Pinter EkbisKeren! Kerajinan Tangan Indonesia Masuk NYFW

Keren! Kerajinan Tangan Indonesia Masuk NYFW


socioloop.co

New York Fashion Week (NYFW) adalah salah satu acara mode paling prestisius di dunia. Setiap tahun, desainer, model, dan pecinta mode dari seluruh dunia berkumpul di kota New York untuk menyaksikan koleksi terbaru dari merek-merek ternama.

Tahun ini, dunia mode dikejutkan oleh kehadiran produk-produk Indonesia yang berhasil meraih perhatian di NYFW.

Indonesia, sebuah negara dengan kekayaan budaya yang melimpah, telah lama menjadi pusat perhatian dalam industri kreatif. Namun, NYFW tahun ini membuka pintu bagi produk-produk Indonesia untuk bersinar di panggung internasional.

Untuk tahun ini,brand produk kerajinan tangan asli Indonesia, Garut Kulit akan melakukan debut perdananya di ajang internasional NYFW 2023.

Brandyang bergerak sebagai industri rumahan ini berasal Garut yang menghadirkan produk khusus kulit sejak 2012. Mereka menghadirkan karya berbahan dasar kulit asli, seperti tas, dompet, jaket, serta suvenir real genuine leather.

Berkat tangan dingin Sumarni Rifemi atau yang kerap disapa Ani dan merupakan wanita asli Garut, daerah penghasil kerajinan kulit terbesar di Indonesia. Garut Kulit kini telah menjadi brand berskala internasional yang patut diperhitungkan.

“Saya lahir di kota Garut, semasa muda, saya seringkali berkeliling bersama ibu untuk sekadar cuci mata mengunjungi toko produk kulit. Namun, dari sekian banyak toko tersebut, kebanyakan produk kulit di Garut kala itu hanya menghadirkan produk untuk ibu-ibu,” Sumarni Rifemi, CEO dan Founder Garut Kulit (11/9/2023).

Pada NYFW 2023 yang digelar pada 7 – 13 September 2023 ini, Garut Kulit akan menghadirkan koleksi produk tas kulit, yang sengaja didesain spesial untuk event fesyen internasional ini, dengan mengangkat tema utama ikon hewan ternama asal timur Indonesia, Komodo.

Kehadiran produk-produk Indonesia di NYFW bukan hanya tentang mode, tetapi juga tentang mendorong ekonomi kreatif dan promosi budaya.

Dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah Indonesia telah aktif mendukung industri mode dan kerajinan lokal. Ini termasuk pelatihan bagi para pengrajin tradisional untuk meningkatkan keterampilan mereka dan menghadirkan produk-produk yang berkualitas tinggi.

Tidak hanya itu, penampilan produk Indonesia di NYFW juga membuka pintu untuk ekspor yang lebih besar.

Banyak desainer dan merek mode dari Indonesia yang semakin percaya diri untuk memasarkan produk mereka ke pasar internasional. Keberhasilan di NYFW memberikan dorongan moral dan eksposur global yang berharga. (S83)

Exclusive content

Latest article

More article