.

Hmm, tapi, ternyata, kebijakan ini tak hanya berdampak pada masyarakat umum saja. Salah satu pejabat tinggi akhirnya turut merasakan dampakanya, yakni Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.

Beberapa waktu lalu, Pak Mahfud mencurahkan hatinya (curhat) kalau dirinya telah berencana untuk berangkat ke Arab Saudi pada dua minggu mendatang. Beliau menyebutkan bahwa dirinya akan melaksanakan ibadah umrah di negeri Timur Tengah itu.

Waduh, Pak Mahfud kecewa nggak ya kalau gagal berangkat gini? Kata beliau sih, dirinya tak kecewa dengan keputusan pemerintah Arab Saudi. Menurutnya, keputusan itu untuk kebaikan bersama dan beliau menyetujui untuk mematuhinya.

- Advertisement -

Hmm, mungkin, biar Pak Mahfud dan calon jemaah lainnya bisa tetap berangkat, Pak Menko bisa tuh meyakinkan pemerintah Arab Saudi kalau Indonesia itu hingga kini masih terbebas dari virus Corona. Sebagai Menko Polhukam, Pak Mahfud bisa tuh menginstruksikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi untuk bernegosiasi lebih lanjut dengan negara tersebut.

Biar pemerintah Arab Saudi bisa yakin, Pak Mahfud dan Bu Retno bisa tuh mengajak Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Kan, Pak Menkes paling yakin tuh kalau Indonesia bisa terbebas dari virus Corona berkat doa.

Eh, tapi, kayaknya, pemerintah Indonesia nggak hanya perlu meyakinkan Arab Saudi deh. Selain negara tersebut, banyak pihak turut meragukan klaim pemerintah bahwa virus Corona belum masuk ke Indonesia. Hmm, kira-kira masyarakat kita sendiri masih percaya sama klaim itu juga nggak ya? (A43)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

Baca juga :  Jokowi Turun Kasta?
spot_img

#Trending Article

Jakarta-Shanghai, Apple to Apple?

“In the long run, your human capital is your main base of competition. Your leading indicator of where you're going to be 20 years...

Polemik Kuntadhi, Ganjar Cuci Tangan?

“Saya kenal Pak Ganjar. Tapi kayaknya Pak Ganjar, ya nggak kenal saya secara pribadi,” – Eko Kuntadhi, Pegiat media sosial PinterPolitik.com Eko Kuntadhi – pegiat media...

Mahfud MD Permainkan Bjorka?

“Satgas itu dibentuk bukan untuk memburu Bjorka, sebab yang dari Bjorka itu tak satupun yang membobol rahasia negara. Itu hanya sensasi,” – Mahfud MD,...

Airlangga ”Dijepit” JK dan PKS?

“Pak JK selalu dikaitkan, endorse Anies, kenapa nggak berat ke AH. Kalau kemudian Pak JK dikaitkan dengan endorse AH itu tidak lepas dari upaya upaya mencarikan...

Misteri Nomor Urut Tiga PDIP

“Jadi dari pihak PDIP, mengusulkan yang namanya tanda gambar itu, nomor itu sebenarnya saya katakan kepada Bapak Presiden dan Ketua KPU dan Bawaslu bahwa...

Di-Back Up SBY-JK-Paloh, Anies Pede?

“Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) selaku ayah biologis dan ideologis AHY, Jusuf Kalla sebagai mentor politik Anies, dan Surya Paloh sebagai king maker,” – Ahmad...

Dewan Kolonel, Gimmick Duet Puan-Prabowo?

“Pokoknya, Dewan Kolonel ini adalah satu-satunya dengan tujuan mendukung Mbak Puan di 2024. Itu sekali lagi, tentu kami masih menunggu keputusan Bu Megawati siapa...

Jokowi, Anies, dan Politik Penghargaan

Anies Baswedan mendapatkan penghargaan Lee Kuan Yew Exchange Fellow dari Singapura. Sementara, Jokowi dapat Global Citizen Awards di AS.

More Stories

Ketika Anies Jadi Cover Boy

Baru-baru ini, warga Kota Malang, Jawa Timur, diramaikan oleh kemunculan tabloid-tabloid bergambarkan muka Anies. Anies sukses jadi cover boy?

Jokowi, Anies, dan Politik Penghargaan

Anies Baswedan mendapatkan penghargaan Lee Kuan Yew Exchange Fellow dari Singapura. Sementara, Jokowi dapat Global Citizen Awards di AS.

Mengapa Mahfud Kebut UU PDP?

Setelah ramai serangan Bjorka pada pejabat, Mahfud MD berjanji agar UU Perlindungan Data Pribadi (PDP) segera disahkan oleh DPR.