Pinter EkbisJalan Ninja Tirto Utomo dan AQUA

Jalan Ninja Tirto Utomo dan AQUA


socioloop.co

Sejarah AQUA tak dapat dipisahkan dari kontribusi Tirto Utomo. Ia adalah tokoh Indonesia yang pertama kali memperkenalkan minuman air putih dalam kemasan di Tanah Air.

Sekarang, merek AQUA sudah menjadi sangat akrab bagi warga Indonesia, bahkan bisa dikatakan bahwa AQUA adalah pemimpin pasar dalam bisnis air minum kemasan.

Banyak orang sudah mengidentifikasi AQUA sebagai merek air mineral dalam kemasan secara umum, sebuah fenomena yang dalam analisis sastra dikenal sebagai metonimia.

Menurut tayangan dokumenter dari SehatAQUA, Tirto, pendiri AQUA, lahir pada tanggal 8 Maret 1930. Sebelum mendirikan AQUA, Tirto, yang lulus dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia, pernah menjadi pemimpin redaksi Harian Shin Po dan majalah Pantha Warna. Kemudian, ia bekerja di perusahaan minyak milik negara, Pertamina.

Pada tahun 1973, Tirto mendirikan AQUA Grup dan menjadi pelopor Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) pertama di Indonesia melalui PT Golden Mississippi. Pabrik pertama AQUA berlokasi di Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat, dan dari sana ia mulai mengembangkan produk AQUA hingga diterima oleh masyarakat.

Tentu saja, perjalanan ini tidak berjalan mulus. Bahkan pada tahun 1970-an, mengemas air putih dalam botol bukanlah sesuatu yang umum. Sebelumnya, masyarakat biasa merebus air tanah untuk konsumsi mereka, sehingga produk yang membotolkan air putih dianggap aneh.

Willy Sidharta, mantan Presiden Direktur PT AQUA Golden Mississippi, menjelaskan bahwa AQUA mengalami kerugian di awal tahun-tahun tersebut. Namun, berkat inovasi dan semangat yang tidak kenal lelah dari Tirto dan timnya dalam mempromosikan produk, AQUA mulai mencapai titik keseimbangan pada tahun 1978.

Dengan produknya yang semakin merata di seluruh Indonesia, AQUA membangun pabrik kedua di Pandaan, Malang, pada tahun 1984 untuk menjangkau pasar di Jawa Timur.

Kemudian, pada tahun 1985, AQUA mulai mengemas produknya dalam botol PET 220 ml untuk memastikan kualitas air terbaik yang aman untuk dikonsumsi.

Meskipun Tirto Utomo meninggal pada 16 Maret 1994, AQUA tetap berkembang sebagai produsen air minum di bawah PT Tirta Investama.

Pada tahun 1998, PT Tirta Investama membentuk aliansi strategis dengan Danone melalui Danone Asia Holding Pte. Ltd. sebagai pemegang saham minoritas.

Selanjutnya, PT Tirta Investama, PT AQUA Golden Mississippi, dan PT Tirta Sibayakindo sepakat untuk berkolaborasi sebagai Grup AQUA. Pada tahun 2001, Danone meningkatkan kepemilikan saham di PT Tirta Investama sehingga menjadi pemegang saham mayoritas Grup AQUA.

Sejak didirikan, AQUA telah mencapai banyak prestasi dalam hal praktik bisnis yang ramah lingkungan dan telah melaksanakan tanggung jawab sosial melalui program pemberdayaan masyarakat di sekitar area operasional mereka. (J61)

Exclusive content

Latest article

Djarot Jadi the Next Hasto?

More article