Pinter EkbisSejarah Tisu, Tipis Tapi Fantastis!

Sejarah Tisu, Tipis Tapi Fantastis!


socioloop.co

Tisu adalah produk yang kita gunakan sehari-hari tanpa terlalu banyak berpikir tentang sejarah dan produsen di baliknya. Namun, pengetahuan tentang asal usul tisu dan produsen terbesar di dunia bisa menjadi pandangan menarik ke dalam industri yang sangat penting ini.

Sejarah tisu bermula dari Tiongkok pada abad ke-2 SM, di mana kertas tisu pertama kali diciptakan oleh Dinasti Han. Awalnya, kertas tisu ini digunakan untuk keperluan kebersihan pribadi, seperti membersihkan tangan dan wajah.

Namun, produksi dan penggunaan kertas tisu baru benar-benar melebar ke seluruh dunia pada abad ke-17 dan ke-18.

Di Eropa, kertas tisu pertama kali digunakan oleh bangsawan untuk membersihkan tangan mereka selama pesta mewah. Pada abad ke-19, penggunaan kertas tisu mulai berkembang di Amerika Serikat (AS), terutama sebagai alternatif untuk kain lap.

Seiring berjalannya waktu, industri tisu berkembang pesat. Salah satu produsen tisu terbesar di dunia adalah Procter & Gamble (P&G), sebuah perusahaan multinasional yang didirikan pada tahun 1837.

P&G adalah penghasil merek-merek terkenal seperti Charmin, Bounty, dan Puffs. Mereka telah menjadi salah satu pemain terkemuka dalam industri tisu, menyediakan berbagai jenis produk tisu untuk berbagai keperluan, mulai dari tisu toilet hingga tisu dapur.

Namun, produsen tisu lainnya yang patut disebut adalah Kimberly-Clark Corporation, yang didirikan pada tahun 1872. Mereka adalah otak di balik merek-merek terkenal seperti Kleenex, Scott, dan Huggies.

Kimberly-Clark dikenal karena inovasi dalam pengembangan produk tisu, seperti tisu wajah yang lembut dan tahan air.

Selain itu, ada Essity, sebuah perusahaan Swedia yang memproduksi merek seperti Tork dan Tempo. Essity memiliki pengaruh global yang besar dalam industri tisu dan terus mengembangkan produk inovatif untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di seluruh dunia.

Sejarah tisu tidak lepas dari peran penting produsen ini dalam mengembangkan produk berkualitas tinggi yang kita gunakan setiap hari.

Selain P&G, Kimberly-Clark, dan Essity, ada juga banyak produsen tisu lainnya yang berkontribusi dalam memenuhi kebutuhan global akan produk ini.

Industri tisu terus berkembang, dengan inovasi terbaru termasuk tisu daur ulang untuk mengurangi dampak lingkungan dan teknologi yang membuat tisu semakin kuat dan tahan lama.

Meskipun sejarah tisu dimulai dengan kertas tisu sederhana di Tiongkok, sekarang tisu telah menjadi produk rumah tangga yang tak tergantikan di seluruh dunia.

Produsen besar tisu seperti Procter & Gamble, Kimberly-Clark, dan Essity terus berperan dalam memenuhi kebutuhan konsumen di seluruh dunia dengan produk berkualitas tinggi. Sejarah tisu adalah cerminan dari perkembangan industri dan inovasi yang terus menerus. (J61)

Exclusive content

Latest article

More article

Kamala Harris, Pion dari Biden?

Andika Mampu Kalahkan Ahmad Luthfi?

BUMN dan Nestapa Erick Thohir?