Pinter EkbisTeh Susu: Minuman Sejuta Umat?

Teh Susu: Minuman Sejuta Umat?


PinterPolitik.com

Teh, sebagai salah satu minuman tertua di dunia, telah menjadi bagian dari berbagai budaya di seluruh dunia. Dalam perjalanannya, teh mengalami berbagai modifikasi sesuai dengan selera lokal masyarakat.

Salah satu variasi yang paling populer adalah teh susu. Berikut adalah eksplorasi tentang teh susu dari beberapa negara yang mencerminkan kekayaan dan keragaman budaya dunia.

Teh Tarik (Malaysia)

Merupakan ikon kuliner Malaysia, teh tarik adalah kombinasi dari teh hitam dan susu kental manis yang disajikan panas. Teh tarik terkenal dengan ritual penyajiannya dimana teh ditarik berkali-kali dari satu gelas ke gelas lain hingga menghasilkan busa di permukaannya. Proses ini tidak hanya memberi teh tekstur yang halus tetapi juga memberikan sensasi rasa yang kaya.

Masala Chai (India)

Dikenal sebagai minuman nasional India, masala chai adalah campuran dari teh hitam, susu, dan berbagai rempah-rempah seperti jahe, cengkeh, kayu manis, dan kadhi patta. Masala chai biasanya diseduh kuat dan manis, menawarkan rasa yang hangat dan menggugah selera.

Cha Yen (Thailand)

Cha Yenadalah minuman yang manis dan menyegarkan. Diseduh dari teh hitam yang dicampur dengan susu kental manis dan susu evaporasi, minuman ini memperoleh warna amber yang kaya dan rasa manis yang khas.

Disajikan dingin dengan es batu, Cha Yen sering kali ditemukan di pasar jalanan Bangkok hingga kafe-kafe trendi di seluruh dunia. Selain rasanya yang menarik, Cha Yen juga menawarkan estetika visual yang cantik dengan gradasi warnanya yang indah.

Milk Tea (Hong Kong)

Disebut juga sebagai “Hong Kong-style milk tea”, minuman ini terbuat dari teh hitam dan susu evaporasi atau susu kental manis. Proses penyeduhan yang unik, dengan teh yang disaring berulang kali, menghasilkan tekstur yang halus dan rasa yang kental.

Baca juga :  Pemuda Pancasila Loyalis Anies?

Bubble Tea (Taiwan)

Memulai debutnya di Taiwan pada tahun 1980-an, bubble tea adalah kombinasi dari teh, susu, dan bola-bola tapioka yang kenyal. Walaupun berawal dari Taiwan, bubble tea telah menjadi fenomena global dan tersedia dalam berbagai varian rasa dan topping.

English Breakfast Tea (Inggris)

Meskipun bukan sepenuhnya teh susu, English Breakfast Tea seringkali dinikmati dengan tambahan susu. Ini adalah teh hitam yang kuat dan biasanya disajikan dengan susu dan gula sesuai selera.

Dari Malaysia hingga Inggris, teh susu telah menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya minuman di banyak negara. Setiap negara memiliki cara unik dalam menyeduh, menggabungkan bahan-bahan, dan menikmati teh susu mereka.

Meminum teh susu bukan hanya tentang menikmati rasa, tetapi juga merayakan tradisi dan cerita yang ada di balik setiap cangkir. (A49)

Exclusive content

Latest article

More article