Pinter EkbisStretch Marks: Penyebab, Pencegahan Dan Perawatan

Stretch Marks: Penyebab, Pencegahan Dan Perawatan


socioloop.co

Stretch marks merupakan garis – garis halus yang kerap muncul pada permukaan kulit tiba – tiba mengalami peregangan atau secara berkelanjutan dalam waktu yang singkat.

Stretch marks memang tidak berbahaya tapi terkadang menyebabkan rasa tidak nyaman dan tentu menjadi penyeban rasa tidak percaya diri bagi beberapa orang. 

Stretch marks terjadi karena perubahan yang cepat dalam elastisitas kulit, seperti kenaikan berat badan yang cepat atau penurunan berat badan yang drastis dapat merusak elastisitas kulit.

Lalu, perubahan hormon dan pertumbuhan perut selama proses kehamilan. Selain itu, perubahan hormonal semala pubertas dapat menyebabkan pertumbuhan tubuh yang cepat.

Serta faktor genetik yang dapat memperngaruhi kecenderungan seseorang untuk mempunyai Stretch marks.

Stretch marks adalah kondisi umum yang tidak selalu dapat dicegah. Meski demikian, Stretch marks cara yang bisa dilakukan untuk meminimarisir resiko munculnya Stretch marks yaitu, menjaga berat badan sehat oleh karena itu jagalah bobot tubuh agar tetap stabil.

Tidak itu saja, menerapkan pola makan sehat juga penting karena makanan yang sehat dan segar juga dapat menjaga kulit tetap sehat.

Perawatan kuit dengan rutin untuk mengaplikasikan pelempab atau krim yang mengandung Vitamin E, asam retinoat, dan minyak alami ke area yang rentan mengalami Stretch marks seperti, pinggul, perut dan payudara.

Untuk menghilangkan Stretch marks tentu perlu adanya perawatan. Cara perawatan Stretch marks bisa dilakukan dengan terapi laser yaitu jenis operasi kecil dengan menggunakan laser kulit untuk menghilangkan lapisan Stretch dan merasang pertumbuhan serat kolagen baru agar kulit menjadi halus.

Tidak itu saja, bisa dilakukan juga terapi mikrodermabrasi adalah prosedur yang menggunakan alat khusus untuk mengangkat lapisan atas kulit yang terkena Stretch marks, merangsang pertumbuhan kulit baru.

Tapi perlu diingat bahwa hasil perawatan dapat bervariasi antar individu. Jika kamu memiliki kekhawatiran atau saran lebih lanjut, silahkan untuk konsultasikan dengan dokter kulit agar mendapatkan panduang perawatan yang sesuai. (R94)

Exclusive content

Latest article

Prabowo Cari Pengganti Erick Thohir?

PPP Huru-Hara, Sandi Nestapa?

10 SMA Terbaik di Indonesia

More article

Prabowo Cari Pengganti Erick Thohir?

PPP Huru-Hara, Sandi Nestapa?

10 SMA Terbaik di Indonesia