Pinter EkbisTarget Pertumbuhan Ekonomi 2024 Jokowi Turun

Target Pertumbuhan Ekonomi 2024 Jokowi Turun


PinterPolitik.com

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2024 sebesar 5,2 persen. Target tersebut lebih rendah 0,1 persen dari tahun 2023.

Presiden Jokowi mengatakan jika turunnya target tersebut telah mempertimbangkan risiko yang ada pada tahun depan. Mengingat, tahun 2024 adalah tahun politik.

“Pertumbuhan ekonomi 2024 diperkirakan sebesar 5,2 persen, Situasi kondusif dan damai pada Pemilu dan Pilkada serentak 2024 harus kita wujudkan demi meningkatkan optimisme perekonomian jangka pendek,” Presiden Jokowi (16/8/2023).

Demi mewujudkan target tersebut di tahun depan, Presiden Jokowi akan menjaga pasokan pangan hingga energi untuk menekan nilai inflasi.

Pertumbuhan ekonomi adalah salah satu aspek kunci yang mengukuhkan kemajuan suatu negara. Dalam era globalisasi dan kompetisi global yang semakin ketat, pertumbuhan ekonomi menjadi faktor penting dalam menentukan posisi suatu negara di panggung dunia.

Namun, penting untuk diingat bahwa pertumbuhan ekonomi harus diimbangi dengan keberlanjutan dan distribusi yang adil.

Pertumbuhan ekonomi yang tidak berkelanjutan dapat merusak lingkungan dan sumber daya alam, sementara distribusi yang tidak merata dapat menciptakan kesenjangan sosial yang besar.

Oleh karena itu, perencanaan ekonomi yang bijaksana dan kebijakan yang tepat perlu diterapkan untuk memastikan bahwa pertumbuhan ekonomi membawa manfaat jangka panjang bagi semua lapisan masyarakat.

Secara keseluruhan, pentingnya pertumbuhan ekonomi bagi suatu negara tidak dapat diabaikan.

Pertumbuhan ekonomi yang kuat berdampak positif pada kesejahteraan masyarakat, pembangunan infrastruktur, inovasi, dan keuangan negara.

Namun, penting untuk memastikan bahwa pertumbuhan tersebut berkelanjutan dan merata guna mencapai tujuan pembangunan jangka panjang. (S83)

Baca juga :  Di Balik Operasi Semi Rahasia Kaesang?

Exclusive content

Latest article

More article

Andika Mampu Kalahkan Ahmad Luthfi?

BUMN dan Nestapa Erick Thohir?